Logo Sulselsatu

Yacther Mancanegara Takjub Keindahan dan Keramahan Masyarakat Selayar

Asrul
Asrul

Rabu, 04 September 2019 19:33

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, SELAYAR Sebanyak 34 turis mancanegara dengan menggunakan 17 kapal layar mengeksplorasi keindahan alam Kabupaten Kepulauan Selayar. Para turis mancanegara itu adalah mereka yang tergabung dalam International Yacht Rally bertajuk Wonderful Sail to Indonesia yang digelar oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Dari 20 Kabupaten/kota di Indonesia, Kabupaten Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan menjadi salah satu titik labuh dari peserta Yacht Rally. Mereka menjelajah Selayar selama 4 hari dari tanggal 1 – 4 September 2019. Tidak sedikit dari peserta takjub dengan keindahan alam Selayar, termasuk budaya dan keramahan masyarakatnya.

Sementara kedatangan para peserta Yacther ini disambut secara resmi oleh Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali bersam jajarannya, Forkopimda melalui gala dinner dan open ceremony di Rumah Jabatan Bupati

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Cek Kesiapan Pemilu, Pengendalian Inflasi dan Stunting di Selayar

Selama di Selayar para turis ini telah melakukan kunjungan ke Pantai Punagaan, bersih pantai dan lepas tukik di Kampung Penyu, land tour ke Dusun Sariahan untuk melihat pandai besi dan pembuatan kue tradisional Bipang, melihat wisata budaya di Kampung Tua Bitombang, Gong Nekara di Matallang, Jangkar di Padang, serta menikmati sunset di hutang mangrove Matalalang.

Salah seorang peserta Mr. Stuart dan Anne Letton warga negara Scotland mengaku sangat senang atas penyambutan pemerintah bersama dengan masyarakat Kepulauan Selayar. Menurut Stuart dari banyak negara yang ia datangi, tidak ada penyambutan yang menyamai di Indonesia, khususnya di Kabupaten Kepulauan Selayar. Atas kebaikan Pemerintah dan masyarakat, Stuart memberikan hadiah kepada pemerintah dan masyarakat berupa foto dari peserta, yang diserahkan kepada Sekda Selayar Marjani Sultan.

“Saya berharap foto ini dipasang di dinding, agar ketika anda bekerja dapat melihat peserta sail. Dan kami juga tidak akan pernah melupakan anda,” ucap Stuart dengan menggunakan bahasa Scotland.

Baca Juga : Pengumuman! Bank Sulselbar Buka Payment Point Mal Pelayanan di Kabupaten Kepulauan Selayar

Senada dengan Mr. Carl Black dari America. Ia mengakui akan budaya masyarakat Selayar. Olehnya itu ia betah tinggal di Selayar. “Kalau ada kesempatan kami pasti kembali lagi,” tuturnya.

Sementara Mr. Add yang juga berkebangsaan America mengaku takjub dengan keindahan bahari Selayar.

“Saya telah mengikuti program Wonderful Sail to Indonesia, dan saya telah melakukan perjalanan dari Wakatobi, dan Selayar ini begitu indah dan cantik. Tiga tahun lalu saya melakukan perjalanan laut mulai dari California. Tahun ini saya mulai dari Australia,” ucap Mr. Add dengan menggunakan bahasa America yang ditranslate oleh Guide pendamping

Baca Juga : Syarifuddin Klaim Bandara Aroeppala Selayar Tetap Beroperasi Walau Tak Ada Penerbangan

Tidak kalah mengesankan saat mereka berkunjung ke wisata budaya dengan melihat kearifan lokal pembuatan kerajinan parang dan kue tradisional di Dusun Sariahang Desa Bungaia. Mereka sangat terkesan dan takjub akan budaya kearifan lokal yang masih terjaga sampai sekarang di era modernisasi.

“Indonesia sangat menakjubkan karena indonesia memiliki banyak karya. Biasanya kalau saya ke supermarket hanya membeli makanan jadi, dan beda disini dengan melihat betapa sulitnya proses pembuatan kue tradisional,” terang Ross warga negara New Zealand.

Dikonfirmasi Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali berharap pasca kedatangan para turis mancanegara, mereka mengabarkan hal indah ini ke seluruh yachter dunia, sehingga Selayar juga semakin dikenal dan mendunia.

Baca Juga : Tak Ada Kepastian Penerbangan, Bandara Aroepala Selayar Ditutup

“Terima Kasih kementerian Pariwisata, Kabupaten Kepulauan Selayar diberi kesempatan menjadi salah satu daerah tujuan Wonderful Sail To Indonesia 2019, kesempatan ini merupakan sarana bagi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar untuk memperkenalkan segala potensi daerah, dan tentu saja kami berharap tamu-tamu yang datang ini dapat membantu mempromosikan obyek-obyek wisata yang ada, sehingga Selayar lebih dikenal lagi dan insya Allah semakin banyak orang yang datang di Selayar, Terima Kasih Kementerian Pariwisata” Ucap M. Basli Ali, Bupati Kepulauan Selayar.

Sementara Sekda Selayar Dr. Ir. H. Marjani Sultan, M.Si., berharap agar peserta Yacth Rally dapat terus mengingat pengalaman selama berada di Selayar. “Terima kasih banyak karena telah memilih Selayar sebagai salah satu destinasi kalian. Sekarang saatnya saya mengucapkan selamat tinggal, dan kami mengharapkan kalian datang kembali untuk bertemu lagi di lain kesempatan,” ucap Marjani Sultan.

Kadis Kepariwisataan Selayar Andi Abdurrahman, S.E., M.Si menuturkan kedatangan para Yachter adalah merupakan media promosi bagi Selayar yang sangat strategis. “Tentunya mereka akan memberikan informasi kepada kepada teman-teman di negaranya akan pariwisata kita, dan ini mempunyai nilai jual untuk kemajuan pariwisata di Selayar.

Baca Juga : Diduga Ada Kongkalikong Lelang Proyek Gedung Daur Ulang Sampah di DLH Selayar

Menurut Kadispar pelayanan yang baik bagi para tamu, itu adalah merupakan hal yang mutlak dilakukan. Karena merupakan motivasi bagi para tamu untuk melakukan kunjungan berikutnya. “Saya mengucapkan terima kasih kepada semua masyarakat Selayar, media atas supportnya menyukseskan kegiatan ini,” tutup Kadispar Selayar. (rls)

Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...