Logo Sulselsatu

Upacara Harla Pancasila, Wakil Ketua DPRD Sinjai Bacakan Teks UUD 45

Asrul
Asrul

Minggu, 02 Juni 2019 09:00

istimewa
istimewa
SULSELSATU.com, SINJAI – Wakil Ketua I DPRD Sinjai, Jamaluddin didaulat menjadi pembaca Undang-Undang Dasar 1945 pada upacara Hari Lahir Pancasila ke-74 Tahun 2019 yang di gelar Pemerintah Kabupaten Sinjai di halaman bekas Kantor Bupati Sinjai, Sabtu (1/6/2019).

Upacara bendera tersebut dipimpin oleh Wakil Bupati Sinjai A. Kartini Ottong dan dihadiri Forkopimda, sekretaris daerah, sekretaris DPRD Sinjai, para pejabat asisten, staf ahli, kepala perangkat daerah serta pejabat lainnya.

Kartini membacakan sambutan Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila Republik Indonesia, bahwa bangsa Indonesia yang berada di antara dua samudra, yakni samudra Hindia dan Pasifik, serta di antara dua benua, Asia dan Asutralia meneguhkan bahwa bangsa Indonesia memiliki ruang hidup tanah air sebagai satu kesatuan.

Baca Juga : Sekretaris DPRD Sinjai Kunjungi Posko Covid-19 di Perbatasan Daerah

“Ada relasi dan perpaduan antara darat dan laut yang saling menguatkan, sebagaimana dalam konsep wawasan nusantara tumbuh flora dan fauna yang beragam,” ujarnya.

Sementara itu, menurur Jamaluddin bahwa keberagaman secara natural merupakan karakteristik dari keindonesiaan. Demikian pula secara antropologis dan sosiologis keberagaman ras, etnis, agama, kepercayaan, dan budaya yang ada di Indonesia sudah ada sejak masa pra aksara hingga sekarang.

“Peringatan hari lahir pancasila 1 Juni ini bukan suatu hal yang terpisah dari momentum perumusan piagam Jakarta oleh panitia kecil tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 oleh panitia persiapan kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945. Melalui peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “Politik Harapan” dalam kehidupan bangsa dan bernegara,” ujarnya.

Editor: Kink Kusuma Rein
Penulis: Andi Irfan Arjuna

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif18 Juni 2024 22:43
Hanya Dalam 40 Menit, NMAX TURBO Generasi Terbaru Laris Hingga 1.000 Unit
Peluncuran NMAX "TURBO" dengan konsep Evolution: Fun Tech X Prestige X Sporty pada 12 Juni 2024 di Jakarta menjadi magnet perhatian masyarakat Indones...
Video18 Juni 2024 22:29
VIDEO: Jemaah Haji Asal Bogor Protes Tenda Lantaran Sempit
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan aksi protes jemaah haji asal Kota Bogor, Jawa Barat. Jemaah haji tersebut protes lantaran tenda unt...
Video18 Juni 2024 19:44
VIDEO: Sejoli Diduga Mesum di Parkiran Mobil, Kabur Usai Kepergok Petugas Keamanan
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan sejumlah petugas keamanan mengejar sebuah mobil. Aksi pengejaran tersebut diduga sejoli remaja seda...
Video18 Juni 2024 16:36
VIDEO: Rumah Panggung Milik Warga di Pinrang Ludes Dilalap Si Jago Merah
SULSELSATU.com – Kebakaran terjadi di Buttu Angin, Desa Pakeng, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang. Dalam video yang beredar, tampak api membu...