Logo Sulselsatu

Banjir Kepung Ibu Kota, Anies Baswedan: Fokus Evakuasi

Asrul
Asrul

Rabu, 01 Januari 2020 14:55

Banjir Kepung Ibu Kota, Anies Baswedan: Fokus Evakuasi

JAKARTA – Intensitas hujan yang cukup lebat mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah di Jakarta. Bahkan, ketinggian air ada yang mencapai leher orang dewasa.

“Pada fase ini semua fokus pada evakuasi penyelamatan warga. Karena curah hujan tidak dalam kendali kita, tapi penanggulangan ada dalam kendali kita. Sekarang fokus kita ke situ dulu,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jakarta Pusat, seperti dikutip dari Antara, Rabu (1/1/2020).

Pada saat pagi hari dirinya meninjau Cipinang Melayu, Jakarta Timur, masih banyak masyarakat yang terjebak di kediamannya dan membutuhkan evakuasi.

Baca Juga : Jakarta Masuk Jajaran Kota dengan Sistem Transportasi Terbaik di Dunia

“Tadi di Cipinang Melayu, sudah ada 10 lebih perahu karet kita masuk ke kampung- kampung menjemput warga yang masih di dalam. Lebih dari 100 warga masih di dalam rumahnya,” ujar Anies.

Menurut Anies, saat ini banjir tidak hanya melanda wilayah Ibu Kota Jakarta tapi juga wilayah lainnya seperti Depok, Tangerang, Bekasi dan Bogor.

Karena itu pihaknya selain fokus pada evakuasi warga bersiap melakukan pencegahan untuk menerima lonjakan air kiriman dari Depok dan Katulampa.

Baca Juga : VIDEO: Ibu Kota Jakarta Diguncang Gempa

“Kita harus mengantisipasi air yang datang dari pegunungan, tadi jam 09.00 WIB, Depok sudah Siaga II, di Katulampa juga posisi sudah meningkat,” katanya.

Air dari Depok perkiraan sampai jam 3 sore, lalu Katulampa sampai jam 6 sore. Jadi kawasan dekat sungai sudah harus waspada. “Kita harus segera antisipasi meski hujan di Jakarta sudah reda,” kata Anies.

Sejak Selasa (31/12/2019) sore hujan mengguyur Ibu Kota Jakarta secara merata hingga Rabu (1/1/2020) pagi.

Baca Juga : Polisi Tangkap Otak Pencurian Motor, Sebanyak 12 Unit Kendaraan Diamankan

Akibatnya sejumlah akses pemukiman dan jalan terendam oleh banjir mulai dari selutut hingga setinggi dada orang dewasa.

Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama05 Februari 2023 21:41
Pemkot Nilai Penambalan Jalan Hertasning Menggunakan Paving Block oleh Pemprov Tidak Efektif
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ruas Jalan Hertasning-Aroepala rusak parah di beberapa titik, pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menganggap Pemerintah Pro...
Metropolitan05 Februari 2023 19:58
Ketua KONI Parepare Zulham Arief Gerak Cepat Serahkan Bantuan ke Korban Banjir
SULSELSATU.com, PAREPARE – Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Parepare, Zulham Arief (ZA) menyerahkan paket bantuan kepada mas...
Sulsel05 Februari 2023 19:30
Taufan Pawe Minta Pembenahan Infrastruktur Umum Yang Rusak Dilakukan Melalui Swakelola
SULSELSATU.com, Parepare — Sejumlah infrastruktur umum yang ada di Kota Parepare rusak akibat dampak banjir yang terjadi beberapa waktu lalu (1 ...
Sulsel05 Februari 2023 18:55
Erna Rasyid Taufan Pimpin Pramuka Bantu Bersihkan Pemukiman Warga Terdampak Banjir
SULSELSATU.com, Parepare — Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan memimpin pasukan pramuka menyasar pemukiman wa...