Logo Sulselsatu

Upacara Harla Pancasila, Wakil Ketua DPRD Sinjai Bacakan Teks UUD 45

Asrul
Asrul

Minggu, 02 Juni 2019 09:00

Upacara Harla Pancasila, Wakil Ketua DPRD Sinjai Bacakan Teks UUD 45
SULSELSATU.com, SINJAI – Wakil Ketua I DPRD Sinjai, Jamaluddin didaulat menjadi pembaca Undang-Undang Dasar 1945 pada upacara Hari Lahir Pancasila ke-74 Tahun 2019 yang di gelar Pemerintah Kabupaten Sinjai di halaman bekas Kantor Bupati Sinjai, Sabtu (1/6/2019).

Upacara bendera tersebut dipimpin oleh Wakil Bupati Sinjai A. Kartini Ottong dan dihadiri Forkopimda, sekretaris daerah, sekretaris DPRD Sinjai, para pejabat asisten, staf ahli, kepala perangkat daerah serta pejabat lainnya.

Kartini membacakan sambutan Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila Republik Indonesia, bahwa bangsa Indonesia yang berada di antara dua samudra, yakni samudra Hindia dan Pasifik, serta di antara dua benua, Asia dan Asutralia meneguhkan bahwa bangsa Indonesia memiliki ruang hidup tanah air sebagai satu kesatuan.

Baca Juga : Sekretaris DPRD Sinjai Kunjungi Posko Covid-19 di Perbatasan Daerah

“Ada relasi dan perpaduan antara darat dan laut yang saling menguatkan, sebagaimana dalam konsep wawasan nusantara tumbuh flora dan fauna yang beragam,” ujarnya.

Sementara itu, menurur Jamaluddin bahwa keberagaman secara natural merupakan karakteristik dari keindonesiaan. Demikian pula secara antropologis dan sosiologis keberagaman ras, etnis, agama, kepercayaan, dan budaya yang ada di Indonesia sudah ada sejak masa pra aksara hingga sekarang.

“Peringatan hari lahir pancasila 1 Juni ini bukan suatu hal yang terpisah dari momentum perumusan piagam Jakarta oleh panitia kecil tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 oleh panitia persiapan kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945. Melalui peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “Politik Harapan” dalam kehidupan bangsa dan bernegara,” ujarnya.

Editor: Kink Kusuma Rein
Penulis: Andi Irfan Arjuna

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

Video03 Desember 2022 22:43
VIDEO: Cuma Makan Nasi dan Garam, Pria Akhirnya Punya Tabungan Rp 2,8 M
SULSELSATU.com – Seorang pekerja migran asal Bangladesh hanya makan bawang, cabai, dan garam agar dapat menabung. Dalam video terlihat pria as...
Makassar03 Desember 2022 21:43
Ari Ashari Tampung Aspirasi Masyarakat Makassar Soal Pengelolaan Drainase yang Kurang Maksimal
Reses Anggota DPRD Kota Makassar Ari Ashari...
Entertainment03 Desember 2022 21:19
Film Like and Share, Keberanian Mengangkat Masalah Pelecehan Seksual Secara Gamblang
Film Like and Share tentang cerita tentang pelecehan seksual yang akan tayang pada 8 Desember 2022...
Video03 Desember 2022 20:56
VIDEO: Gempa M 6,4 Terjadi di Garut Jawa Barat
SULSELSATU.com – Gempa dengan kekuatan magnitudo 6,4 di mengguncang Garut, Jawa Barat, Sabtu (3/12/2022). Bahkan warga di Cianjur juga ikut me...