Logo Sulselsatu

Wilianto Tanta Temui Jusuf Kalla, PSMTI dan PMI Siap Kolaborasi Aksi Sosial

Asrul
Asrul

Selasa, 26 Juli 2022 18:18

Wilianto Tanta Temui Jusuf Kalla, PSMTI dan PMI Siap Kolaborasi Aksi Sosial

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua Umum Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Wilianto Tanta menemui Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) di kediaman JK, Jakarta, Selasa (26/7/2022).

Dalam.kesempatan itu, Wilianto menyatakan PSMTI siap menjalin kerja sama dalam gerakan sosial donor darah dengan PMI.

Wilianto Tanta mengatakan, JK mendorong agar segera dibuatkan nota kesepakatan antara PSMTI dan PMI agar kegiatan sosial tersebut berjalan dengan lancar.

Baca Juga : Wilianto Tanta Harap PSMTI Bisa Berkontribusi di Jalur Eksekutif Hingga Legislatif

“Beliau tadi mendorong agar segera buat MoU, agar semua berjalan lancar. Rencananya agustus ini,” kata Wilianto.

Wilianto Tanta mengatakan PSMTI merupakan paguyuban yang pada dasarnya melakukan kegiatan-kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat. Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia ini juga tersebar di daerah – daerah, tepatnya di 31 provinsi dan 300 kabupaten/kota.

“Jadi kita di paguyuban ini bukan hanya donor darah, tapi termasuk kegiatan sosial saat bencana, vaksinasi. Jadi itu dana dari anggota dan CSR,” kata Wilianto.

Baca Juga : Kapolda Metro Jaya Puji Wilianto Tanta, “Hebat, Beliau Petarung”

Dulunya PSMTI melakukan gerakan sosial donor darah setahun sekali, yakni saat bulan Ramadan, untuk memenuhi stok darah nasional di saat umat muslim berpuasa.
Namun pada tahun ini, PSMTI berencana untuk melakukan kegiatan donor darah 2 kali.

Donor darah kedua rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 17 September, bertepatan dengan hari ulang tahun PMI yang berdekatan dengan hari ulang tahun PSMTI.

“Rencana tanggal 17 September, saat ulang tahunnya PMI yang berdekatan dengan ulang tahun PSMTI. Kita 28 September, PMI 17 September. Sehingga kita mau bikin gerakan nasional pada tanggal 17 nanti,” ujarnya.

Baca Juga : PSMTI dan INTI Sepakat Kolaborasi Bangun Bangsa

Namun, sesuai saran Ketum PMI Jusuf Kalla, kegiatan donor darah PSMTI kedepannya akan dilakukan secara rutin dan tidak serentak, sebab masa kadaluarsa darah yang hanya 1 bulan.

“Pak JK menyampaikan, kalau bisa (donor darah) jangan satu tahun sekali. Kalau bisa rutin. Karena stok darah dibutuhkan banyak. Tapi juga jangan serentak, karena kalau darah over itu juga bisa rusak, expired,” ujarnya.

Kedepannya PMI dan PSMTI akan melakukan kerja sama dalam hal kebencanaan, termasuk pelatihan pertolongan pertama saat terjadi bencana.

 Komentar

 Terbaru

Makassar07 Agustus 2022 21:44
Ketua KONI Makassar dan Camat Tallo Buka Turnamen Sepak Bola Piala Ketua DPRD Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Camat Tallo Alamsyah Sahabuddin bersama Ketua KONI Makassar Ahmad Sosanto berkunjung ke Kelurahan Lakkang Kecamatan T...
Politik07 Agustus 2022 21:38
Lautan Manusia Padati Senam Sehat Amir Uskara di Bontonompo Gowa
SULSELSATU.com, GOWA – Animo masyarakat Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, untuk bertemu dengan Anggota DPR RI Amir Uskara yang juga Wakil Ketua ...
Sulsel07 Agustus 2022 20:34
Syaharuddin Alrif Optimis Luwu Raya Jadi Basis Partai NasDem
SULSELSATU.com, LUWU – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulawesi Selatan, kembali bakar semangat seluruh kader di Kabupaten Luwu. Keha...
Makassar07 Agustus 2022 19:27
Dukungan Relawan Desa Tambah Kekuatan Ganjar Pranowo di Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Basis kekuatan pendukung Ganjar Pranowo di Sulsel bertambah. Kali ini dari ribuan orang yang tergabung dalam Jaringan...