Logo Sulselsatu

Wagub Jadi Keynote Speaker Webinar Ekonomi Syariah yang Digelar BI

Asrul
Asrul

Rabu, 17 Juni 2020 16:40

Webinar ekonomi syariah via virtual yang digelar Bank Indonesia Perwakilan Sulsel. (ist)
Webinar ekonomi syariah via virtual yang digelar Bank Indonesia Perwakilan Sulsel. (ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman jadi keynote speaker dalam webinar edukasi ekonomi syariah yang digelar Bank Indonesia (BI).

Webinar bertema “Peran Wakaf Produktif Dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat” itu diikuti sekitar 60 partisan via virtual. Peserta di antaranya mahasiswa Universitas Hasanuddin yang mendapatkan beasiswa dari Bank Indonesia.

Andi Sudirman yang juga sebagai Ketua Umum MES Sulsel menyampaikan, jika melihat fenomena saat ini, ekonomi syariah menjadi euforia. “Seperti pada sektor perbankan telah menerapkan ekonomi syariah,” ujar Sudirman.

Baca Juga : Layanan Penukaran Uang BI Sulsel Buka Mulai 11 Oktober

Terlebih lagi, kata dia, pangsa pasar di Indonesia yang notabene mayoritas penduduknya beragama Islam. Selain itu, potensi ekonomi syariah juga bisa dilihat pada industri perhotelan.

Sponsored by MGID

“Misalnya hotel-hotel di Makassar. Melihat potensi ekonomi syariah, maka melakukan sertifikasi halal di restoran mereka untuk jaminan produk dan kepuasan pelanggan,” katanya.

Sertifikasi label halal pada restoran, bukan hanya dilihat dalam pendekatan agama semata. “Akan tetapi lebih kepada dunia bisnis dalam pendekatan memberikan kepuasan kepada pelanggan,” katanya.

Baca Juga : BI Sulsel Lakukan 4 Strategi Antisipasi Kenaikan Inflasi

Sudirman juga menyampaikan sedikit rekam jejaknya bekerja di perusahaan asing. Yang bisa menjadi edukasi kepada mahasiswa sebagai generasi milenial. “Harus menjaga tepat waktu, kepercayaan dan profesional,” imbuhnya.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sulsel, Bambang Kusmiarso mengatakan, bahwa sistem ekonomi syariah merupakan sistem ekonomi yang menjunjung dorongan usaha dan transparansi.

“Berbagai negara telah menerapkan (ekonomi) syariah. Karena memberikan kemaslahatan, kemajuan, dan prinsip rahmatan lil alamin,” kata Bambang.

Baca Juga : Program JAMINAH, Pemerintah Gandeng 22 Bank Salurkan Kredit Modal Kerja

Saat ini, pengembangan wakaf bukan hanya berbentuk properti, namun juga dengan keuangan. “Terjadinya paradigma pengembang wakaf menjadi instrumen pengembangan ekonomi,” ujarnya.

Untuk Provinsi Sulawesi Selatan dengan kurang lebih 9 juta jiwa dengan mayoritas dari masyarakat muslim. “50 persen masyarakat Sulsel berwakaf dengan uang. Misalkan setiap orang wakaf Rp10 ribu maka dalam sebulan bisa mencapai Rp39 miliar atau setengah triliun pertahun,” bebernya.

Wakaf, kata dia, tengah dicanangkan sebagai roda penggerak perekonomian. “Harapan kami, memberikan pengetahuan dan pemahaman serta mempersiapkan sumber daya insani generasi milenial yang merupakan generasi penerus bangsa. Besar harapan kami dapat menjadi triggel percepatan pengembangan ekonomi syariah khususnya di Provinsi Sulawesi Selatan,” pungkasnya.

Baca Juga : Program JAMINAH, Pemerintah Gandeng 22 Bank Salurkan Kredit Modal Kerja

Turut hadir dalam webinar Endang Kurnia Saputra selaku Kepala Grup Advisory dan pengembangan Ekonomi KPw BI Sulsel. Serta narasumber Imam Rulyawan sebagai Direktur Utama Dompet Dhuafa dan Irfan Sukarna sebagai Deputi Direktur Departemen Ekonomi dan keuangan Syariah Kantor Pusat Bank Indonesia.

Editor: Hendra Wijaya

 

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama28 Oktober 2021 01:33
Wali Kota Danny Jadi Tim Penguji di Munas IAI
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) hadir dalam Musyawarah Nasional (Munas) Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) ...
Berita Utama28 Oktober 2021 00:09
Kebakaran di Allu Tarowang Jeneponto, Bocah 8 Tahun Tewas Terbakar
SULSELSATU.com, Jeneponto – Kebakaran rumah kembali terjadi di Jeneponto. Kali ini rumah panggung milik Satturia dg Sangka (55) di Dusun Likusar...
Video27 Oktober 2021 23:20
VIDEO: Nekat, Maling Ini Ketahuan Saat Bobol Mesin ATM di Markas TNI
SULSELSATU.com – Seorang pria kedapatan saat membobol mesin ATM di markas TNI viral di media sosial. Dalam video terlihat pria itu berada di dal...
Sponsored by MGID
Berita Utama27 Oktober 2021 20:46
Bupati Iksan Sebut, Puskesmas di Jeneponto “Cantik” Karena Aliyah Mustika
SULSELSATU.com, Jeneponto – Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar memberi apresiasi kepada anggota DPR RI, Aliyah Mustika atas kontribusi dan perhati...