Logo Sulselsatu

Putri Gusdur Harap NU Tak Minta Jatah Kursi Menteri

Asrul
Asrul

Rabu, 10 Juli 2019 20:14

Yenny Wahid. (INT)
Yenny Wahid. (INT)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Putri Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Yenny Wahid berharap pimpinan Nahdlatul Ulama (NU) tidak meminta jatah kursi di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Saya imbau petinggi NU supaya tidak terjebak retorika seolah-olah kita menuntut kursi kabinet atau sebagainya. Peran yang harus dijalankan NU adalah peran sinergi dengan pemerintah, memberi masukan konstruktif ketika ada kritik,” kata Yenny, seperti dikutip dari CNNIndonesia, Rabu (10/7/2019).

Dia menjelaskan NU harus dapat bekerja sama, dan pada saat yang sama menjaga jarak yang sehat di setiap era pemerintahan.

Baca Juga : Lanjutkan Silaturahim, Kapolri Temui Ketua Umum MUI

Yenny pun mengingatkan Khittah NU, yang salah satunya menyepakati NU tidak terlibat politik praktis.

Sponsored by MGID

Khittah itu merujuk pada Khittah NU tahun 1926 yang kemudian ditegaskan kembali pada Khittah NU tahun 1984.

Yenny tak memungkiri ada harapan dari warga NU agar pemerintah menyerah aspirasi mereka. “Tapi tidak kemudian dengan cara bagi-bagi kursi, menuntut kursi seperti itu,” tutur Direktur Wahid Foundation itu.

Baca Juga : Kompolnas Apresiasi Silaturahim Kapolri dengan Ormas Islam

Wacana jatah kursi menteri untuk NU diutarakan oleh Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) Abdul Kadir Karding, pekan lalu.

Karding mengatakan jatah menteri buat partainya di kabinet Jokowi-Ma’ruf akan berbeda dengan jatah menteri yang diberikan kepada NU.

Karding beralasan PKB dan NU sama-sama bekerja memenangkan Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019.

Baca Juga : Jokowi: Selamat Harlah ke-95 Nahdlatul Ulama

“Saya kira beda [jatah menteri untuk PKB dan NU] ya. Kalau ada jatah-jatah pasti beda, karena NU juga bekerja, PKB sebagai partai juga bekerja. Jadi beda,” kata Karding kepada wartawan di Komplek Parlemen, Jakarta, Jumat (5/7/2019 ).

Editor: Awang Darmawan

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Kesehatan17 September 2021 14:43
PMI Sulsel Siapkan Plasma Konvalesen Gratis untuk Pasien Covid
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Palang Merah Indonesia Sulawesi Selatan (PMI Sulsel) siapkan plasma konvalesen gratis di markas PMI Sulsel, Jalan Lan...
Ekonomi17 September 2021 13:45
Komitmen Pada Isu Lingkungan, PLTU Co-firing Enceng Gondok Raih Penghargaan Internasional
SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT PLN (Persero) berupaya terus menjaga keseimbangan aspek lingkungan hidup dan keekonomian operasional, termasuk di ...
Video16 September 2021 23:06
VIDEO: Emak-emak Ini Tuduh Driver Ojol Curi Emas Ketika Antar Paket COD
SULSELSATU.com – Seorang driver ojek online dituduh curi emas milik seorang ibu-ibu viral di media sosial. Ojol DKI Jakarta dituduh mencuri seju...
Sponsored by MGID
Makassar16 September 2021 21:02
Dewan Pengawas BPJS Kesehatan Temui Wali Kota Danny
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) menerima kunjungan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS)...