Logo Sulselsatu

Alhamdulillah, Selesai Jalani Isolasi, ODP di Labungnge Tak Ada Lagi

Asrul
Asrul

Senin, 30 Maret 2020 18:20

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, BARRU – Pemerintah Kabupaten Barru membuka kembali Dusun Labungnge yang sempat diisolasi selama beberapa hari demi mengantisipasi penyebaran Corona.

Hal ini menyusul setelah tujuh warga di dusun itu yang sempat berinteraksi dengan korban meninggal akibat Corona di Makassar, kondisi kesehatannya dinyatakan sangat baik selama menjalani masa isolasi dan pemantauan atau ODP.

“Hari ini isolasi Labungnge kita buka setelah (ada hasil) pemeriksaan oleh tim kesehatan,” kata Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Barru, Abustan saat melaporkan perkembangan penanganan Corona ke Bupati Barru dan pimpinan Forkopimda di rapat koordinasi, Senin (30/03/2020).

Baca Juga : Jelang Laga Bupati Cup 2023, Ini Daftar Club yang Resmi Terdaftar

Sebelumnya Dusun Labungnge diisolasi oleh Pemkab Barru setelah ada tujuh warga yang bermukim di wilayah ini pernah berinteraksi dengan salah satu korban meninggal akibat Corona di Makassar. Warga tersebut sempat dimasukkan dalam Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Demi menghindari dan mengantisipasi penyebaran, Pemkab menempuh kebijakan dengan melakukan isolasi atau karantina mandiri bagi semua warga di dusun tersebut. Termasuk para pekerja PLTU yang di wilayah ini.

Akses keluar-masuk pun juga ditutup. Begitu pun selama masa isolasi, Pemkab menanggung kebutuhan sehari-hari warga. Seperti menyalurkan bantuan paket sembako ke masing-masing kepala rumah tangga.

Baca Juga : Tehnical Meeting Bupati Cup 2023 Digelar, Ini Pesan Kadispora Barru

Selama masa isolasi, Pemkab telah melalukan pemeriksaan kesehatan atau screening kepada semua warga, terutama kepada 7 warga yang masuk ODP. Termasuk melakukan penyemprotan disinfektan di rumah 7 warga tersebut.

Dengan dibukanya kembali Dusun Labungnge, maka status beberapa warga yang sempat menjalani pemantauan, kini tidak dimasukkan lagi dalam ODP. Meski demikian, mereka tetap diminta menghindari beraktivitas di luar rumah dulu.

Selain membuka Dusun Labungnge, di rapat yang dipimpin Bupati Barru Suardi Saleh, dihadiri Ketua DPRD Lukman T, Wakil Bupati Barru Nasruddin AM, Plh Sekda Abustan, Kapolres Barru Willy Abdillah, Dandim 1405 Mallusetasi Ali Syahputra Siregar, Perwakilan UPP Pelabuhan Garongkong, dan sejumlah Kepala SKPD, juga membahas beberapa langkah lainnya dalam penanganan Corona.

Baca Juga : Dilalap Si Jago Merah, Aliansi Jurnalis Barru Bantu Kerabat Sesama Wartawan

Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...