Logo Sulselsatu

Bayar Zakat di Kantor Baznas Sinjai, Ini Harapan Bupati Seto

Asrul
Asrul

Rabu, 20 Mei 2020 11:45

istimewa
istimewa
SULSELSATU.com, SINJAI – Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa memberikan contoh baik membayar Zakat Fitrah, Infaq, Sedekah dan Zakat Mal melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sinjai, Selasa malam (19/5/2020).

Kunjungan Bupati Sinjai didampingi Ketua TP PKK Sinjai Andi Nurhilda Daramata Seto, serta turut hadir Kepala Dinas Infokom Sinjai, Irwan Suaib.

Ketua Baznas Sinjai, Ahmad Muzakkir mengatakan bahwa pembayaran zakat yang dilakukan oleh Bupati Sinjai diharapkan dapat menjadi motor penggerak bagi instansi lain maupun masyarakat pada umumnya untuk menyalurkan zakatnya melalui Baznas Sinjai.

Baca Juga : Andi Seto Dapat Dukungan Lembaga Adat Kerajaan Tallo Maju Pilwali Makassar

“Kehadiran bapak bupati yang membayarkan langsung zakat fitrahnya bisa menjadi penggerak bagi instansi lain untuk bergabung dan menyumbangkan ataupun menyerahkan zakat fitrahnya, terutama di bulan suci Ramadhan ini untuk disalurkan kepada yang berhak,” ujarnya.

Ahmad Muzakkir menjelaskan, penyerahan zakat fitrah ini tidak terfokus pada kantor Baznas saja, tetapi terdistribusikan hingga ke tingkat dusun. Besaran zakat fitrah yang ditentukan dalam agama, khusus untuk beras sebanyak 3,5 liter atau 2,5 kilogram perjiwa. Sehingga kalau dikonversikan dengan uang nilainya Rp28.000.

“Alhamdulillah per dusun rata-rata 10 sampai 10 juta. Khusus untuk di kantor Baznas sudah ada beberapa instansi yang menyerahkan langsung, yang masuk sudah mencapai Rp20 juta,” sebutnya.

Baca Juga : Pemkab Sinjai Gratiskan Rapid Test untuk Warganya

“Tetapi, ini harus menjadi catatan bahwa sebenarnya yang dipakai untuk berzakat itu apa yang kita konsumsi. Jadi misalnya kita mengkonsumsi beras kepala maka itu pula yang akan menjadi patokannya untuk kita berzakat,” sambungnya.

Ahmad Muzakkir menambahkan, kewajiban dalam membayar zakat itu sampai akhir Ramadha. Tetapi pihaknya berharap sehari sebelum lebaran sudah tuntas. Karena akan didistribusikan kepada Mustahik terutama kepada orang-orang pada akhir-akhir Ramadhan belum mampu untuk membeli kebutuhan pangan,” katanya.

Sementara itu, Andi Seto berharap Baznas Sinjai menjadi tempat penyaluran zakat, baik ASN maupun masyarakat umum lainnya di Kabupaten Sinjai. Melalui penyaluran zakat fitrah, zakat mal dan infaq di Baznas juga diharapkan bahwa di hari kemenangan nanti atau lebaran Idul Fitri, tidak ada masyarakat Sinjai yang tidak memiliki pangan, apalagi di tengah pandemi Covid-19 secara ekonomi banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan penghasilan.

Baca Juga : Bupati Seto Lantik 84 Pejabat Lingkup Pemkab Sinjai

“Mudah-mudahan penyalurannya ke depan terarah dan tepat sasaran, dan betul-betul diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” kata dia.

Penulis: Andi Irfan Arjuna
Editor: Kink Kusuma Rein

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News05 Mei 2024 16:31
PMI Turunkan Bantuan Hingga Relawan Bantu Evakuasi Warga Korban Banjir dan Longsor di Sulsel
Bencana banjir dan tanah longsor menimpa beberapa daerah di Sulsel, yakni Kabupaten Luwu, Sidrap, Wajo dan Enrekang...
Politik05 Mei 2024 15:56
Bidik Pilkada Mimika, Johannes Rettob Optimisi Raih Rekomendasi PDIP dan PKB
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Bakal calon Bupati Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Johannes Rettob hadir pada pembekalan calon kepala daerah...
Makassar05 Mei 2024 15:40
Dispora Makassar Gelar Eco Lorong Fest, Indira Harap Pemuda Kampanye Kesadaran Lingkungan
Kegiatan Eco Lorong Fest yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar di Kelurahan Maccini Sombala Kecamatan Tamalate mendapat ap...
Politik05 Mei 2024 14:42
Andi Rio Padjalangi Berharap Rekomendasi PKB di Pilkada Bone
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Bakal calon Bupati Bone Andi Rio Idris Padjalangi membuktikan keseriusannya untuk diusung oleh PKB pada Pilkada Bone ...