Seto Minta Kades se-Kabupaten Sinjai Bentuk Relawan Cegah Corona

Bupati Sinjai Andi Seto Asapa. (ist)

SULSELSATU.com, SINJAI – Bupati Sinjai Andi Seto Asapa menginstruksikan kepada camat dan kepala desa untuk membentuk relawan penanganan virus corona.

Seto mengatakan, pembentukan relawan ini penting mengingat wabah virus corona di Indonesia semakin meningkat.

Adapun struktur relawan diketuai kepala desa, wakil ketua relawan dari ketua BPBD. Sementara anggota terdiri dari perangkat desa, anggota BPD, ketua RT-RW, pendamping lokal desa, pendamping PKH, kader kesehatan, tenaga kesehatan desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, karang taruna, PKK desa, serta Babinsa dan Bhabinkamtibas.

“Tugas relawan desa lawan Covid-19 ini nantinya akan melakukan pencegahan melakukan edukasi melalui sosialisasi yang tepat dengan menjelaskan perihal informasi terkait dengan Covid-19, baik gejala, cara penularan, maupun langkah-langkah pencegahannya kepada masyarakat,” kata Seto.

Tugas lain relawan adalah mendata penduduk rentan sakit, seperti orang tua, balita, serta orang memiliki penyakit menahun, penyakit tetap dan penyakit kronis Iainnya.

“Melakukan penyemprotan disinfektan dan menyediakan cairan pembersih tangan di tempat umum seperti balai desa,” pungkasnya.

Penulis: Andi Irfan Arjuna
Editor: Hendra Wijaya