Logo Sulselsatu

Kukuhkan Prof Sjarifuddin Hasan Sebagai Guru Besar, Ini Pesan Rektor UNM

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Kamis, 31 Maret 2022 19:27

Rektor UNM Makassar, Prof Husain Syam (Sulselsatu/Jahir Majid)
Rektor UNM Makassar, Prof Husain Syam (Sulselsatu/Jahir Majid)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali mengukuhkan guru besar tidak tetap, di Lantai III Gedung Phinisi UNM, Kamis (31/3/2022).

Kali ini Prof. Dr. Sjarifuddin Hasan, M. M., M.B.A, dalam bidang ilmu strategi manajemen koperasi dan UMKM dengan pidato pengukuhan “Ekonomi Pancasila dan Implementasi Manajemen Administrasi Bisnis, Strategi Koperasi dan UMKM”

Rektor UNM Prof. Husain Syam menuturkan pemberian guru besar tidak tetap dibutuhkan di lingkup perguruan tinggi.

Baca Juga : Sosialisai Beasiswa Pendidikan, Rektor UNM Dorong Para Dosen Muda Tingkatkan Kualifikasi Pendidikan

Hal ini terlebih dahulu mengikuti telah rekam jejak untuk membuktikan apakah orang yang dikukuhkan tersebut telah memberikan solusi terhadap kemaslahatan masyarakat misalnya.

“Guru besar tidak tetap ini dibutuhkan karena orang-orang yang bergelar ini sebelumnya mengikuti kajian terlebih dahulu, mulai rekam jejaknya, betul tidak sudah banyak yang memberikan solusi bagi bangsa ini, sudah banyak memberikan kemajuan, kemaslahatan manusia,” ungkap Prof. Husain.

Prof. Husain, menegaskan bahwa Prof. Sjarifuddin Hasan, telah memenuhi olehnya itu UNM mengukuhkan sebagai guru besar. ” Prof. Sjarifuddin Hasan telah memberikan sumbangsih yaitu UMKM di bidang kepemudaan, Kampus itu ada, nah kita mengukuhkan beliau sebagai guru besar,” ungkap Prof. Husain.

Baca Juga : UNM Kukuhkan Prof Mohammad Jafar Hafsa sebagai Guru Besar Bidang Agribisnis Pangan

Tujuannya, sambung Prof. Husain, pihak yang dikukuhkan tersebut nantinya memiliki tanggungjawab untuk hadir di kampus, selalu memberi sharing kepada civitas akademika.

“Itu kita tangkap agar kemudian selalu memberi pengembangan wawasan kepada akademisi seluruh civitas akademika, termasuk masyarakat sekitar yang kira-kira bisa manfaat, ini yang kedua kan baru 14 se-Indonesia, sejak 2014 di Indonesia tidak ada target, berapapun yang telah telaah,” tukasnya.

Sementara Prof. Sjarifuddin Hasan dalam pidato pengukuhannya mengatakan penguatan lembaga koperasi dan UMKM merupakan faktor utama dalam menghadapi dan mencapai tujuan.

Baca Juga : AHY Sebut Generasi Milenial di UNM Adalah SDM Unggul, Rektor: Kita Siap Kolaborasi

“Faktor internal organisasi merupakan suatu kekuatan dasar untuk dapat mengkoordinir kegiatan usaha sehingga dibutuhkan organisasi yang kuat, fokus dan terkontrol sesuai manajemen yang baik, kolektif untuk memenuhi kebutuhan bersama,” ujar Prof. Sjarifuddin Hasan.

Prof. Sjarifuddin Hasan mengungkapkan untuk mencapai objective koperasi dan UMKM agar bisa berhasil maka diperlukan langkah-langkah kebijakan strategis mendasar atas reformasi organisasi.

“Reformasi organisasi ini yakni menyatukan kepemimpinan dewan koperasi Indonesia dan semestinya kepengurusan koperasi termasuk pembatasan periode ketua koperasi maksimal dua periode,” tutupnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News12 Mei 2024 21:21
Pj Gubernur Sulsel Pastikan Pembangunan Stadion Sudiang Telah Dianggarkan di APBN
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pembangunan Stadion Sudiang telah resmi dianggarkan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Penjabat Gubern...
Makassar12 Mei 2024 20:44
Lepas Kloter 1 Jemaah Haji Embarkasi Makassar, Pj Gubernur: Luruskan Niat Hanya untuk Beribadah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dalam suasana yang penuh haru dan semangat, Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, resmi melepas Cal...
Politik12 Mei 2024 20:32
Rakhmat Kasim Bertemu Rahmat Masri Bandaso di Jakarta, Potensi Berpaket di Pilwali Palopo
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinamika politik menjelang Pilwali di Kota Palopo semakin meningkat. Setelah beberapa bakal calon telah memasang atri...
OPD12 Mei 2024 20:10
Cicu Atensi Khusus Jalan Hertasning, Minta Pemprov Segera Lakukan Perbaikan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Belum lama ini ruas jalan yang berada di Letjend Hertasning Kota Makassar Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali memakan k...