Logo Sulselsatu

Ini Hasil Perundingan Rusia dan Ukraina di Turki

Asrul
Asrul

Rabu, 30 Maret 2022 09:42

Rusia perkuat kekuatan Angkatan Laut Rusia, kepung Ukraina dari wilayah laut (CNBC Indonesia)
Rusia perkuat kekuatan Angkatan Laut Rusia, kepung Ukraina dari wilayah laut (CNBC Indonesia)

SULSELSATU.com – Rusia dan Ukraina menggelar perundingan lanjutan di Istanbul, Turki, 28-30 Maret demi mengakhiri perang sesegera mungkin di Eropa Timur itu yang terus berkecamuk.

Menurut berbagai laporan negosiasi ini membahas jaminan keamanan, status netral Ukraina, integritas wilayah, masalah keberadaan pangkalan militer asing, dan keanggotaan Uni Eropa.

Sebelumnya, kedua negara ini tercatat sudah melakukan beberapa kali pertemuan, namun tak ada hasil yang signifikan.

Baca Juga : Presiden Rusia Ultimatum Bayar Gas Pakai Rubel, Berlaku Hari Ini

Di salah satu negosiasi hasil pertemuan Rusia-Ukraina yakni dibukanya koridor kemanusiaan untuk jalur evakuasi, namun pasukan Moskow disebut masih menembaki warga di jalur itu.

Berikut hasil negosiasi Ruisa-Ukraina di Turki yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Rusia Akan Setop Operasi Militer di Kyiv dan Chernihiv
Rusia mengatakan akan menghentikan aktivitas militer mereka di dua kota yakni Kyiv dan Chernihiv.

Baca Juga : Awal Pekan Ini Rusia dan Ukraina Akan Berunding Lagi di Turki

Kepala negosiator Rusia, Vladimir Medinsky, mengatakan Moskow akan mengambil langkah untuk eskalasi militer dan politik.

2. Ukraina Berstatus Netral
Menurut keterangan negosiator, usulan Ukraina untuk mengadopsi status netral disetujui dalam pertemuan Rusia-Ukraina yang berlangsung di Turki.

Sebelumnya, Ukraina memang sudah menyatakan diri tak akan bergabung dengan aliansi militer manapun termasuk Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Baca Juga : Rusia Sita Ratusan Pesawat Milik Perusahaan AS dan Eropa

3. Masa Depan Crimea Masih Dibicarakan
Dalam pertemuan itu, Ukraina menawarkan masalah yang berkaitan dengan Crimea dan kota Sevastopol akan dibahas melalui negosiasi bilateral antar kepala negara, demikian dikutip Bloomberg.

Crimea merupakan wilayah yang dianeksasi Rusia pada 2014 lalu, sementara Sevastopol adalah kota yang dikuasai pasukan Moskow sejak invasi.

Menurut France24, status Crimea belum menemukan titik terang. Ukraina masih perlu berunding untuk menentukan wilayah ini selama 15 tahun.

Baca Juga : Rusia Rilis Nama Pejabat dan Tokoh AS Yang Dilarang Masuk, Tak Ada Nama Trump

4. Kemungkinan Pertemuan Putin-Zelensky
Setelah pertemuan di Turki, kemungkinan putaran negosiasi berlanjut yang akan menghadirkan Presiden Rusia, Vladimir Putin, dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Negosiator Ukraina, mengatakan kedua belah pihak telah mengerjakan cukup banyak dokumen untuk pertemuan antara kedua presiden.

Sejak pekan lalu, Zelensky sudah menyatakan siap untuk berhadap-hadapan dengan Putin. Ia mengaku akan menggunakan kesempatan sekecil apa pun, barang cuma satu persen untuk negosiasi ini agar perang segera berakhir.

Baca Juga : Rusia Gelar Kontes Kecantikan Bagi Prajurit Perempuan di Tengah Situasi Perang

5. Gagal Gencatan Senjata
Bloomberg melaporkan Rusia-Ukraina kembali gagal menyepakati gencatan senjata.

Gencatan senjata merupakan tujuan yang diharapkan banyak pihak termasuk Turki selaku tuan rumah, agar perang di Ukraina segera dihentikan.

6. Jaminan Keamanan
Dalam pertemuan itu, Ukraina juga menyampaikan ingin ada jaminan keamanan negaranya.

“Kami bersikeras itu adalah perjanjian internasional yang mana negara-negara penjamin akan bertindak dengan cara yang mirip dengan pasal 5 NATO dan bahkan lebih tegas lagi,” kata Arakhamia dikutip Euronews.

Pasal 5 NATO pada intinya berisi semua negara anggota sepakat jika salah satu di antara mereka mengalami serangan maka dianggap sebagai serangan terhadap seluruh anggota.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video18 Mei 2024 22:20
VIDEO: Anak Hilang Misterius Dijembatan Merah Makassar Ditemukan Meninggal Dunia di TPA Antang
SULSELSATU.com – Media sosial dihebohkan dengan anak hilang di jembatan merah, Makassar, Sulawesi Selatan. Anak tersebut berhasil ditemukan dala...
Kesehatan18 Mei 2024 21:35
Kupas Tuntas Penyakit Lupus, Waspada Autoimun
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penyakit Lupus atau umum dikenal Systemic Lupus Erythematosus merupakan penyakit reumatik autoimun yang menyerang be...
Video18 Mei 2024 20:37
VIDEO: Trafo Terbakar Depan Masjid Al-Khaeriyah Palopo
SULSELSATU.com – Sebuah trafo tiang listrik terbakar di depan Masjid Al-Khaeriyah, Wecudai, Palopo tiba-tiba meledak. Kejadian tersebut terjadi ...
Makassar18 Mei 2024 19:19
Kepala Humas UNM Edukasi Warga Tentang Perda Perlindungan Guru Sebagai Profesi Mulia
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Akademisi Universitas Negeri Makassar (UNM), Dr. Burhanuddin menjadi narasumber dalam sosialisasi penyebarluasan pera...