Logo Sulselsatu

Wabup Gowa: Kolaborasi Pemerintah dan MUI Penting untuk Kemaslahatan Umat 

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Rabu, 18 Mei 2022 19:06

Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni saat membuka Musyawarah Daerah V Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Gowa di Baruga Tinggimae, Rujab Bupati Gowa, Rabu, 18 Mei 2022 (Pemkab Gowa)
Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni saat membuka Musyawarah Daerah V Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Gowa di Baruga Tinggimae, Rujab Bupati Gowa, Rabu, 18 Mei 2022 (Pemkab Gowa)

SULSELSATU.com, GOWA – Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni berharap Pemerintah dan Majelis Ulama Indinesia (MUI) Kabupaten Gowa terus bersinergi dan berkolaborasi khususnya terkait kemaslahatan umat.

Hal ini diungkapkan saat dirinya menghadiri sekaligus membuka Musyawarah Daerah V Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Gowa di Baruga Tinggimae, Rujab Bupati Gowa, Rabu (18/5/2022).

Ia mengatakan MUI merupakan lembaga swadaya masyarakat yang mewadahi para ulama dan para cendekiawan Islam untuk membimbing, membina dan mengayomi umat Islam di Indonesia.

Baca Juga : Muqaddimal Mukrimin Asal Pattalassang Raih Best Social Media Duta Anak Gowa 2024

“Sesuai dengan tugasnya, MUI membantu pemerintah dalam melakukan hal-hal yang menyangkut kemaslahatan umat Islam seperti mengeluarkan fatwa dalam kehalalan makanan, penentuan kebenaran sebuah aliran dalam agama Islam, dan hal-hal yang berkaitan dengan hubungan seorang muslim dengan lingkungannya,” ungkapnya.

Abd Rauf menjelaskan, sesuai dengan tema yang diangkat yakni ‘Dengan Musda V kita tingkatkan sinergitas ulama dan umara demi terpeliharanya keharmonisan umat dalam berbangsa dan bernegara’ jika dianalisa sesuai dengan perkembangan zaman yang dihadapi.

Menurutnya, sinergitas dan kolaborasi antara ulama dan umara atau pemimpin pemerintahan sangat dibutuhkan khususnya dalam mewujudkan kemaslahatan umat yang merupakan kepentingan masyarakat dan menjadi basis tujuan kebijakan pemerintahan.

Baca Juga : PMI Sulsel Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Pemkab Luwu untuk Korban Bencana

“Ulama dan umara memang harus bersinergi dalam memastikan kemaslahatan umat itu bisa terwujud. Semoga kerjasama antara MUI dan pemerintah yang telah terjalin dengan harmonis di Kabupaten Gowa dapat terus ditingkatkan agar keharmonisan umat dalam berbangsa dan bernegara dapat terus kita pertahankan demi terwujudnya masyarakat Kabupaten Gowa yang damai, sejahtera, adil, dan makmur,” harapnya.

Sementara Ketua MUI Gowa, Abu Bakar Paka mengatakan Musda ini merupakan agenda lima tahunan yang dilaksanakan untuk menyusun maupun pemilihan kepengurusan baru.

“Dalam Musda ini ada tiga agenda utama yang akan terselenggara yaitu Penyampaian LPJ pimpinan MUI Gowa Periode 2016-2021, penyusunan program lima tahun kedepan, pemilihan pengurus baru yang akan melaksankan tugas dan amanah 2022-2027,” katanya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video13 Mei 2024 23:17
VIDEO: Kecelakaan Lalu Lintas di Belopa, Mobil Tabrak Rumah Warga dan Mobil Terparkir
SULSELSATU.com – Insiden kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Topoka, Belopa, Luwu. Sebuah mobil menabrak sebuah rumah warga dan merusak 1 un...
Video13 Mei 2024 21:49
VIDEO: Momen Presiden Jokowi Bersimpuh saat Membeli Pisang di Pasar di Sultra
SULSELSATU.com – Momen Presiden Joko Widodo bersimpuh saat membeli pisang saat mengunjungi pasar di Sulawesi Tenggara. Dalam video terlihat Pres...
Video13 Mei 2024 20:47
VIDEO: Momen Presiden Jokowi Dihadang Warga saat Kunjungan di Muna
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan iring-iringan Presiden Joko Widodo dihadang oleh warga. Momen ini saat Jokowi melakukan kunjungan d...
Lifestyle13 Mei 2024 19:15
Pegadaian Hadirkan The Gade Tower Konsep Green Building, Panel Tata Surya Jadi Sumber Energi
PT Pegadaian menghadirkan The Gade Tower dengan konsep green building di Jalan Kramat Raya No.162 Jakarta Pusat. Gedung baru ini diresmikan Wakil Ment...