Logo Sulselsatu

Hadiri Rapat Penyusunan Agenda Pemberantasan Narkoba, Ini Pesan Sekprov Sulsel

Asrul
Asrul

Senin, 24 Juni 2019 17:16

Hadiri Rapat Penyusunan Agenda Pemberantasan Narkoba, Ini Pesan Sekprov Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulsel, Abdul Hayat Gani, menghadiri kegiatan Penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Tahun 2019, di Hotel Denpasar, Senin (24/6/2019).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Sulsel, Kepala Biro Kesejahteraan Setda Sulsel, dan pejabat terkait.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Petakan Daerah Rawan Pangan dan Kelangkaan Bahan Pokok

Dalam sambutannya, Hayat mengimbau agar semua stakeholder memassifkan upaya preventif atau pencegahan.

Selain itu Hayat mengatakan, Indonesia dalam keadaan darurat masalah narkoba. Dan hal yang paling mudah dilakukan di rencana aksi tersebut adalah preventif.

“Upaya-upaya pencegahan, buatlah sosialisasi. Kalau BNN, lakukanlah aksi dengan tes urine dan seterusnya, pastikan lembaga-lembaga bisa menghadirkan semua instrumen penting untuk mengatasi narkoba,” ujarnya.

Baca Juga : Cegah Penyalahgunaan Anggaran, Sekprov Harap Pengawasan Dana Desa Jadi Prioritas

Menurut Abdul Hayat, hal yang terpenting adalah teori belajar sosial. Bagaimana menjadi model dan transfer pengetahuannya dipahami oleh semua lapisan.

Pendekatannya ada empat. Pertama, pemetaan (mapping) masalah sosial. Kedua, adalah mengukur semua secara konkret. Ketiga, pengendalian oleh aparat, dan yang keempat adalah bagaimana melakukan pengawasan.

“Salah satu aksi sederhana yang dapat dilakukan di masyarakat sebagai pencegahan narkoba adalah semua orang tua harus sepakat mencari anaknya di sore atau malam hari, sehingga tidak ada lagi anak jalanan,” terangnya.

Baca Juga : Sekprov Minta Optimalisasi Pengerjaan dan Pembebasan Lahan Bendungan Pamukkulu

“Kenapa anak jalanan, karena ada potensi untuk mencoba-coba ke sana (penggunaan narkoba), jangan nanti sudah ke sana baru kita offside. Sebelum keluar potensi itu menjadi action, kita sudah ada pencegahan,” lanjutnya.

Abdul Hayat berharap, melaui rencana aksi tersebut, sesama stakeholder atau pemangku kepentingan dapat menghasilkan hal konkret yang dapat dilakukan secara bersama.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Awang Darmawan

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi19 Mei 2022 22:10
Perkuat Perlindungan Konsumen, Penawaran Perjanjian Kini Bisa Direkam Suara Atau Video
SULSELSATU.com, JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus memperkuat upaya perlindungan konsumen sektor jasa keuangan melalui penerbitkan Per...
Makassar19 Mei 2022 21:35
Seleksi Paskibraka Digelar Transparan, Tim Pemantau BPIP Apresiasi Dispora Sulsel
SULSELSATU.com- MAKASSAR – Setelah melalui seleksi sangat ketat, dua pelajar asal Sulawesi Selatan akhirnya terpilih menjadi calon Pasukan Pengi...
Politik19 Mei 2022 20:39
Anies Baswedan Menguat Diusulkan NasDem Sulsel Sebagai Capres di Rakernas
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menguat diusulkan DPW NasDem Sulsel sebagai calon presiden tahun 2024 saat r...
Makassar19 Mei 2022 19:46
Konjen Australia Bersama Monash University Temui Wali Kota Danny Bahas Program RISE
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Konsulat Jendral Australia untuk Infrastruktur (KIAT) bersama Monash University menemui Wali Kota Makassar Moh Ramdha...