Logo Sulselsatu

Pengamat Ekonomi Unismuh Harap Penyaluran Kredit Bisa Jangkau Daerah Terpencil

Asrul
Asrul

Jumat, 05 Mei 2023 12:16

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penyaluran kredit harus merata. Jika tidak, hal tersebut dapat menghambat perekonomian. Apalagi jika perbankan hanya menyalurkan kredit pada tiap daerah yang dianggap maju dan tidak terdistribusi ke daerah-daerah yang membutuhkan.

Pengamat ekonomi Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Sutardjo Tui menuturkan bahwa pihak perbankan perlu menyalurkan kredit secara merata untuk memajukan perekonomian di seluruh daerah baik di daerah maju maupun daerah terpencil.

Sutardjo menegaskan bahwa perbankan memiliki peran penting dalam kemajuan ekonomi suatu daerah.

Baca Juga : Beri Dampak Nyata, Holding Ultra Mikro Berhasil Tingkatkan Inklusi dan Literasi Keuangan Nasional

“Apabila perbankan tidak melakukan pemerataan dalam penyaluran kredit, maka dapat menghambat bahkan mematikan perekonomian di daerah yang membutuhkan,” tegasnya.

Dosen Unismuh ini menyarankan agar perbankan melakukan pemerataan dalam penyaluran kredit dan memberikan kredit pada daerah-daerah yang membutuhkan, bukan hanya pada wilayah yang dianggap maju.

“Perbankan harus memperhatikan bagaimana penyaluran kredit dapat menggerakkan ekonomi suatu daerah, bukan hanya memperhatikan keuntungan semata,” sarannya.

Baca Juga : Hebat! BRI Masuk Daftar “20 Perusahaan Top yang Perlu Diperhatikan Tahun 2024”

Sutardjo menambahkan agar perbankan, pemerintah daerah, pengusaha, dan OJK berkoordinasi secara rutin untuk membahas tingkat penyaluran kredit di wilayah masing-masing. Sehingga hal tersebut dapat membantu perbankan untuk memahami kebutuhan dan potensi ekonomi di daerah-daerah yang membutuhkan.

Sutardjo juga menekankan bahwa perbankan tidak boleh mengabaikan daerah yang masuk dalam kategori miskin karena dianggap sulit atau repot.

Sebaliknya, Pemda dapat memberikan garansi kepada perbankan dengan personal guarantee dari bupati atau kepala daerah setempat.

Baca Juga : Perkuat Kapabilitas Digital, BRI Jalin Kerja Sama dengan Tencent Cloud dan Hi Cloud Indonesia

“Misalnya dengan memikirkan kendaraan rakyatnya yang harus dibayar,” tuturnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News12 Mei 2024 21:21
Pj Gubernur Sulsel Pastikan Pembangunan Stadion Sudiang Telah Dianggarkan di APBN
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pembangunan Stadion Sudiang telah resmi dianggarkan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Penjabat Gubern...
Makassar12 Mei 2024 20:44
Lepas Kloter 1 Jemaah Haji Embarkasi Makassar, Pj Gubernur: Luruskan Niat Hanya untuk Beribadah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dalam suasana yang penuh haru dan semangat, Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, resmi melepas Cal...
Politik12 Mei 2024 20:32
Rakhmat Kasim Bertemu Rahmat Masri Bandaso di Jakarta, Potensi Berpaket di Pilwali Palopo
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinamika politik menjelang Pilwali di Kota Palopo semakin meningkat. Setelah beberapa bakal calon telah memasang atri...
OPD12 Mei 2024 20:10
Cicu Atensi Khusus Jalan Hertasning, Minta Pemprov Segera Lakukan Perbaikan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Belum lama ini ruas jalan yang berada di Letjend Hertasning Kota Makassar Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali memakan k...