Logo Sulselsatu

Dispar Selayar Gelar FGD Persiapan Penyambutan Peserta Wonderful Sail to Indonesia

Asrul
Asrul

Minggu, 23 Juni 2019 23:10

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, SELAYAR – International Yacht Rally bertajuk Wonderful Sail to Indonesia kembali akan digelar pada tahun 2019 ini.

International Yacht Rally yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata sejak Tahun 2009, tahun ini akan mengunjungi 20 titik destinasi wisata di Indonesia. Salah satu di antaranya adalah Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, sekaligus menjadi titik labuh dari peserta International Yacht Rally.

Baca juga: Bupati Selayar Hadiri Pertemuan Man and the Biosphere Council di Paris

Baca Juga : Berpetualang Menyusuri Pulau Latondu Mengungkap Tradisi dan Kehidupan Masyarakat Setempat

Demikian dikemukakan Kadis Kepariwisataan Selayar Andi Abdurrahman pada Focus Group Discussion (FGD) di ruang rapat pimpinan Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Minggu (23/6/2019).

Dalam FGD tersebut, hadir dari tim percepatan pembangunan wisata bahari Kemenpar RI Raymond T. Lesmana sebagai narasumber. Hadir pula sejumlah unsur forkopimda dari Polres dan Kodim 1415 Kepulauan Selayar, para pimpinan OPD dan instansi vertikal, pemerhati pariwisata, Orari, para tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Baca juga: Gelar Halal Bihalal, Pemkab Selayar Hadirkan Ustaz Das’ad Latif

Baca Juga : Peserta Land Tour Festival Takabonerate 2019 Siap-siap Explore Kearifan Lokal Desa Latondu

Kadis Kepariwisataan mengemukakan bahwa peserta Wonderful Sail to Indonesia dijadwalkan tiba di Kepulauan Selayar Tanggal 1 – 4 September 2019. Olehnya itu kata dia perlu dilakukan persiapan penyambutan secara terpadu dan terencana.

“Event ini akan memberikan kontribusi positif terhadap target pencapaian kunjungan wisatawan mancanegara khususnya di Kabupaten Kepulauan Selayar,” kata Andi Abdurrahman.

Baca juga: Hadiri Sidang ke-31 ICC-MAB UNESCO, Ini Pesan Bupati Selayar

Baca Juga : Bimtek Pengendalian OPT, Dinas Pertanian Selayar Dorong Penggunaan Pupuk Organik Ditingkatkan

Sementara tim percepatan pembangunan wisata bahari Kemenpar RI Raymond T. Lesmana yang hadir sebagai narasumber memaparkan secara teknis terkait penerimaan kunjungan kapal wisata asing (Yacht) ke Kabupaten Kepulauan Selayar.

Dalam keterangan persnya Raymond menjelaskan bahwa peserta Wonderful Sail to Indonesia sampai saat ini sudah 66 kapal peserta dari 15 negara yang sudah pasti mengikuti Wonderful Sail to Indonesia.

Ditanya bagaimana untuk mengangkat pariwisata bahari Selayar, ia mengemukakan jangan hanya terfokus kepada pemerintah daerah saja, tetapi menurut dia yang memiliki kontribusi besar adalah masyarakat.

Baca Juga : Tiba di Asrama Haji Sudiang Makassar, Begini Kondisi Kesehatan 117 JCH Selayar

“Untuk mengangkat pariwisata suatu daerah, sebetulnya masyarakatlah yang harus lebih dominan, bagaimana mereka bisa bertindak dan menggambarkan dirinya sendiri. Tindakan inilah yang perlu didukung dan difasilitasi oleh pemerintah,” kata Raymond.

Terkait dengan kunjungan peserta Wonderful Sail to Indonesia, Raymond mengatakan bahwa Selayar sebagai pulau kecil yang lebih didominasi oleh wisata bahari diperlukan suatu tempat yang akan mangakomodir kegiatan-kegiatan bahari, bukan hanya kapal layar, tetapi juga seperti lokasi mancing atau kegiatan bahari lainnya.

Selain itu lanjut Raynond, walaupun kegiatannya hanya sebentar, tetapi akan memberikan dampak bagi perekonomian masyarakat, termasuk dampak edukasi informal yang akan memotivasi kemajuan pengetahuan bagi masyarakat selayar secara umum.

“Menyambut peserta Wonderful Sail to Indonesia saya berharap agar Selayar bisa tampil dengan budayanya sendiri,” tutup Raymond. (rls)

Editor: Hendra Wijaya

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Bisnis28 Maret 2024 17:39
Pengiriman Barang Lebih Cepat dan Mudah Melalui Layanan Same Day Delivery Cahaya Bone
Cahaya Bone sebagai salah satu lini bisnis Kalla Transport & Logistcs (Translog) senantiasa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat....
Ramadan28 Maret 2024 16:22
Pegadaian Hadirkan Panggung Emas di Puncak Festival Ramadhan
PT Pegadaian memperingati hari ulang tahun PT Pegadaian yang ke-123 dan memeriahkan bulan Ramadhan 1445 H menghadirkan kegiatan Festival Ramadhan....
Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...
Aneka28 Maret 2024 13:55
Pertama di Indonesia, Pj Gubernur Sulsel Inisiasi Gerakan Sedekah Pohon
SULSELSATU.com, BONE – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kembali mencetak sejarah dengan melakukan gerakan sedekah pohon untuk masya...