iklan Kareba Parlementa

Program Keagamaan Jadi Prioritas Pemkab Gowa Tahun Depan

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, GOWA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa memprioritaskan progam-program keagamaan pada 2020 mendatang.

Hal ini diungkapan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat menghadiri Cabang dan Ranting Muhammadiyah Expo 2019 bertajuk “Membangun Cabang dan Ranting Berkemajuan Berbasis Kemandirian Ekonomi” di SMA Muhammadiyah Limbung, Kamis (28/11/2019).

Menurutnya, dicanangkannya program keagamaan tersebut adalah komitmen dan konsistensi pemerintah daerah terhadap pembinaan mental spiritual dan akhlakul Karimah masyarakat hingga generasi di masa-masa akan datang.

“Jika pada 2019 ini pemerintah fokus pada program infrastruktur melalui sejumlah pembangunan bangunan monumental dan revitalisasi fasilitas umum, maka di tahun mendatang pemerintah akan lebih fokus pada program-program keagamaan,” kata Adnan.

Ia menjelaskan, sebagai langkah awal dalam mendorong gerakan keagamaan ini, Pemkab Gowa merilis secara resmi program 1 Desa/1 Hafidz dengan tujuan membentuk generasi pecinta Alquran. Program yang digagas ini bekerjasama Quantum Akhyar Institut yang dipimpin Ustaz Adi Hidayat.

Sementara, lanjut Adnan, untuk program jangka panjang yang akan dilakukan antara lain pendidikan hafidz bagi guru agama dilingkup sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, program Tahzinul Qur’an bagi seluruh imam desa, kelurahan, dusun dan lingkungan, serta pembentukan rumah-rumah hafidz.

Upaya lainnya yang telah dilakukan Pemkab Gowa yaitu mengganti program senam jumat menjadi program Pencerahan Qalbu Jumat Ibadah yang saat ini telah diterapkan hingga ke tingkat kecamatan. Termasuk pula mengeluarkan surat Edaran Bupati Gowa untuk Shalat Tepat Waktu.

Sementara Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel Prof Ambo Asse mengaku sangat mendukung apa yang dilakukan Pemkab Gowa ini melalui gerakan pembentukan hafiz.

“Muhammadiyah tentunya sangat mendukung dan siap jika dibutuhkan keterlibatannya dalam menyukseskan program 1 desa 1 hafiz ini,” terangnya.

Bentuk dukungan tersebut selain karena program tersebut adalah program pembentukan generasi cinta Alquran juga karena Bapak Bupati Gowa adalah bagian dari kader Muhammadiyah sehingga dalam alirannya terdapat darah Muhammadiyah.

“Kita memang perlu memberikan semangat kepada ummat yang selalu ingin menjaga generasi-generasi agar mencintai Alquran,” tegas Ambo Asse.

Terpisah, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Abu Bakar Paka mengaku sangat menyambut baik apa yang menjadi rencana pemerintah daerah di tahun mendatang.

Menurutnya, program tersebut adalah program yang sangat mulia. Sehingga sangat diharapkan program tersebut dapat berjalan sesuai perencanaannya.

“Rencana Pemkab Gowa ini juga berkaitan dengan khotbah seragam MUI Pusat yang meminta agar seluruh pemerintah daerah di Indonesia menjadikan program keagamaan sebagai upaya pembangunan daerah. Sehingga kita sangat memberikan dukungan penuh atas rencana ini,” ujar Abu Bakar Paka.

Editor: Awang Darmawan

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Sejarah Singkat 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan

SULSELSATU.com - Hari ini, Bangsa Indonesia memperingati 10 November Hari Pahlawan. Namun mungkin banyak yang belum tahu kenapa pada tanggal 10 November di tetapkaN...

Inilah 6 Peran Ayah yang Ideal untuk Keluarga Ayah

 SULSELSATU.com - Ayah adalah bagian yang tak terpisahkan dalam keluarga. Keluarga bukan hanya urusan para Ibu, sementara urusan Ayah adalah mencari nafkah. Pembagian peran...

Dua Wartawan di Jeneponto Diusir Oknum Security Saat Meliput di DPRD

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Rapat Anggaran perubahan R-APBD di ruang komisi III Kantor DPRD Jeneponto, Selasa, (29/9/2020), diwarnai insiden pengusiran terhadap dua jurnalis yang sedang...

Kunci Kemenangan Dua Periode Yeni Rahman, Kini Jadi Pasukan Pemenangan Irman-Zunnun

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Calon Wali Kota Makassar, Irman "None" Yasin Limpo, bersilaturahmi dengan Pemuda Pelopor Rajawali, di Jalan Rajawali Makassar, Rabu, 30 September 2020....

Adnan Temui AIA dan Darmawangsyah di Makassar, Ini yang Dibahas

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Bakal calon Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan bertemu...

Artikel Lainnya

Live Streaming Liga Europa: AC Milan Vs Olympiakos

SULSELSATU.com - AC Milan kedatangan tim asal Yunani, Olympiakos di San...

Pemkab Takalar Bangun Posko Pengungsian Bagi Warga Takalar di Palu

SULSELSATU.com, TAKALAR - Pemerintah Kabupaten Takalar secara khusus akan membuka posko...

Maju di Pilkada Maros, Amirullah Nur Sosialisasi Program ke Pedagang Bakso

SULSELSATU.com, MAROS - Bakal calon bupati Maros Amirullah Nur Saenong (ANS)...

Ayah Kandung Zumi Zola Tutup Usia

SULSELSATU.com, JAKARTA - Mantan Gubernur Jambi yang juga ayahanda Gubernur nonaktif...

Warga BTP Temukan Jenazah Bayi dalam Kardus di Tempat Sampah

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Warga di Jalan Poros BTP Blok AC, Kecamatan...

Terkini

VIDEO: Massa Bakar Kantor Bupati Keerom, Tak Terima Hasil CPNS

  SULSELSATU.com - Sejumlah massa melakukan aksi pengerusakan di Kantor Bupati, Disnaker,...

Susuri Lorong-Lorong, Fatma Kampanye Protokol Kesehatan

  SULSELSATU.com. MAKASSAR - Calon Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi mengampanyekan...

Jalur Kereta Api Makassar-Parepare Bakal Rampung, Berikut 7 Jalur Stasiunnya

  SULSELSATU.com, PANGKEP - Setelah menyelesaikan pembangunan rel kereta api di Kabupaten...

Dewan Kritik Rangkap Jabatan di Lingkup Pemkot Makassar

  SULSELSATU.com, MAKASSAR - Anggota Komisi A DPRD Kota Makassar, Hamzah Hamid...

VIDEO: Viral, Seorang Anak Nelayan di Maros Rela Naik Perahu Untuk Daftar TNI

SULSELSATU.com - Perjuangan seorang anak nelayan di Maros untuk menjadi TNI...