Logo Sulselsatu

JK Absen di Pemakaman Ani Yudhoyono

Asrul
Asrul

Minggu, 02 Juni 2019 16:56

JK Absen di Pemakaman Ani Yudhoyono

SULSELSATU.com, JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla tidak terlihat bersama pelayat lain di rumah duka Ani Yudhoyono, Puri Cikeas Bogor, Sabtu (1/6/2019) maupun Minggu (2/6/2019). Ia juga tidak akan hadir saat pemakaman jenazah Ani di Taman Makam Pahlawan Kalibata sore nanti.

Juru Bicara Wapres, Husain Abdullah mengatakan JK memang tidak hadir. “Pak JK tidak melayat,” kata Husain dalam pesan singkat kepada Antara.

Kepada CNNIndonesia.com Husain menjelaskan, JK tidak hadir karena sedang istirahat atas saran dokter. “Bapak [JK] sendiri mengikuti dengan saksama proses pemakaman Ibu Ani melalui siaran langsung televisi,” tulis Husain dalam pesan singkat, Minggu (2/6) sore.

Baca Juga : Pemerintah Jepang Anugerahkan Bintang Jasa untuk Jusuf Kalla

Meski begitu, JK tetap menyampaikan belasungkawa secara terbuka.

JK juga sudah pernah menjenguk Ani saat masih dirawat di National University Hospital di Singapura, awal Maret lalu. Ani dirawat di NUH sejak Februari lalu karena kanker darah. Di sana pula lah ia mengembuskan napas terakhir, Sabtu (1/6).

JK saat itu datang bersama istrinya, Mufidah Kalla.

Baca Juga : Setelah PLTA Poso dan Malea, Kalla Segera Operasikan Smelter Nikel

Mufidah dan Ani berhubungan dekat, terutama sejak suami keduanya berpasangan menjadi presiden dan wakil presiden pada periode 2004-2009. Mufidah pun telah menyampaikan duka cita setelah kabar Ani meninggal dikonfirmasi oleh putranya, kemarin.

Kata Husain, kehadiran Mufidah langsung ke Puri Cikeas malam tadi dan bertemu Susilo Bambang Yudhoyono, sekaligus mewakili JK.

Di mata Mufidah, saat itu ia menjelaskan, Ani ibu negara yang baik dan pekerja keras.

Baca Juga : Cerita Jusuf Kalla ke Jokowi, Urus Izin Pembangunan PLTA Selama 5 Tahun

“Sangat membantu untuk kemajuan bangsa dan negara, khususnya kemajuan ibu-ibu serta anak-anak Indonesia,” ujar Mufidah, seperti dikutip dari kantor berita Antara.

Ani mengembuskan napas terakhir dalam usia 66 tahun.

Jenazahnya langsung dibawa pulang ke Indonesia dari Singapura malam tadi. Minggu pagi pukul 8, warga diperbolehkan memberikan penghormatan terakhir untuk Ani di pendopo Puri Cikeas. Pukul 12 jenazah disalatkan, lalu diberangkatkan ke TMP Kalibata.

Baca Juga : Cerita Jusuf Kalla ke Jokowi, Urus Izin Pembangunan PLTA Selama 5 Tahun

Jenazah Ani dikebumikan di TMP Kalibata pukul 13.30 melalui upacara militer. Pasangan SBY periode 2009-2014 setelah ia bersanding bersama JK, Boediono terlihat hadir di TMP Kalibata. Ia duduk bersebelahan dengan Presiden RI ke-3, BJ Habibie, yang ada di samping SBY.

Editor: Awang Darmawan

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi19 Mei 2022 22:10
Perkuat Perlindungan Konsumen, Penawaran Perjanjian Kini Bisa Direkam Suara Atau Video
SULSELSATU.com, JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus memperkuat upaya perlindungan konsumen sektor jasa keuangan melalui penerbitkan Per...
Makassar19 Mei 2022 21:35
Seleksi Paskibraka Digelar Transparan, Tim Pemantau BPIP Apresiasi Dispora Sulsel
SULSELSATU.com- MAKASSAR – Setelah melalui seleksi sangat ketat, dua pelajar asal Sulawesi Selatan akhirnya terpilih menjadi calon Pasukan Pengi...
Politik19 Mei 2022 20:39
Anies Baswedan Menguat Diusulkan NasDem Sulsel Sebagai Capres di Rakernas
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menguat diusulkan DPW NasDem Sulsel sebagai calon presiden tahun 2024 saat r...
Makassar19 Mei 2022 19:46
Konjen Australia Bersama Monash University Temui Wali Kota Danny Bahas Program RISE
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Konsulat Jendral Australia untuk Infrastruktur (KIAT) bersama Monash University menemui Wali Kota Makassar Moh Ramdha...