iklan Kareba Parlementa

Akibat Corona, Pasar-Warung hingga Hotel Kini Aktivitasnya Dibatasi di Barru

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, BARRU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru mengeluarkan surat edaran berupa pembatasan jam operasional pasar tradisional, warung makan, warkop/cafe, swalayan/toko, serta salon atau tempat cukur.

Surat edaran yang ditandatangani Bupati Barru Suardi Saleh tertanggal 2 April 2020, pembatasan operasional ini semata-mata dilakukan untuk mencegah dan mengurangi penyebaran corona virus.

Iklan Humas SulSel

Untuk aktivitas jual-beli di pasar tradisional, jam operasionalnya dari Sabtu hingga Kamis, hanya sampai siang hari. Mulai Pukul 06.00 hingga Pukul 13.00 Wita. Sedangkan di hari Jumat, dari pukul 06.00-11.00 Wita.

Jam operasional swalayan dan toko, untuk sementara waktu hanya boleh buka dari Pukul 09.00 Wita hingga Pukul 17.00 Wita. Khusus warung makan, warkop/cafe, tak boleh lagi melakukan aktivitas selama 24 jam atau sampai tengah malam.

Iklan Anir - Lutfi

Untuk jenis usaha ini, operasionalnya dari Pukul 07.00 sampai Pukul 21.00 Wita. Begitu pun tempat cukur dan salon, waktunya dari Pukul 07.00 hingga Pukul 16.00 Wita.

Bukan hanya itu, Bupati Barru dalam surat edarannya juga mengatur mengenai pembatasan aktivitas untuk beberapa jenis usaha yang lain. Seperti tempat wisata dan olahraga, agar tidak melalukan kegiatan usaha sampai batas yang belum ditentukan.

“Untuk jenis usaha hotel agar menunda penyelenggaraan event, atau kegiatan yang mengumpulkan massa relatif banyak, dan mekakukan pendataan asal-usul tamu yang akan menginap, serta melakukan penolakan tamu yang berasal dari transmisi lokal/zona merah,” imbau Suardi Saleh dalam surat edarannya.

Selain itu, baik warung makan, warkop atau cafe diminta untuk memberlakukan 1 meja 1 pengunjung, atau mengatur jarak minimal 1,5 meter antar pengunjung. Dan disarankan, mengedepankan pelayanan penyediaan makan/minum dalam bentuk online atau dibawa pulang.

Di surat edaran tersebut, pengusaha swalayan dan pedagang grosir, maupun pelayan rumah makan dan warkop, diingatkan untuk selalu menjaga jarak dan menghindari terjadinya antrian pengunjung atau pembeli. Termasuk selalu memperhatikan kebersihan tempat.

Tak kalah penting, para pemilik usaha dihimbau untuk selalu melakukan pembersihan pada lingkungan, atau di tempat usahanya dengan menggunakan pembasmi kuman (disinfektan), serta menyiapkan hand sanitizer di tempat masuk, maupun tempat cuci tangan menggunakan sabun. Begitu juga menyosialisasikan ke para karyawannya menghindari penyebaran corona.

Pemkab Barru berjanji akan memberikan sanksi dan pembinaan sesuai ketentuan yang berlaku jika ada pelaku usaha yang melanggar dari surat edaran tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemkab Barru juga akan menghapuskan selama tiga bulan kedepan untuk retribusi jasa umum. Termasuk pajak hotel dan restoran. Hal itu dimaksudkan untuk meringankan beban warga dan pelaku usaha.

Penulis: Asriadi Rijal
Editor: Asrul

Iklan PDAM
...

Populer

Debat Publik Hanya Dihadiri 1 Calon, Aktivis: KPU Barru Harusnya Malu

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barru baru saja melangsungkan Debat Publik seri kedua di Hotel Sheraton, Jalan Landak Baru, Kota Makassar,...

Artikel Lainnya

Fadli Ananda Sampaikan Rasa Prihatin ke Warga Korban Banjir di Masamba

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Duka Covid yang tak kunjung usai, nyatanya menjadi...

KNPI Sulsel Versi Arham Basmin Bakal Hadirkan Akbar Tanjung di Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Sulawesi...

Pekan Depan Dilan Kukuhkan Tim Pemenangan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pasangan bakal calon walikota dan wakil Wali Kota...

Pebulutangkis Tontowi Yahya Umumkan Pensiun

SULSELSATU.com - Pemain bulutangkis Tontowi Ahmad memutuskan untuk pensiun dari olahraga...

Disdik Sulsel Perpanjang Libur Siswa Hingga 24 April

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) melalui Dinas...

Terkini

Pemkab Gowa Gelar Bimtek Pengelola LAPOR Kecamatan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Dalam rangka mensosialisasikan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik...

Appi-Rahman Unggul di Debat Kedua Pilwali Makassar, Ekonom Senior Hingga Sosiolog Sebut Programnya Solutif

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Sejumlah akademisi dan praktisi terang-terangan menyebut, Munafri Arifuddin-Abd...

Polres Jeneponto Masih Dalami Penyebab Kematian Bobi

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Bobi Karaeng Raja (48) ditemukan dalam keadaan meninggal...

Andika Eks Kangen Band Ajak Milenial Makassar Tidak Golput

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Event milenial Rabu Kotak-Kotak yang rutin digelar paslon...

Kreatif, Appi dan Rahman Main Film Juga, Viral di Medsos

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kreatifitas Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali...