Logo Sulselsatu

Pemerintah Pindahkan Ibu Kota Tahun 2024

Asrul
Asrul

Kamis, 01 Agustus 2019 23:46

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro. (Int)
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro. (Int)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan, pemerintah menargetkan pemindahan ibu kota baru akan mulai terlaksana pada tahun 2024. Pemerintah terlebih dahulu membangun pusat pemerintahan untuk tahap awal lalu menyiapkan fasilitas pendukungnya.

Bambang menyampaikan kalau pembangunan pusat-pusat pemerintah akan didahului untuk lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif. Zona inti pusat pemerintah nantinya akan seluar 2.000 hektare.

“Yang terpenting adalah pada 2024 kita memulai proses pemindahan tersebut, karenanya zona intinya pusat pemerintahan dengan luas sekitar 2.000 hektar,” ujar Bambang, seperti dikutip dari VIVA, Kamis (1/8/2019).

Baca Juga : Plt Gubernur Sulsel Usulkan Pembangunan Stadion Mattoanging Program Prioritas Pemprov Sulsel

Setelah pusat pemerintahan rampung, tahap selanjutnya, adalah perluasan kawasan ibu kota. Rencana pada tahap ini diprediksi akan dimulai pada tahun selanjutnya atau 2025. Pembangunan dilakukan untuk perumahan bagi ASN, kompleks diplomatik, fasilitas kesehatan dan pendidikan, dan sarana pendukung bagi masyarakat beraktivitas.

Sponsored by MGID

“Termasuk dari masukan sebelumnya untuk membangun fasilitas markas militer. (Angkatan) darat, laut dan udara di daerah sekitar ibu kota baru,” kata Bambang.

Bambang juga menyebut, konsep ibu kota baru yang digadang-gadang berada di Pulau Kalimantan, setengah dari luas wilayahnya akan diisi ruang terbuka hijau. Sementara untuk kebutuhan energi, pemerintah juga tengah merancang penggunaan energi terbarukan dan memperbanyak opsi untuk transportasi publik.

Baca Juga : Ini Pesan Kepala Bappenas ke Pemprov Sulsel

“Kota ini tidak dalam waktu dekat dan dalam jangka panjang mungkin akan 1,5 juta orang nantinya,” katanya.

Presiden Joko Widodo berjanji bahwa rencana pemindahan ibu kota ke Kalimantan, akan disampaikan secara resmi pada Agustus 2019 mendatang. Sebelumnya telah disampaikan kalau kajian pemindahan ibu kota baru yang dilakukan Bappenas sudah hampir rampung.

“Kan memang, sudah dari dulu saya sampaikan, pindah ke Kalimantan,” kata Jokowi di kawasan wisata The Kaldera Toba Nomadic Escape, Ajibata, Toba Samosir, Sumatera Utara, Selasa 30 Juli 2019.

Baca Juga : Wagub Harap ASN Penerima Beasiswa Bappenas Berperan dalam Tata Kelola Pembangunan

Menurut Jokowi, sambil menunggu kajian selesai masih akan dibahas lebih lanjut, di mana letak persis ibu kota yang baru nantinya. Tapi dapat dipastikan bahwa ibu kota akan dipindah ke Kalimantan.

Mengenai hal ini, Jokowi berjanji akan menyampaikan ini pada bulan depan atau Agustus 2019.

“Nah, Kalimantannya yang Kalimantan mana yang belum. Nanti kita sampaikan Agustus lah,” ujarnya.

Baca Juga : Wagub Harap ASN Penerima Beasiswa Bappenas Berperan dalam Tata Kelola Pembangunan

Jokowi menjelaskan bahwa hingga saat ini, kajian mengenai pemindahan ibu kota itu masih dalam proses penggarapan dan memang belum rampung. Sebab, berbagai kajian mengenai kemungkinan dibangunnya ibu kota baru di wilayah Kalimantan yang nantinya dipilih, memang harus lengkap dan bisa mencakup seluruh aspek.

Editor: Awang Darmawan

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar17 Januari 2022 07:44
Andi Sudirman-Airlangga Saling Puji di HUT MKGR
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menghadiri perayaan 62 tahun Ormas Musyawarah Kekelu...
Politik16 Januari 2022 23:39
Airlangga Optimis Golkar Sulsel Keluar Sebagai Pemenang di 2024
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto optimis partai berlambang pohon beringin ini akan keluar sebagai par...
Otomotif16 Januari 2022 19:10
Selama 3 Tahun Terakhir, Nmax Motor Yamaha Paling Laris
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Nmax menjadi motor Yamaha yang paling banyak dibeli masyarakat di Sulawesi. PT Suracojaya Abadimotor (PT SJAM) menjad...
Sponsored by MGID
Pendidikan16 Januari 2022 18:10
Ikatli Unhas Harapkan Alumni Ada di Setiap Lini Pembangunan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sebagai upaya mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan antar alumni, Ikatan Alumni Teknik Lingkungan (Ikatli) Uni...