Logo Sulselsatu

IPM Makassar Gelar Pemilihan Duta Pelajar Muhammadiyah

Asrul
Asrul

Senin, 20 Januari 2020 14:19

IPM Makassar Gelar Pemilihan Duta Pelajar Muhammadiyah

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pimpinan Daerah (PD) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Kota Makassar menggelar pemilihan Duta Pelajar Muhammadiyah 2020. Acara puncak ajang pemilihan pelajar Muhammadiyah terbaik se-Kota Makassar ini digelar di Baruga Anging Mammiri, Rujab Walikota Makassar, Minggu (19/1/2020) malam.

Ajang ini diikuti oleh 21 finalis dari 13 sekolah Muhammadiyah di Makassar. Dari jumlah finalis itu, terpilih 10 orang finalis yang melaju ke babak grand final.

Di babak final mereka diberikan pertanyaan yang harus dijawab dalam waktu 2 menit. Pertanyaan yang diberikan seputar literasi, ekologi, kebudayaan, hingga bahaya narkoba dan radikalisme.

Baca Juga : Muhammadiyah: Ramadan 1442 Hijriah Jatuh pada 13 April 2021

Hasilnya, pelajar asal SMA Muhammadiyah 2 Makassar Ahmad Dani dan pelajar asal SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar Andi Gevira Az-Zahrah terpilih sebagai Duta Pelajar Muhammadiyah Kota Makassar 2020.

Sponsored by MGID

Selain itu, pelajar SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar lainnya, Muh. Maulana Al-Fathanah terpilih sebagai Duta Pelajar Muhammadiyah terfavorit.

Ketua Umum PD IPM Kota Makassar, Muhammad Ali Mabhan mengatakan, ajang ini bertujuan untuk mencari para pelajar Muhammadiyah yang nantinya akan menjadi role model pelajar Muhammadiyah di Kota Makassar. Mereka nantinya diharapkan mampu turut serta memberikan edukasi serta pemahaman secara praktis kepada para pelajar Muhammadiyah se-Kota Makassar baik dalam bidang literasi, ekologi, kebudayaan, hingga bahaya narkoba dan radikalisme.

Baca Juga : Lanjutkan Silaturahim, Kapolri Temui Ketua Umum MUI

“Di sisi lain, Duta Pelajar Muhammadiyah diharapkan mampu mengangkat eksistensi serta menyampaikan secara tersirat kepada masyarakat bahwa sekolah Muhammadiyah memiliki pendidikan yang juga sangat baik, dilihat dari segi akademik maupun soft skill yang ingin diajarkan kepada sluruh pelajar Muhammadiyah,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Makassar, Andi Hidayat mengapreasiasi kegiatan ini. Menurutnya, ajang ini merupakan wadah pengembangan kreatifitas pelajar yang mesti mendapatkan dukungan dari semua pihak, utamanya dari pihak sekolah.

“Semoga dengan kegiatan ini mampu membawa nilai yang sangat positif untuk seluruh kalangan pelajar,” katanya.

Baca Juga : Kompolnas Apresiasi Silaturahim Kapolri dengan Ormas Islam

Hidayat juga menyampaikan apresiasinya kepada sekolah Muhammadiyah yang dinilainya telah menerapkan program pendidikan karakter sebelum pemerintah menerapkan Kurikulum 2013.

Dirinya juga mengakui bahwa sekolah Muhammadiyah adalah sarana pendidikan yang telah menerapkan k13 (pendidikan berkarakter) sebelum dikeluarkannya kurikulum tersebut.

Malam grand final pemilihan Duta Pelajar Muhammadiyah ini juga turut dihadiri perwakilan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Makassar, Aisyiyah, IPM Sulsel, Pemuda Muhammadiyah Makassar, IMM, KNPI, kepala sekolah, guru, orang tua finalis, dan PC IPM se-Kota Makassar.

Baca Juga : Kompolnas Apresiasi Silaturahim Kapolri dengan Ormas Islam

Penulis: Resti Setiawati
Editor: Awang Darmawan

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Politik22 Oktober 2021 23:49
Aliyah Mustika Diharap Dapat Mendorong Kunjungan Wisatawan ke Selayar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Selayar. Sela...
Adventorial22 Oktober 2021 22:39
Hari Santri Nasional, Erna Rasyid Taufan: Momentum Perkuat Identitas Kota dengan Generasi Qurani
SULSELSATU.com, Parepare — Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan menyampaikan selamat Hari Santri Nasional tahun 2021 yan...
Olahraga22 Oktober 2021 21:14
Bawa Nama Indonesia, Mario Surya Aji Siap Tampilkan Performa Terbaik
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Membawa nama Indonesia, Mario Suryo Aji dalan ajang Grand Prix Moto3 di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Italia...
Sponsored by MGID
Makassar22 Oktober 2021 20:22
Yayasan Hadji Kalla Teken MoU Pembinaan Disabilitas dengan STMIK Handayani
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Yayasan Hadji Kalla bersama STMIK Handayani Makassar melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama (MoU) dalam progr...