Logo Sulselsatu

UNM Kukuhkan Prof Mohammad Jafar Hafsa sebagai Guru Besar Bidang Agribisnis Pangan

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Kamis, 17 Februari 2022 17:18

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) mengukuhkan guru besar tidak tetap atau guru besar kehormatan. Adapun guru besar yang dikukuhkan adalah Prof. Dr. Ir. H. Mohammad Jafar Hafsa, IPM.

Prof Mohammad Jafar dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang Agribisnis Pangan Universitas Negeri Makassar di Ballroom Theater Menara Pinisi UNM, Kamis (17/2/2022).

Pengukuhan tersebut dipimpin langsung Rektor UNM, Prof Husain Syam dan dihadiri langsung oleh Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institut Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin Dampingi Menteri AHY Serahkan 50 Sertipikat Hasil PTSL di Gowa

Dalam pidato pengukuhannya Prof. Mohammad Jafar Hafsa menuturkan meskipun di tengah disrupsi yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19 sektor pertanian masih mampu hadir sebagai tulang punggung bagi perekonomian nasional.

“Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) sepanjang tahun 2020 sektor pertanian mampu tumbuh 1,75%,” ungkap Prof. Mohammad Jafar.

Ia mengatakan pandemi dikhawatirkan akan berimplikasi pada kebijakan pangan masing-masing negara. Hal ini dikarenakan perubahan lingkungan strategis global yang mengarah.

Baca Juga : AHY Instruksikan Caleg Demokrat se-Sulsel Rajin Turun Temui Warga

“Perubahan lingkungan strategis global ini yang mengarah gangguan suplai, penurunan permintaan produk pertanian, ancaman krisis pangan, dan restriksi ekspor pangan global,” ungkapnya.

Prof. Mohammad Jafar Hafsa menegaskan statistik 2020 sektor pertanian  pada kuartal 1 tumbuh 2,2% kuartal dua 2,16% kuartal tiga 2,59% dan awal kuartal empat 2,95%.

“Data ini menunjukkan sektor pertanian naik signifikan, apabila pangsa 2019 sebesar 12,7% maka itu naik menjadi 13,71% 2020,” tukasnya.

Baca Juga : AHY Dijadwalkan Pimpin Konsolidasi Pemenangan Pileg dan Pilpres Internal Demokrat Sulsel

Sementara itu, Rektor UNM Prof. Husain Syam berharap kedepannya dapat lebih berkontribusi lagi kepada negara untuk mengakselerasikan terhadap pembangunan.

“Saya harap kepada Prof. Dr. Ir. H. Mohammad Jafar Hafsa, IPM kedepannya bisa lebih berkontribusi lagi terhadap pembangunan di negara ini dan bertanggungjawab terhadap akademik yang diperolehnya,” pungkasnya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News12 Mei 2024 21:21
Pj Gubernur Sulsel Pastikan Pembangunan Stadion Sudiang Telah Dianggarkan di APBN
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pembangunan Stadion Sudiang telah resmi dianggarkan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Penjabat Gubern...
Makassar12 Mei 2024 20:44
Lepas Kloter 1 Jemaah Haji Embarkasi Makassar, Pj Gubernur: Luruskan Niat Hanya untuk Beribadah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dalam suasana yang penuh haru dan semangat, Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, resmi melepas Cal...
Politik12 Mei 2024 20:32
Rakhmat Kasim Bertemu Rahmat Masri Bandaso di Jakarta, Potensi Berpaket di Pilwali Palopo
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinamika politik menjelang Pilwali di Kota Palopo semakin meningkat. Setelah beberapa bakal calon telah memasang atri...
OPD12 Mei 2024 20:10
Cicu Atensi Khusus Jalan Hertasning, Minta Pemprov Segera Lakukan Perbaikan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Belum lama ini ruas jalan yang berada di Letjend Hertasning Kota Makassar Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali memakan k...