iklan Kareba Parlementa

Dugaan Mahar Politik Akbar Silo ke PAN dan Gerindra Bakal Diproses Bawaslu, Bila!!!

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel menunggu laporan dari Prof Akbar Silo-Daeng Maroa untuk mengusut dan menelusuri adanya dugaan praktik mahar politik dalam Pilkada Kepulauan Selayar 2020.

“Kami menunggu saja laporan dari bakal calon bersangkutan (Akbar Silo). Kalau memang betul telah menyerahkan sejumlah uang kepada partai politik tertentu agar mendapatkan dukungan. Ini tentunya masuk dugaan mahar politik,” terang Koordinator Divisi Humas dan Hubal Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad, Rabu (9/9/2020).

Menurut Saiful sejauh ini memang ada gejala transaksional antara kandidat dan partai politik sebelum dukungan dikeluarkan.

“Memang ada gejalanya. Kan traksaksi itu diserahkan di ruang gelap. Ini kan juga pernah terjadi di Pilkada Jawa Timur. Bawaslu turun menelusuri berdasarkan adanya laporan,” sebut Saiful.

“Soal sanksinya, kita lihat seperti apa laporan yang bersangkutan. Jika memang betul terbukti, sanksinya bisa pidana untuk anggota parpol yang menerima mahar,” tegas Saiful lagi.

Sanksi mahar politik ditujukan kepada partai politik selaku penerima dan bakal calon selaku pemberi. Sanksi terhadap parpol adalah dilarang mengajukan calon pada periode berikutnya di daerah yang sama.

Sementara untuk calon atau pasangan calon, jika terbukti dengan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap, maka pencalonannya dibatalkan.

“Tapi ini kan kandidatnya tidak mampu mencukupkan persyaratan kursi parpol. Makanya kasus ini menarik diungkap agar ada efek jera kepada parpol bersangkutan,” ujar Saiful lagi.

Selain itu, anggota parpol atau anggota gabungan parpol yang menerima imbalan dalam bentuk apapun dalam proses pencalonan pilkada, dapat dipidana 72 bulan dan denda paling sedikit Rp300 juta dan paling banyak Rp1 miliar.

Terkait mahar politik diatur dalam UU Nomor 8 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota pada Pasal 47.

Diketahui, Prof Akbar Silo yang gagal maju di Pilkada Selayar, kini buka-bukaan terkait pemberian mahar kepada oknum elite Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Gerindra.

Melalui timnya, Junaedy Samad, Prof Akbar Silo telah mengeluarkan panjar sebesar Rp500 juta kepada oknum elite PAN agar mendapatkan surat usungan B1-KWK.

Begitu pun ke Partai Gerindra, Junaedy menyebut ada uang disetor sebesar Rp1,35 miliar yang dikeluarkan. Namun tim Akbar Silo mempersoalkannya karena SK BI-KWK Gerindra muncul ganda.

Editor: Asrul

Iklan PDAM
...

Populer

Sejarah Singkat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Selasa (19/11/2018) hari ini, umat Muslim di seluruh dunia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau biasa dikenal dengan Maulid Nabi...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

OPINI: Tulisan Arif Saleh Tentang Hari Sumpah Pemuda

SULSELSATU.com, WAJO - Banyak cara dilakukan memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober. Salah satunya, memaknai lewat catatan atau tulisan. Seperti...

Sejarah Singkat 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan

SULSELSATU.com - Hari ini, Bangsa Indonesia memperingati 10 November Hari Pahlawan. Namun mungkin banyak yang belum tahu kenapa pada tanggal 10 November di tetapkaN...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

BNPB Adakan Webinar Anak Muda Bawa Perubahan

SULSELSATU.com - BNPB Indonesia akan menggelar acara Launching Buku KKN Tematik COVID-19 dan Webinar Edukasi Masyarakat melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik COVID-19...

Kapolda Sulsel Tegaskan Netralitas Polri di Pilkada Harga Mati

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel)...

Artikel Lainnya

Dorong Lapangan Kerja Baru, Anir-Lutfi Bakal Bangun Kawasan Industri Pangkep

SULSELSATU.com, PANGKEP - Program pembangunan Kawasan Industri Pangkep (KIPA) oleh pasangan...

Masniawati Yusran Imbau Hidup Sehat dengan Cara Manfaatkan Potensi Pangan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kota Makassar masih berperang melawan pandemi Covid-19. Upaya...

Terjerat Kasus Narkoba, Pemuda Jeneponto Ini Nikahi Pacarnya di Kantor Polisi

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Seorang Tahanan kasus dugaan penyalahgunaan Narkoba, Pemuda...

Berbagai Persoalan Klasik Diadukan Warga Tallo ke Debbie Saat Reses

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Berbagai permasalahan klasik warga terungkap saat Anggota DPRD...

Sekda Ungkap Strategi Penanganan Covid-19 Parepare Dihadapan Wagub Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR -- Sekretaris Daerah Kota Parepare H Iwan Asaad di...

Terkini

Ada Upaya Gerus Elektoral Anir-Lutfi di Pilkada Pangkep

SULSELSATU.com, PANGKEP - Direktur Profetik Institute, Asratillah menyebut maraknya kampanye hitam...

Tak Diperhatikan Walikota Sebelumnya, Ibu-Ibu di Tallo Curhat ke Melinda Aksa

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ibu-ibu di kampung Karabba, Jl Sultan Abdullah RT...

Imam Fauzan Jadi Pembicara di Forum Internasional

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Untuk memperingati hari jadinya yang ke-75, Perserikatan Bangsa-Bangsa...

Syaharuddin Alrif Ingatkan Ini di Hari Sumpah Pemuda

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan Syaharuddin Alrif punya...

Appi-Rahman Calon Komplit, Demokrat Percaya Diri Bekerja Meyakinkan Masyarakat

SULSELSATU.com, MAKASSAR - DPD Partai Demokrat Sulawesi Selatan menggelar Rakorda dengan...