Logo Sulselsatu

Pemkot Makassar Berbenah, Bersiap Terapkan KRIS di RSUD Daya

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 27 Mei 2024 17:41

Kepala Dinkes Kota Makassar dr. Nursaidah Sirajuddin. Foto: Istimewa.
Kepala Dinkes Kota Makassar dr. Nursaidah Sirajuddin. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Rumah sakit diwajibkan menerapkan Kelas Rawat Inap Standar (KRIS) paling lambat 30 Juni 2025, sesuai dengan Perpres Nomor 59 Tahun 2024 tentang Jaminan Kesehatan yang ditetapkan pada 8 Mei 2024.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daya Kota Makassar Rusmayani Madjid mengaku sangat mendukung hal tersebut.

“Kalau untuk RSUD, saya sendiri sangat mendukung KRIS itu. Ya, jadi kita harus mempersiapkan diri,” ujar Maya, sapaan akrabnya.

Baca Juga : Perayaan Idul Adha 1445 H, Pemkot Makassar Sembelih 62 Hewan Kurban

Dia menjelaskan bahwa setidaknya ada 12 komponen yang harus dipenuhi oleh fasilitas kesehatan untuk menerapkan sistem KRIS.

“Ini berdasarkan Perpres Nomor 59 Tahun 2024, kriteria fasilitas ruang perawatan pada pelayanan rawat inap berdasarkan Kelas Rawat Inap Standar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 46 ayat (7),” katanya.

Kedua belas komponen tersebut meliputi: bangunan yang tidak boleh memiliki tingkat porositas tinggi, ventilasi udara, pencahayaan ruangan, kelengkapan tempat tidur, nakas per tempat tidur, dan temperatur ruangan.

Baca Juga : Prof Zudan Apresiasi Danny Pomanto, Efektif Jaga Stabilitas Harga Pangan H-1 Idul Adha 1445 Hijriah

Kemudian ruang rawat yang dibagi berdasarkan jenis kelamin, anak atau dewasa, penyakit infeksi atau noninfeksi, kepadatan ruang rawat dan kualitas tempat tidur, kamar mandi yang memenuhi standar aksesibilitas, hingga outlet oksigen.

“Sekitar 60 persen tempat tidur yang ada di RSUD Daya Kota Makassar harus berstandar KRIS, jadi kita akan memenuhi itu,” tambahnya.

Selain itu, RSUD Daya juga menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang memadai untuk penerapan KRIS tersebut.

Baca Juga : Dishub Makassar Siapkan Rekayasa Lalu Lintas dan Ratusan Personel Pada Perayaan Idul Adha 1445 H

Meski telah melakukan berbagai upaya, Maya menyatakan bahwa pihaknya menghadapi beberapa kendala yang telah disampaikan kepada pimpinan.

“Kita sudah sampaikan kendala-kendala yang dihadapi oleh RSUD Daya kalau menerapkan KRIS, saya belum bisa sampaikan nanti kita sampaikan ya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, dr. Nursaidah Sirajuddin menyatakan, pemberlakuan KRIS memerlukan penyesuaian, termasuk skema pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

Baca Juga : Danny Pomanto Terima Sapi Kurban dari Indomaret Cabang Makassar

“Juni tahun ini (diterapkan) tapi belum dimaksimalkan, banyak yang harus difikirkan. Karena sistem kelas sudah tidak ada, harus difikirkan seperti apa lagi pembayarannya di BPJS. Bagaimana klaim-klaim rumah sakit, itu semua wacana dari kemarin,” jelas dr. Nursaidah.

Meskipun begitu, dr. Nursaidah menjelaskan bahwa sosialisasi terkait pelaksanaan KRIS telah dilakukan sejak tahun lalu, di mana sosialisasi ini diikuti oleh rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

“Langkah-langkahnya semua rumah sakit sudah ikut sosialisasi di BPJS Kesehatan terkait pelaksanaan KRIS. Sosialisasi itu telah dilakukan dari tahun sebelumnya sebenarnya,” tandas dr. Nursaidah.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Baso Mappanyompa
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama16 Juni 2024 21:52
Besok, Kapolres Jeneponto dan Jajarannya Kurban 50 Ekor Sapi
SULSELSATU.com,JENEPONTO – Kapolres Jeneponto AKBP Budi Hidayat dan Jajarannya akan melaksanakan kurban 50 ekor sapi usai pelaksanaan shalat idu...
Metropolitan16 Juni 2024 19:00
Perayaan Idul Adha 1445 H, Pemkot Makassar Sembelih 62 Hewan Kurban
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar akan menyembelih sebanyak 62 hewan kurban dalam perayaan Idul Adha 1445 Hijriah. Hewan-hewan kur...
Makassar16 Juni 2024 18:26
Prof Zudan Apresiasi Danny Pomanto, Efektif Jaga Stabilitas Harga Pangan H-1 Idul Adha 1445 Hijriah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mendampingi Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh meninjau langsung har...
OPD16 Juni 2024 17:47
Kompaknya Ketua DPRD Sulsel Bersama Pj Gubernur Turun ke Pasar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua DPRD Sulawesi Selatan Andi Ina Kartika Sari bersama Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh melakukan oper...