Logo Sulselsatu

Prioritaskan Kesehatan Siswa, SDN Percontohan PAM Rutin Gelar Sarapan Bersama

Asrul
Asrul

Rabu, 04 September 2019 15:36

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pentingnya mengutamakan kondisi kesehatan sepertinya benar-benar diilhami oleh Sekolah Dasar (SD) Negeri Percontohan PAM.

Tak ayal, sekolah ini pun tidak hanya menjadi salah satu sekolah yang tak hanya fokus pada pengembangan keilmuan, tapi juga pada kesehatan para peserta didiknya.

Baca Juga : Jaga Kesehatan Ginjal dengan 7 Minuman Berikut Ini

Untuk itu, sekolah ini rutin menggelar kegiatan sarapan bersama setiap hari Rabu. Kepala sekolah, guru-guru, staf hingga siswa berkumpul di lapangan untuk bersantap pagi bersama.

Kepala SD Negeri Percontohan PAM, Burhanuddin Talib menjelaskan, kegiatan rutin ini menjadi salah satu alternatif dalam menggapai tujuan pendidikan yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 di mana tujuan pendidikan itu adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

“Tujuan pendidikan itu yang pertama adalah mengembangkan peserta didik untuk beriman dan bertakwa, kemudian yang kedua itu adalah berakhlak mulia, yang ketiga itu sehat. Nanti setelah itu baru berilmu. Sehingga kalau kita tanya ke orang tua, mereka pasti ingin anaknya sehat dulu karena kalau tidak sehat, pergi sekolah saja susah,” kata Burhanuddin Talib, Rabu (4/9/2019).

Baca Juga : Ternyata Cuaca Berubah-ubah Rentan Rusak Kulit, Ini Kata Dokter Spesialis

“Bagaimana dia mau mandiri, bagaimana dia mau cakap kalau dia sakit?” imbuhnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, melalui kegiatan sarapan bersama ini, banyak nilai-nilai karakter yang ditanamkan kepada peserta didik.

“Sebelum makan anak diajari berdoa dulu. Ada nilai beriman dan bertakwa bagaimana dia mensyukuri rezeki dari Allah. Kemudian nilai karakter yang lain adalah ketika dia berbagi dengan temannya. Mereka juga diajarkan untuk bekerja sama karena mereka makan di halaman sekolah jadi mereka menggelar karpet secara bersama. Ditanamkan juga rasa toleransi karena mereka harus duduk bersama berdampingan,” terangnya.

Baca Juga : Yuk Hidup Sehat! Pahami Jam Kerja Setiap Organ Pada Tubuh

Selama dua tahun pelaksanaan kegiatan ini, ia mengaku mendapat dukungan dan respon positif dari orang tua siswa. Meski begitu, di awal pelaksanaannya, ia melihat masih banyak orang tua siswa yang membekali anaknya dengan makanan instan seperti mie instan.

Berkat kegigihan pihak sekolah yang terus mensosialisasikan maksud dan tujuan dari kegiatan ini, tidak lagi ditemukan makanan yang seperti itu.

“Sekarang sudah bisa dicek tidak ada lagi yang seperti itu. Karena pada prinsipnya keuntungan ini bukan untuk siapa-siapa tapi untuk anak didik itu sendiri,” katanya.

Baca Juga : Memanfaatkan Jeruk Nipis untuk Kecantikan, Ternyata Ini Khasiatnya

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Ekonomi29 Maret 2024 09:12
Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepa...
Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...