Logo Sulselsatu

Rintik Hujan Senja Hari Warnai Khidmatnya Pemakaman Militer George Toisutta

Asrul
Asrul

Kamis, 13 Juni 2019 11:00

istimewa
istimewa
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Matahari terus menuju ufuk barat. Saat itu, kondisi cuaca di kawasan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dadi di Jalan Amirullah, Makassar, terbilang cerah dengan langit berawan. Sedang waktu tengah menunjukkan pukul 16.30 Wita, Rabu (12/6/2019) sore.
Sekira 200 meter di sepanjang Jalan Amirullah menuju lokasi TPU Dadi, sejumlah anggota TNI tak henti berlalu-lalang. Sebagian mereka, terutama yang berpakaian dinas nampak sibuk mempersiapkan pemakaman ala militer terhadap jenazah mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal (Purn) George Toisutta yang dikabarkan sebentar lagi tiba di lokasi pemakaman.
“Jenazahnya tidak lagi dibawa ke rumah duka, langsung ke sini (ke lokasi pemakaman),” ujar salah seorang petugas dari Pendam Hasanuddin.
Jenazah George yang diterbangkan dari Jakarta menggunakan pesawat Hercules C130 memang sempat dikabarkan akan dibawa ke rumah duka di Jalan Rutan nomor 80. Namun dengan alasan memakan waktu, maka jenazahnya langsung dibawa ke TPU Dadi pasca menjalani serangkaian penyambutan upacara militer setiba di Lanud Sultan Hasanuddin. Pangdam Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi juga berada di sana untuk menyambut jenazah George.
Sementara di lokasi pemakaman, cuaca yang tadinya cukup cerah perlahan berubah jadi mendung. Sedang ratusan pelayat dan warga sekitar telah memadati area liang lahat untuk George yang digali tepat di samping pusara makam ibundanya.
Saat waktu menunjuk pukul 17.10 Wita, jenazah George tiba di lokasi pemakaman. Istri dan tiga orang anak George, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo bersama ratusan pelayat lainnya ikut mengiringi dengan raut kesedihan mendalam. Sementara itu, Wakasad Letnan Jenderal Tatang Sulaiman yang juga turut mengiringi dari Jakarta langsung bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pemakaman militer untuk almarhum George.
Saat upacara berlangsung, hujan rintik-rintik perlahan mulai mengguyur. Namun upacara pemakaman militer George tetap berlangsung khidmat. Suasana itu bahkan tetap sama meski hujan rintik-rintik berubah jadi lebat. Ratusan pelayat basah-basahan mengikuti acara pemakaman.
“Teeeet teteeeet. Teeeet teteeeet,” sahutan suara terompet dari sejumlah prajurit berulang kali terdengar ke udara.
Suara tembakan ke udara juga meletus ke udara sebagai bagian dari prosesi pemakaman militer untuk George.
“Kepergian almarhum tentu sangat mengejutkan juga menyedihkan bagi kita semua, terutama bagi keluarga yang ditinggalkan,” ujar Tatang Sulaiman saat jadi Irup.
“Namun, kita harus percaya, bahwa kepergian almarhum adalah ketetapan Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT,” tambahnya.
“Kita juga mesti berbesar hati, George adalah prajurit yang memiliki jasa, ia setia kepada bangsa dan negara,” ujarnya lagi.
Upacara pemakaman George terus berlangsung. Tepat sekira pukul 18.06 Wita, diwarnai lantunan adzan dari menara masjid-masjid sekitar lokasi pemakaman, serta hujan lebat yang masih mengguyur, para pelayat dan keluarga menghaturkan doa sebagai tanda berakhirnya upacara pemakaman almarhum. Kini George telah berstirahat di samping pusara makam ibundanya.
Sebelumnya, berita berpulangnya George Toisutta ke pangkuan Ilahi memang sudah santer diberitakan sejak ia menghembuskan nafas terakhirnya di RS Subroto, Jakarta sekira pukul 05.26 waktu setempat. Ia meninggal pada usia 66 tahun setelah cukup lama menjalani perawatan kanker usus yang dideritanya.
Kata seorang dari keluarganya, sebelum meninggal, George memang sempat berpesan agar dimakamkan tepat di samping pusara mendiang ibunya di TPU Dadi. Sehingga, jenazahnya pun langsung diterbangkan dari Jalarta ke Kota Makassar untuk memenuhi wasiat itu.
“Sebelum meninggal dia memang meminta di samping ibunya dimakamkan,” kata kakak ipar almarhum, HM Asri Syamsuddin saat ditemui di rumah duka di Jalan Rutan nomor 80, Makassar, (12/6/2019) siang.
Penulis: Hermawan Mappiwali
Editor: Kink Kusuma Rein

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...