Logo Sulselsatu

Sejak Era SBY, PBNU Tegas Tolak Investasi Miras

Asrul
Asrul

Senin, 01 Maret 2021 16:08

Sekretaris Jenderal PBNU H Ahmad Helmy Faishal Zaini.
Sekretaris Jenderal PBNU H Ahmad Helmy Faishal Zaini.

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menanggapi soal terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal, terutama dalam lampiran III nomor 31, 32, dan 33.

“Sikap kami tetap tidak berubah sejak 2013, saat pertama kali aturan ini digulirkan pada zaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). PBNU tetap menolak investasi minuman keras dibebaskan. Sebab Indonesia ini bukan negara sekuler,” tegas Sekretaris Jenderal PBNU H Ahmad Helmy Faishal Zaini, Senin (1/3/2021).

Lebih lanjut ia menegaskan, Indonesia adalah negara Pancasila yang berketuhanan. Karena itu, dalam berbagai peraturan yang dikeluarkan pemerintah dan semua perilaku masyarakat harus berpedoman dengan nilai-nilai agama. “Indonesia memang bukan negara agama, tetapi negara yang masyarakatnya beragama. Jadi soal investasi minuman keras ini perlu dipertimbangkan kemudaratannya,” tambah Kang Helmy, sapaan akrab pria kelahiran Cirebon, Jawa Barat, 48 tahun lalu ini.

Baca Juga : VIDEO: Mayoritas PCNU di Sulsel Dukung Said Aqil Siradj Pimpin PBNU

Jika yang menjadi pertimbangan adalah soal kearifan lokal, ia mengusulkan sebaiknya bisa dialihkan kepada produk-produk lain. Produk yang tidak mengandung alkohol. Sebab, mudaratnya lebih banyak daripada manfaatnya lantaran alkohol diharamkan dalam syariat Islam.

Dalam menolak investasi tentang minuman keras ini, Helmy menegaskan bahwa PBNU tetap berpegang pada dalil-dalil agama. Salah satunya dengan berpegang pada kaidah fikih yang masyhur di kalangan warga NU.

Dar’ul mafasid muqaddamun ala jalbil mashalih (mencegah kerusakan lebih diutamakan daripada mengambil kebaikan). Investasi adalah hal baik. Namun jika investasi itu mengandung unsur mudarat yang lebih membahayakan, maka tentu hal ini dilarang syariat,” tegas Helmy.

Baca Juga : 17 PCNU di Sulsel Inginkan Said Aqil Siradj Kembali Pimpin PBNU

Editor: Midkhal

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video13 Mei 2024 20:47
VIDEO: Momen Presiden Jokowi Dihadang Warga saat Kunjungan di Muna
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan iring-iringan Presiden Joko Widodo dihadang oleh warga. Momen ini saat Jokowi melakukan kunjungan d...
Lifestyle13 Mei 2024 19:15
Pegadaian Hadirkan The Gade Tower Konsep Green Building, Panel Tata Surya Jadi Sumber Energi
PT Pegadaian menghadirkan The Gade Tower dengan konsep green building di Jalan Kramat Raya No.162 Jakarta Pusat. Gedung baru ini diresmikan Wakil Ment...
News13 Mei 2024 19:05
Wamen BUMN Resmikan The Gade Tower Berkonsep Green Building Milik Pegadaian
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo meresmikan gedung baru Pegadaian berkonsep Green Building...
Politik13 Mei 2024 18:45
Buktikan Keseriusan Maju Pilwali Makassar, Amri Arsyid Datang Langsung Daftar di Tiga Partai
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua DPW PKS Sulawesi Selatan, Amri Arsyid tak main-main pada perhelatan Pemilihan Wali Kota Makassar Novemberi 2024...