Logo Sulselsatu

Upacara Harla Pancasila, Wakil Ketua DPRD Sinjai Bacakan Teks UUD 45

Asrul
Asrul

Minggu, 02 Juni 2019 09:00

Upacara Harla Pancasila, Wakil Ketua DPRD Sinjai Bacakan Teks UUD 45
SULSELSATU.com, SINJAI – Wakil Ketua I DPRD Sinjai, Jamaluddin didaulat menjadi pembaca Undang-Undang Dasar 1945 pada upacara Hari Lahir Pancasila ke-74 Tahun 2019 yang di gelar Pemerintah Kabupaten Sinjai di halaman bekas Kantor Bupati Sinjai, Sabtu (1/6/2019).

Upacara bendera tersebut dipimpin oleh Wakil Bupati Sinjai A. Kartini Ottong dan dihadiri Forkopimda, sekretaris daerah, sekretaris DPRD Sinjai, para pejabat asisten, staf ahli, kepala perangkat daerah serta pejabat lainnya.

Kartini membacakan sambutan Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila Republik Indonesia, bahwa bangsa Indonesia yang berada di antara dua samudra, yakni samudra Hindia dan Pasifik, serta di antara dua benua, Asia dan Asutralia meneguhkan bahwa bangsa Indonesia memiliki ruang hidup tanah air sebagai satu kesatuan.

Baca Juga : Sekretaris DPRD Sinjai Kunjungi Posko Covid-19 di Perbatasan Daerah

“Ada relasi dan perpaduan antara darat dan laut yang saling menguatkan, sebagaimana dalam konsep wawasan nusantara tumbuh flora dan fauna yang beragam,” ujarnya.

Sementara itu, menurur Jamaluddin bahwa keberagaman secara natural merupakan karakteristik dari keindonesiaan. Demikian pula secara antropologis dan sosiologis keberagaman ras, etnis, agama, kepercayaan, dan budaya yang ada di Indonesia sudah ada sejak masa pra aksara hingga sekarang.

“Peringatan hari lahir pancasila 1 Juni ini bukan suatu hal yang terpisah dari momentum perumusan piagam Jakarta oleh panitia kecil tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 oleh panitia persiapan kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945. Melalui peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “Politik Harapan” dalam kehidupan bangsa dan bernegara,” ujarnya.

Editor: Kink Kusuma Rein
Penulis: Andi Irfan Arjuna

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi19 Mei 2022 22:10
Perkuat Perlindungan Konsumen, Penawaran Perjanjian Kini Bisa Direkam Suara Atau Video
SULSELSATU.com, JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus memperkuat upaya perlindungan konsumen sektor jasa keuangan melalui penerbitkan Per...
Makassar19 Mei 2022 21:35
Seleksi Paskibraka Digelar Transparan, Tim Pemantau BPIP Apresiasi Dispora Sulsel
SULSELSATU.com- MAKASSAR – Setelah melalui seleksi sangat ketat, dua pelajar asal Sulawesi Selatan akhirnya terpilih menjadi calon Pasukan Pengi...
Politik19 Mei 2022 20:39
Anies Baswedan Menguat Diusulkan NasDem Sulsel Sebagai Capres di Rakernas
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menguat diusulkan DPW NasDem Sulsel sebagai calon presiden tahun 2024 saat r...
Makassar19 Mei 2022 19:46
Konjen Australia Bersama Monash University Temui Wali Kota Danny Bahas Program RISE
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Konsulat Jendral Australia untuk Infrastruktur (KIAT) bersama Monash University menemui Wali Kota Makassar Moh Ramdha...