Logo Sulselsatu

JK Absen di Pemakaman Ani Yudhoyono

Asrul
Asrul

Minggu, 02 Juni 2019 16:56

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla tidak terlihat bersama pelayat lain di rumah duka Ani Yudhoyono, Puri Cikeas Bogor, Sabtu (1/6/2019) maupun Minggu (2/6/2019). Ia juga tidak akan hadir saat pemakaman jenazah Ani di Taman Makam Pahlawan Kalibata sore nanti.

Juru Bicara Wapres, Husain Abdullah mengatakan JK memang tidak hadir. “Pak JK tidak melayat,” kata Husain dalam pesan singkat kepada Antara.

Kepada CNNIndonesia.com Husain menjelaskan, JK tidak hadir karena sedang istirahat atas saran dokter. “Bapak [JK] sendiri mengikuti dengan saksama proses pemakaman Ibu Ani melalui siaran langsung televisi,” tulis Husain dalam pesan singkat, Minggu (2/6) sore.

Baca Juga : Jusuf Kalla Komentari Videotron Anies Baswedan Dilarang di Bekasi dan Jakarta

Meski begitu, JK tetap menyampaikan belasungkawa secara terbuka.

JK juga sudah pernah menjenguk Ani saat masih dirawat di National University Hospital di Singapura, awal Maret lalu. Ani dirawat di NUH sejak Februari lalu karena kanker darah. Di sana pula lah ia mengembuskan napas terakhir, Sabtu (1/6).

JK saat itu datang bersama istrinya, Mufidah Kalla.

Baca Juga : Anies Baswedan Kunjungi Barru dan Bone 17 Januari, Syahar Harap JK Hadir

Mufidah dan Ani berhubungan dekat, terutama sejak suami keduanya berpasangan menjadi presiden dan wakil presiden pada periode 2004-2009. Mufidah pun telah menyampaikan duka cita setelah kabar Ani meninggal dikonfirmasi oleh putranya, kemarin.

Kata Husain, kehadiran Mufidah langsung ke Puri Cikeas malam tadi dan bertemu Susilo Bambang Yudhoyono, sekaligus mewakili JK.

Di mata Mufidah, saat itu ia menjelaskan, Ani ibu negara yang baik dan pekerja keras.

Baca Juga : Jusuf Kalla Yakin Ekspor Pisang Cavendish Bisa Sejahterakan Masyarakat Sulsel

“Sangat membantu untuk kemajuan bangsa dan negara, khususnya kemajuan ibu-ibu serta anak-anak Indonesia,” ujar Mufidah, seperti dikutip dari kantor berita Antara.

Ani mengembuskan napas terakhir dalam usia 66 tahun.

Jenazahnya langsung dibawa pulang ke Indonesia dari Singapura malam tadi. Minggu pagi pukul 8, warga diperbolehkan memberikan penghormatan terakhir untuk Ani di pendopo Puri Cikeas. Pukul 12 jenazah disalatkan, lalu diberangkatkan ke TMP Kalibata.

Baca Juga : Jusuf Kalla Resmikan Workshop H Achmad Kalla Fakultas Teknik UIM

Jenazah Ani dikebumikan di TMP Kalibata pukul 13.30 melalui upacara militer. Pasangan SBY periode 2009-2014 setelah ia bersanding bersama JK, Boediono terlihat hadir di TMP Kalibata. Ia duduk bersebelahan dengan Presiden RI ke-3, BJ Habibie, yang ada di samping SBY.

Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik20 Mei 2024 23:44
Azhar Arsyad Ajak Lintas Generasi Bangkit Majukan Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua DPW PKB Sulsel Azhar Arsyad mengajak seluruh generasi untuk bersatu menyatukan kekuatan memajukan Kota Makassar...
Video20 Mei 2024 23:20
VIDEO: Heboh! Makam Mahasiswi di Purbalingga Dibongkar, Diduga Pencurian Tali Pocong
SULSELSATU.com – Aksi pembongkaran makam di Purbalingga, Senin (20/5/2024). Video ini menghebohkan media sosial. Berdasarkan informasi, makan ya...
Hukum20 Mei 2024 22:36
15 UPT Kanwil Kemenkumham Sulsel Masuk Tahap Panel TPI
SULSELSATU.com, BANDUNG – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan (Sulsel) ikuti Panel Hasil Evaluasi P...
Politik20 Mei 2024 22:24
Harap Bersama di Pilwali, ARA Siap Jalani Mekanisme Dapatkan Rekomendasi Hanura
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Adi Rasyid Ali (ARA) menyerahkan berkas pendaftaran ke DPC Hanura Kota Makassar pada Senin (20/5/2024). Penyerahan be...