Logo Sulselsatu

Langgar FFP, Gelar 2014 Manchester City Terancam Dicabut

Asrul
Asrul

Senin, 17 Februari 2020 09:56

istimewa
istimewa

MANCHESTERManchester City kembali dirundung masalah. Setelah saksi larangan tampil selama dua musim di Liga Champions, gelar juara liga musim 2013/2014 The Cityzens terancam dicabut.

Ini adalah imbas pelanggaran Financial Fair Play (FFP). Konfederasi Sepakbola Eropa (UEFA) menjatuhkan sanski kepada City dengan larangan tampil selama dua musim di Liga Champions dan denda 30 poundsterling karena dianggap memanipulasi dana sponsor.

Baca juga: Manipulasi Dana Sponsor, City Disanksi Larangan Tampil 2 Musim di UCL

Baca Juga : MU dan Liverpool Siap-siap Timang 6 Gelar Juara Manchester City

Pihak Premier League berpeluang melakukan investigasi terhadap kemungkinan pelanggaran FFP yang dilakukan City.

Baca juga: City Disanksi UEFA, Lobi Juventus Datangkan Guardiola Kian Mulus

Daily Mail melansir Premier League berpeluang melakukan investigasi terkait pendapatan dan pengeluaran Man City sepanjang 2012 hingga 2016, rentang waktu yang dinyatakan UEFA bahwa The Citizens memanipulasi laporan pendapatan klub.

Baca Juga : Dibungkam Southampton 2-0, City Terpental dari Piala Liga Inggris

Sepanjang waktu itu, City berhasil merebut satu gelar Liga Inggris pada musim 2011/2012 dan 2013/2014. Namun, pihak Daily Mail meyakini gelar musim 2013/2014 yang direbut City memiliki peluang paling besar untuk dicabut jika dinyatakan bersalah.

Jika Premier League menganggap Man City bersalah karena melanggar peraturan FFP, maka tim yang bermarkas di Stadion Etihad itu terancam sanksi pengurangan poin. Pada musim 2013/2014 Man City menjadi juara Liga Inggris dengan keunggulan dua poin atas Liverpool.

FFP merupakan regulasi yang diterapkan UEFA sejak musim 2011/2012. Pada dasarnya FFP adalah regulasi yang mengharuskan sebuah klub untuk mengimbangi neraca keuangan. Sebuah klub tidak boleh mengalami kerugian 45 juta euro dalam tiga tahun dan punya kemampuan untuk membayar utang.

Baca Juga : Jika Manchester City Juara Liga Champions Musim 2020/2021

Premier League juga menerapkan regulasi FFP dua tahun setelah UEFA menggunakan peraturan itu. Namun, regulasi Premier League lebih longgar dengan membolehkan klub rugi 105 juta poundsterling dalam tiga musim.

Pihak Man City sendiri sedang berusaha menggagalkan keputusan UEFA dengan melakukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga Internasional (CAS).

Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....