Logo Sulselsatu

Sekprov Ikuti Vicon bersama Kemendagri Bahas Urgensi Pelaksanaan SPM Kesehatan Tuberkulosis

Asrul
Asrul

Rabu, 20 Mei 2020 12:45

istimewa
istimewa
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sekretaris Daerah Sulsel, Abdul Hayat Gani, mengikuti Video Conference Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia tentang urgensi pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kesehatan Tuberkulosis di masa pandemi Covid-19, di Baruga Lounge Kantor Gubernur, Selasa (19/5/2020).
Vidcon ini dibuka langsung Ketua Umum PP Adinkes, Dr M Subuh. Ia menyampaikan hal yang mendasari diadakannya rapat urgensi pelaksanaan SPM kesehatan tuberculosis di masa pandemi ini.
“Kegiatan ini didasari atas komitmen dari pemerintah terutama presiden beserta seluruh jajarannya dalam melakukan eleminasi tuberculosis, menuju Indonesia Bebas TB 2030, yang tentunya melalui respon multisektoral, tidak hanya pada sektor kesehatan, tapi juga pemerintah di pusat maupun di setiap provinsi dan kabupaten,” ujarnya.
Pada kesempatan yang sama, dr. Achmad Yurianto selaku Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan memberikan paparannya tentang Strategi dan Protokol Pencegahan dan Pengendalilan TBC di masa pandemi.
Dengan deskripsi konten meliputi Peta Jalan Eliminasi 2030, Rencana Strategis Nasional untuk Tuberkulosis 2020-2024, dampak Covid-19 pada capaian Program 2020, Protokol pelayanan TBC, bagaimana sumber daya pemerintah daerah untuk mendukung penggunaan tes cepat molekuler untuk meningkatkan pelayanan TBC dan Covid-19 serta perlunya kepemimpinan dan komitmen kepala daerah untuk melindungi masyarakat terdampak TBC di masa pandemi.
Abdul Hayat pada kegiatan ini mewakili Pemerintah Provinsi Sulsel menyatakan dukungannya dan akan berperan serta dalam penanggulangan TB.
“Pemerintah Provinsi Sulsel akan turut berperan dalam penanggulangan tuberculosis, karena hal ini membutuhkan penanganan secara bersama-sama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dari lintas sectoral. Serta akan melakukan upaya melindungi masyarakat terdampak TBC di masa pandemi sebagai bentuk dukungan terhadap komitmen pemerintah menuju indonesi bebas TB 2030,” tuturnya.
Kegiatan ini juga diikuti Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi beserta Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten/Kota se-Indonesia.
Penulis: Jahir Majid
Editor: Kink Kusuma Rein

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...