Logo Sulselsatu

Sidak di Lapangan Upacara, IDP Ungkap Filosofi Buka Puasa untuk ASN

Asrul
Asrul

Senin, 10 Juni 2019 21:16

Sidak di Lapangan Upacara, IDP Ungkap Filosofi Buka Puasa untuk ASN

SULSELSATU.com, LUTRA – Kalau biasanya inspeksi mendadak (sidak) dilakukan dengan berkeliling sambil mengecek kehadiran ASN di kantor masing-masing, maka hal berbeda dilakukan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (IDP). Ia tidak melakukan sidak seperti itu, melainkan menggunakan momentum upacara untuk mengecek kehadiran ASN pasca cuti lebaran kemarin.

“Hari ini kita tidak melakukan sidak seperti biasa. Saya ingin mengecek kehadiran ASN di sini,” kata IDP saat memimpin upacara, Senin (10/6/2019), di Lapangan Upacara Kantor Bupati. Ia pun meminta perwakilan Perangkat Daerah (PD) untuk memberikan daftar absensi ASN. Menariknya, Kepala PD diminta berdiri di samping Bupati saat nama ASN disebut.

Pengecekan kehadiran ASN oleh Bupati berlangsung dalam durasi yang cukup lama. Seluruh PD, termasuk di Sekretariat Daerah, tak ada yang terlewatkan. Bupati menggunakan momentum upacara pertama pasca cuti lebaran ini untuk memastikan kedisiplinan ASN betul-betul ditegakkan. Ia pun menggunakan filosofi Buka Puasa untuk mencerahkan para ASN.

Baca Juga : Pemkot Makassar Akan Sidak ke Sejumlah Apotek, Pastikan Tidak Ada Obat yang Dilarang Terjual

“Kita berharap bahwa apa yang telah kita dapatkan selama 30 hari berpuasa, terutama yang terkait dengan kedisiplinan, dapat juga kita teruskan di luar bulan Ramadan,” kata IDP. Ia pun menggunakan filosofi berbuka puasa untuk menginspirasi ASN agar tetap menegakkan kedisiplinan, karena menurut dia, puasa itu menempa seseorang untuk disiplin.

“Saat buka puasa, saya yakin tidak ada yang telat. Kita tidak pernah lihat ada orang yang telat buka puasa. Kalau sahur, kerap ada yang telat bangun. Begitupun saat salat tarawih dan subuh, sering kita jumpai ada yang masbuk. Nah, kita berharap kedisiplinan kita yang tidak pernah telat buka puasa itu juga dibawa ke dalam aktivitas kita sebagai ASN,” kata IDP.

IDP memastikan bahwa ASN yang tidak mengikuti upacara pasca cuti lebaran bakal mendapatkan sanksi. “Batas toleransi kita sampai jam 8. Lewat dari itu, sudah pasti telat. Nah, sanksinya tentu berdasarkan regulasi yang ada. Bisa sanksi ringan, bisa juga pemotongan TPP, tapi tetap mengacu pada peraturan perundang-undangan,” jelas IDP.

Baca Juga : Pastikan Pelayanan Berjalan dengan Baik, Camat Tallo Sidak di Kelurahan Kalukuang

“Terlepas dari itu semua, saya berterima kasih kepada ASN karena sebagian besar hadir pada hari ini. Saya juga berterima kasih kepada pegawai yang tetap memberikan pelayanan di masa libur. Waktu boleh saja libur, tetapi pelayanan tidak akan pernah libur. Terima kasih kepada pegawai yang tetap memberikan pelayanan di masa libur ini,” pungkasnya. (Rls)

Editor: Hendra Wijaya

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

OPD04 Desember 2022 20:25
Hari Pertama Reses, Rudianto Lallo Terima Keluhan Drainase dan Jalan Rusak
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo kembali menyapa warga Kelurahan Kaluku Bodoa dan Pannampu Kecamatan Tallo, K...
Ekonomi04 Desember 2022 19:22
BRI Raih Penghargaan Bank Teraktif dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Pada LPS Banking Awards 2022
SULSELSATU.com – Literasi keuangan harus terus didorong untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan keuangan formal. Konsisten melakukan ed...
Ekonomi04 Desember 2022 18:21
Wapres Ma’ruf Amin Dorong Percepatan Konversi Bank Sulselbar ke Syariah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin mengapresiasi dan mendorong percepatan konversi bank Sulselbar menjadi bank s...
Otomotif04 Desember 2022 17:13
Bukti Pelayanan Prima, Asmo Sulsel Buka Parkiran Khusus Motor Matik Premium di Mall Phinisi Point
Asmo Sulsel beri pelayanan prima bagi konsumen dengan menghadirkan parkir khusus motor matik premium Honda di Mall Phinisi Point Makassar...