Logo Sulselsatu

Workshop AMPP, KaLPKA Maros: Penanganan Perkara Pidana Anak Belum Maksimal

Asrul
Asrul

Senin, 24 Agustus 2020 18:22

Penandatanganan MoU kerja sama PKBI dan LPKA Maros terkait pemenuhan kebutuhan anak yang menjalani pidana. (ist)
Penandatanganan MoU kerja sama PKBI dan LPKA Maros terkait pemenuhan kebutuhan anak yang menjalani pidana. (ist)

SULSELSATU.com, MAROS – Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Sulsel menggelar workshop terkait penanganan Anak yang Berhadapan dengan Hukum (ABH) dan Anak yang Menjalani Pidana Penjara (AMPP).

Workshop ini digelar di Grand Town Hotel Maros, Kecamatan Turikale, Senin (24/8/2020).

Kepala LPKA Kelas II Maros Jayadikusumah mengatakan, saat ini hak anak di dalam penjara belum dibedakan dengan orang dewasa.

“Penanganan perkara pidana terhadap anak tentunya berbeda dengan perkara terhadap usia dewasa, sehingga penanganan terhadap anak harus bersifat khusus,” kata dia.

Sponsored by MGID

Meski praktiknya saat ini belum maksimal, pihaknya terus berusaha untuk menjamin hak anak yang berhadapan dengan hukum, khususnya yang sedang menjalani pidana penjara.

“Banyak hal yang masih menjadi tanggung jawab dalam pemenuhan hak-hak anak yang berkonflik dengan hukum. Paradigma penanganan anak, belum sesuai dengan harapan semua pihak untuk menjadikan penjara sebagai tempat yang aman bagi anak,” ucapnya.

Sementara itu, Staf Program Manager Anak Menjalani Masa Pidana Penjara (AMPP), Sakiah Sadjidin mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mendorong berbagai pihak dalam upaya bersama memenuhi ABH dan AMPP.

“Semoga setelah kegiatan ini, pemerintah memberi bantuan secara nyata kepada anak yang berhadapan dengan hukum, tidak hanya bersifat hitam di atas putih,” harapnya.

Kegiatan ini ditutup dengan penandantangan MoU antara pihak PKBI dengan LPKA Kelas II Maros.

Penulis: Indra Sadli Pratama

Editor: Hendra Wijaya

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar30 November 2021 00:04
Saksikan Penyerahan DIPA Oleh Jokowi, Danny Harap Antisipasi Penanganan Covid-19 Gelombang III
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) menyaksikan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA...
Breaking News29 November 2021 23:25
Terbukti Bersalah, Nurdin Abdullah Divonis 5 Tahun Penjara dan Denda Rp500 Juta
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gubernur Sulsel nonaktif, Nurdin Abdullah terbukti bersalah oleh Majelis Hakim. Putusan dibacakan Ketua Majelis Hakim...
Makassar29 November 2021 23:07
Plt Gubernur Sulsel Hadiri Penyerahan DIPA dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan DD Tahun 2022
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengikuti penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Da...
Sponsored by MGID
Makassar29 November 2021 22:32
Pameran Kecantikan Ibex 2021 Tonjolkan Budaya Asli Pengantin Pria Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Internasional Indonesia Beauty Expo (Ibex) 2021 kembali digelar untuk keempat kalinya tahun ini. Ibex 2021 akan menon...