Logo Sulselsatu

Kepala Humas UNM Edukasi Warga Tentang Perda Perlindungan Guru Sebagai Profesi Mulia

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Sabtu, 18 Mei 2024 19:19

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Akademisi Universitas Negeri Makassar (UNM), Dr. Burhanuddin menjadi narasumber dalam sosialisasi penyebarluasan peraturan daerah (Perda) yang digelar oleh Anggota DPRD Kota Makassar, Nunung Dasniar.

Kepala Humas Institusi UNM ini membahas terkait Perda nomor 5 tahun 2022 tentang Perlindungan Guru, di Hotel Continent Centrepoint Makassar, Sabtu (18/5/2024).

Burhanuddin menyebut situasi sekarang guru harus mendapat perlindungan agar tidak terjadi kasus kekerasan dan pelecehan yang sering terjadi di sekolah.

“Perda terkait perlindungan guru ini memang sangat penting dilahirkan sebagai regulasi bahwa guru sebagai profesi mulia berhak mendapatkan perlindungan dari pemerintah,” ujarnya.

Menurutnya, ketika berbicara pendidikan di Kota Makassar, orang tua siswa dan guru sangat berkaitan terhadap perda tersebut. Apalagi, banyaknya hal diskriminasi yang sering dialamatkan terhadap guru.

“Jadi sangat berbeda dengan zaman dulu kita sekolah, meskipun kita dididik secara tegas tidak pernah ada dendam ke guru. Berbeda dengan sekarang, kasus yang menjerat guru kadang berawal dari hal sepele,” jelas Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNM ini.

Karena guru adalah profesi, tentunya kata Om Bur begitu ia disapa, guru sudah mendapat bantuan hukum secara gratis bahkan gaji dan tunjangan yang telah disiapkan oleh negara.

“Makanya perlu kita memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada guru, pemerintah dan masyarakat harus menjaga dan melindungi guru,” cetusnya.

“Bayangkan saja kita tidak bisa apa-apa tanpa guru, berbagai macam fenomena terjadi. Karena guru merupakan garda terdepan dalam mencerdaskan anak bangsa,” pungkasnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik15 Juni 2024 17:12
Ini Alasan PKB Usung Andi Ina Pilkada Barru
SULSELSATU.com, BARRU – DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Barru mengusung Andi Ina Kartika Sari sebagai Bakal Calon Bupati Barru pada Pemiliha...
Video15 Juni 2024 16:15
VIDEO: Driver Ojol Antar Jenazah dari Makassar ke Pangkep
SULSELSATU.com – Seorang pria yang bekerja sebagai driver online mendapat orderan untuk mengantar jenazah dari Makassar ke Kabupaten Pangkep. Da...
Makassar15 Juni 2024 11:11
Danny Pomanto Kukuhkan Dewan Lorong se-Kota Makassar
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengukuhkan Forum Dewan Lorong baik di tingkat Kelurahan, Kecamatan, dan Kota Makassar....
Video14 Juni 2024 23:30
VIDEO: Viral, Sapi Qurban Lepas di Jalan Poros AP Pettarani Makassar
SULSELSATU.com – Sebuah video viral memperlihatkan seekor sapi qurban lepas dan berlarian di tengah jalan. Peristiwa ini terjadi di Jalan Poros ...