JRM Minta Potensi Daerah Diakomodir dalam Ranperda Tata Ruang

images-ads-post

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Setiap kabupaten dan kota di Provinsi Sulawesi Selatan memiliki kelebihan masing-masing. Ada wilayah yang unggul di bidang pariwisata, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan dan lainnya.

Hal ini penting kata Anggota DPRD Sulsel dari Fraksi Golkar Jhon Rende Mangontan diakomodir dalam naskah akademik Ranperda Tata Ruang Wilayah Sulawesi Selatan yang saat ini masih dalam pembahasan.

JRM singkatan nama Anggota Pansus Ranperda Tata Ruang Wilayah ini mengatakan potensi tiap daerah di Sulsel harus masuk di Ranperda tersebut.

“Ini sangay penting sehingga harus seperti itu bahwa dalam Ranperda Tata Ruang Wilayah Sulawesi Selatan 2020-2040 potensi itu dimasukkan,” kata JRM usai menghadiri rapat Pansus itu di DPRD Sulsel, Rabu (27/1/2021).

Legislator asal Toraja itu mengatakan, tim penyusun sebaiknya membuka ruang. Karena setiap daerah pasti memiliki potensi yang berbeda-beda.

“Misalnya lahan pertanian rakyat dan hutan rakyat. Nanti kabupaten jabarkan di mana lokasinya,” pintanya.

Sebut saja, kata anggota DPRD Komisi E Bidang Kesra ini, di bidang agro politan yang berada di Kabupaten Gowa, Takalar, Selayar, Pangkep, Barru, Sidrap, Enrekang, dan Tana Toraja.

“Di Kabupaten Tana Toraja. Tidak hanya sektor pariwisatanya saja yang menonjol. Tapi juga sektor pertanian,” tutur JRM.

Begitu pun daerah-daerah lain, bila dieksplor lebih dalam maka akan nampak potensi lain yang tentu akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Editor: Asrul