iklan Kareba Parlementa

Anwar Abbas Bantah Keterlibatan Muhammadiyah dalam Diskusi Pemakzulan Presiden

Iklan Humas SulSel

JAKARTA – Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas mengklarifikasi bahwa organisasinya tidak terlibat dalam penyelenggaraan webinar nasional tentang pemakzulan presiden di era pandemi Covid-19.

Menurutnya, nama Muhammadiyah dalam webinar nasional tersebut hanya pencatutan. Tindakan tersebut justru bisa merusak nama baik Muhammadiyah.

“Yang jadi masalah mungkin bukan seminar dan diskusinya ya, tetapi terpakai nama Muhammadiyah. Itu kan masalah sensitif, pakai nama Muhammadiyah tanpa sepengetahuan PP Muhammadiyah,” kata Anwar dikutip dari CNNIndonesia, Senin (1/6/2020).

Anwar menuturkan tidak keberatan jika ada orang atau pihak yang bicara dan diskusi tentang kebebasan berpendapat dan konstitusionalitas pemakzulan presiden di era pandemi Covid-19. Sebab, dia menilai Indonesia memiliki kebebasan berbicara sebagaimana dijamin dan dilindungi oleh undang-undang.

Akan tetapi, dia mengingatkan penyematan nama Muhammadiyah dalam diskusi itu harus melalui izin dari organisasi. Anwar mengatakan hal itu harus dilakukan mengingat topik diskusi itu menyangkut hal yang sangat sensitif.

“Dan oleh pihak penguasa dan atau para pendukung rezim tentu bisa diartikan bermacam-macam. Sehingga hal demikian bisa merusak nama baik dan mempersulit posisi Muhammadiyah dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya dengan baik,” ujar Anwar.

Anwar mengatakan pihaknya sama sekali belum menerima permohonan konsultasi atau informasi dari penyelenggara acara tersebut bahwa akan menyematkan Muhammadiyah. Dia baru mengetahui dari tautan sejumlah pihak lewat pesan aplikasi Whatsapp.

“Belum ada dan tidak ada konsultasi. Banyak warga Muhammadiyah yang bertanya kepada saya sehingga saya mengeluarkan pernyataan itu,” ujar Anwar.

Lebih dari itu, Anwar mengingatkan Muhammdiyah menjalin hubungan dengan semua pihak. Dia menegaskan Muhammadiyah bukan lembaga atau gerakan politik.

“Untuk itu saya sangat menyesalkan dan mengimbau para pihak kalau akan menyelenggarakan acara yang akan menyeret-nyeret nama Muhammadiyah ke ranah politik semestinya sebelum melaksanakan, hendaknya bertanya dan berkonsultasi dulu dengan pimpinan pusat dan atau pimpinan wilayah Muhammadiyah setempat,” kataya.

Sebelumnya, Masyarakat Hukum Tata Negara Muhammadiyah (MAHUTAMA) dan Kolegium Jurist Institute menyelenggarakan webinar nasional dengan tema ‘Menyoal Kebebasan Berpendapat dan Konstitusionalitas Pemakzulan Presiden di Era Pandemi Covid-19. Acara itu diikuti sejumlah pembicara, yakni Ketua Dewan Pertimbangan MUI PUsat Din Syamsuddin, Ketum MAHUTAMA Aidul Fitriciada, Direktur Eksekutif KJI Ahmad Redi, dan guru besar FH Unpad Susi Harijanti.

Kemudian, acara juga diikuti mantan Wamenkumham Denny Indrayanan, pengamat politik Refli Harun, pengamat hukum Bivitri Susanti, hingga pakar Pancasila Suteki.

Dalam acara itu, Din menyatakan pemakzulan pemimpin bisa dilakukan jika memenuhi syarat seperti dalam pemikiran tokoh pemikir politik Islam, Al Mawardi. Adapun tiga syarat itu adalah ketiadaan keadilan, ketiadaan ilmu pengetahuan, dan ketiadaan kemampuan atau kewibawaan pemimpin dalam situasi kritis.

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah ini mengatakan pemakzulan pemimpin sangat mungkin dilakukan apabila terjadi kepemimpinan represif hingga cenderung diktator. Din menyebut pemerintah Indonesia belakangan ini tak berbeda jauh dengan kondisi tersebut.

Editor: Hendra Wijaya

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

VIDEO: Pemotor Trail Lakukan Pelecehan, Sentuh Area Sensitif Wanita Berkemben di Sungai

SULSELSATU.com - Seorang pengendara motor trail tega melakukan pelecehan terhadap seorang wanita di sebuah sungai. Dalam video terlihat wanita seksi berkemben atau memakai kain jarik. Kejadian...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Asosiasi Pedagang Karisa Datangi Kantor DPRD Jeneponto, Ini Harapannya

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Sejumlah pengurus Asosiasi Pedagang Karisa mendatangi Kantor DPRD Jeneponto, Senin (28/9/2020). Mereka datang membawa sejumlah aspirasi para pedagang yang kiosnya terbakar...

Sejarah Singkat 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan

SULSELSATU.com - Hari ini, Bangsa Indonesia memperingati 10 November Hari Pahlawan. Namun mungkin banyak yang belum tahu kenapa pada tanggal 10 November di tetapkaN...

Jalan Terjal Calon Bupati Petahana Majene Hadapi Tes Kesehatan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melaksanakan beberapa rangkaian tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020. Saat ini, jajaran KPU sedang...

Salat Ied di Masjid Saat Corona, Muhammadiyah: Hindari Kebinasaan

JAKARTA - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah akhirnya menerbitkan Surat Edaran soal...

Artikel Lainnya

Cerai dengan Gisel, Roy Marten Sarankan Gading Cari Pendamping Bukan Kalangan Artis

SULSELSATU.com, JAKARTA - Roy Marten menyarankan Gading Marten untuk memilih pasangan...

DPRD Sulsel Sepakati Anggaran Rp100 Miliar Perbaikan Stadion Mattoanging

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Usulan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) untuk renovasi...

Live Streaming Liga Champions: PSG Vs MU

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Manchester United akan bertandang ke Parc des Princes...

Sebar Video Viral Bocah Diberi Miras, Warga Jeneponto Diringkus Polisi

SULSELSATU.com, JENEPONTO  - Seorang warga Jeneponto berinisial M diamankan polisi karena...

Lumpuh 24 Jam Lebih, Jalan Penghubung Antar Daerah di Maros Berangsur Lancar

SULSELSATU.com, MAROS - Banjir yang melanda Kabupaten Maros berangsur surut. Akses...

Terkini

Danny Pomanto Silaturahmi dengan Pengurus Yayasan Klenteng Xian Ma

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Calon Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersilaturahmi...

Dorong Lapangan Kerja Baru, Anir-Lutfi Bakal Bangun Kawasan Industri Pangkep

SULSELSATU.com, PANGKEP - Program pembangunan Kawasan Industri Pangkep (KIPA) oleh pasangan...

Eks Pasangan Ical Arahkan Relawan Santri Menangkan Danny-Fatma

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Eks pasangan Munafri Arifuddin di Pilkada 2018, Andi...

Dukung Protokol Kesehatan, Pj Walikota Apresiasi Peluncuran Virtual GDC Grab Indonesia

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Penjabat (Pj) Wali Kota, Makassar, Rudy Djamaluddin menghadiri...

Pemkot-DPRD Parepare Komitmen Batasi Jumlah Pengunjung Cafe

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe bersama 24...