iklan Kareba Parlementa

Wagub Resmikan Rumah Layak Huni AMCF Tamangapa dan Rappocini

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, meresmikan dua rumah layak huni AMCF, di Jalan Tamangapa Raya, Kota Makassar, Kamis, (30/7/2020).

Rumah layak huni itu merupakan program kemanusiaan yang dilakukan Asia Muslim Charity Foundation (AMFC) atau Yayasan Muslim Asia Sulsel.

Ada dua rumah yang diresmikan oleh Wagub Sulsel dengan pengguntingan pita. Yakni rumah layak huni untuk keluarga Dg. Badulu di Jalan Tamangapa Raya 5 No. 56 RT III RW III, Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala dan untuk keluarga M. Dg. Naja di Kelurahan Gunung Sari, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar.

Administrator Pusat Kemanusiaan AMCF Sulsel, Haeruddin, menyampaikan pencapaian program kemanusian AMCF Sulsel sejak 2019. Program rumah layak huni sudah membangun 18 unit; pembuatan MCK umum 2 unit; 19 buah panel surya; pembagian sembako 2.856 paket; pemeriksaan kesehatan 2.963 jiwa; khitanan massal 340 jiwa; operasi katarak 222 mata; kursi roda 13 unit; tongkat untuk disabilitas 6 unit; serta program distribusi air bersih pusat kemanusian mencapai 1 juta liter. Selain itu, AMCF Sulsel juga aktif melakukan penyuluhan baik bidang pendidikan, kesehatan dan keagamaan.

Ia mengaku, ini menjadi momen langkah bagi AMCF Sulsel, dan kali pertama peresmian yang dihadiri Wakil Gubernur Sulawesi Selatan. “Kami berharap keberadaan AMCF, program kemanusian dapat memberikan pelayanan kemanusiaan yang lebih maksimal lagi,” ujar Haeruddin.

Dewan Pembina AMCF Sulsel, Dr. Muh. Ali Bakri, menghanturkan terima kasih kepada Wagub Sulsel. Orang nomor dua di Sulsel itu sudah sebagai pembina di AMCF atas support maupun menginisiasi program rumah layak huni untuk kaum duafa ini.

“Ini adalah komitmen kami dalam MoU yang kami tanda tangani bersama Gubernur Sulawesi Selatan yang diinisiasi oleh Wagub Sulsel pada Januari 2019 lalu,” ujarnya.

“Bapak Wagub mensupport kegiatan kami baik program kemanusiaan maupun keagamaan. Salah satunya Bapak Wagub menghadiri Wisuda Akbar Hafidz/Hafidzah Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar,” akunya.

Dirinya berpesan, kepada penerima manfaat, (rumahnya) dijaga dan dipelihara dengan baik.

Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyampaikan, sejak awal pemerintahannya sudah berkoordinasi dengan pusat kemanusiaan AMCF.

“Sukses selalu untuk AMCF dalam aksi kemanusian di Sulawesi Selatan,” ujarnya.

Ia pun mendukung adanya pelibatan Pramuka Makassar dalam kegiatan AMCF. “Ini bagus sekali. Sebagai darma bakti kepada masyarakat. Sehingga kita bina empati sosial,” katanya.

Turut hadir diantaranya Dinsos Sulsel; Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Makassar, Iqbal Suhaeb; Camat Manggala; Lurah Tamangapa.

Untuk diketahui, AMCF adalah sebuah yayasan bertaraf nasional, terdaftar resmi di Kemenkumham RI yang memiliki jaringan nasional dan internasional, bergerak di bidang pendidikan, sosial, keagamaan, dan kemanusiaan.

Saat ini AMCF mengelola 20 lembaga Bahasa Arab dan Studi Islam di kota-kota besar se-Indonesia, 55 Markas tahfizh Al Quran se-Indonesia dan 96 panti asuhan dari Aceh hingga Papua.

AMCF atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai Yayasan Muslim Asia adalah organisasi sosial, nirlaba dan nonpolitik yang berkantor pusat di Jakarta. Untuk AMCF Sosial Kemanusiaan Cabang Sulawesi Selatan berdiri sejak 8 Februari 2018 yang memiliki dua bagian yakni Kapal dan Pusat Kemanusiaan.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Hendra Wijaya

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

VIDEO: Inalillahi, Pasar Tradisional Karisa Jeneponto Terbakar

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Pasar Tradisional Karisa Jeneponto di Jl. Pahlawan, Kelurahan Empoang, terbakar. Dari pantauan sulselsatu.com, kebakaran terjadi sekitar pukul 10.20 Wita, Kamis malam (24/9/2020). Video...

Pasar Tradisional Karisa Jeneponto Terbakar

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pasar Tradisional Karisa Jeneponto di Jl. Pahlawan, Kelurahan Empoang, terbakar. Dari pantauan sulselsatu.com, kebakaran terjadi sekitar pukul 22.20 Wita, Kamis malam (24/9/2020). Hingga...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

Bupati Jeneponto “Menangis”, Isi Pasar Karisa Tinggal Puing-Puing

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Bupati Jeneponto Iksan Iskandar yang sementara menjalani isolasi mandiri akibat positif Covid-19 di Rujab, sedih hingga meneteskan air mata saat mengetahui...

Polres Jeneponto Ungkap Motif Tewasnya Pemuda Asal Bantaeng

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pihak kepolisian Polres Jeneponto berhasil mengungkap motif tewasnya Rendy Sacada (23) pemuda asal Jl, Raya Lanto nomor 21, Tappanjeng, Kabupaten Bantaeng...

Ujian SKB CPNS Parepare Selesai, 5 Peserta Gugur

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2019 Pemkot Parepare di BKN Kantor Regional IV Makassar, selesai. Selama...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Sulsel Urutan Pertama Realisasi Belanja APBD 2020

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengikuti rapat...

Artikel Lainnya

Semua Sibuk Atasi Corona, Iqbal Suhaeb Diam-diam Lantik Pejabat

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb diam-diam melakukan...

Everton Gaet Bomber Muda Juventus Moise Kean

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Everton resmi mendatangkan Moise Kean dari Juventus. Bomber...

Ancaman Krisis Ekonomi, Jokowi: Ngeri!

JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta para menterinya bekerja tak seperti...

Pol-PP Ancam Siram Cairan Pewarna Dagangan Toko yang Buka Saat PSBB

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Polisi Pamong Praja bakal menertibkan toko atau gerai...

Kangen Banget Dipeluk, Gading Marten Ingin Tidur Bersama Piala Citra

SULSELSATU.com, JAKARTA - Gading Marten mendapatkan penghargaan berupa Piala Citra untuk...

Terkini

VIDEO: Gubernur Sulsel Tinjau Pulau Lanjukang, Bakal Jadikan Percontohan Pulau Wisata

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan, HM Nurdin Abdullah dan Penjabat...

VIDEO: Kecelakaan Tunggal di Kanal Batua Raya, Pemotor Tewas

SULSELSATU.com - Seorang pemotor tewas saat mengalami kecelakaan tunggal di Jalan...

40 Pelaku Usaha Homestay di Gowa Ikut Pelatihan Manajemen

SULSELSATU.com, GOWA - Sebanyak 40 pelaku usaha homestay di Kabupaten Gowa...

Dokter Fadli Edukasi Padagang Pasar Agar Jaga Kesehatan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Calon wakil Wali Kota Makassar, dokter Fadli Ananda...

VIDEO: Viral, Gerombolan Pemuda Konvoi Bawa Senjata Tajam

  SULSELSATU.com - Segerombolan pemuda di Jakarta Timur melakukan aksi konvoi dengan...