Logo Sulselsatu

MCCC Makassar Ajak Masyarakat Dukung Perjuangan Tenaga Kesehatan Melawan Covid-19

Asrul
Asrul

Kamis, 18 Juni 2020 10:30

MCCC Makassar Ajak Masyarakat Dukung Perjuangan Tenaga Kesehatan Melawan Covid-19

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Kota Makassar, Andi Amal A Makmur, mengajak warga agar terus mendukung perjuangan tenaga kesehatan sebagai garda terakhir dalam perang melawan Covid-19.

Hal itu ia sampaikan dalam Diskusi Virtual MCCC Makassar yang mengangkat tema “Tenaga Kesehatan Menjawab; Betulkah Pandemi Jadi Lahan Bisnis,?”, Rabu (17/6/2020) malam via aplikasi Zoom Meeting.

“Dukungan paling berarti yang bisa kita berikan adalah dengan tidak mudah termakan hoaks tentang tenaga kesehatan. Mari kita berikan kepercayaan kepada para tenaga kesehatan sebagai garda terakhir melawan Covid-19,” katanya.

Baca Juga : Muhammadiyah: Ramadan 1442 Hijriah Jatuh pada 13 April 2021

Selain itu, dukungan juga dapat diberikan masyarakat dengan menggalang bantuan alat pelindung diri (APD) kepada para tenaga kesehatan, utamanya yang berada di fasilitas kesehatan terdepan seperti Puskesmas. Sebab, kata dr. Amal, ketersediaan alat pelindung diri masih terbatas.

Sponsored by MGID

“Tetap menjaga diri agar tidak tertular virus corona juga merupakan dukungan konkret yang bisa kita berikan kepada tenaga kesehatan. Caranya dengan selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan,” jelas dia.

Kepala RS Bhayangkara Makassar, Farid Amansyah, FINASIM yang hadir sebagai pembicara dengan tegas membantah jika tenaga kesehatan menjadikan pandemi Covid-19 sebagai lahan bisnis.

Baca Juga : Lanjutkan Silaturahim, Kapolri Temui Ketua Umum MUI

“Tidak ada tenaga kesehatan yang mau menggadaikan nyawanya untuk mendapatkan keuntungan finansial dari pandemi ini,” ujarnya.

Menurut dia, langkah pihak rumah sakit yang kerap menerapkan protokol Covid-19 saat menghadapi pasien diperlukan untuk melindungi tenaga medis dari tertular virus corona. Protokol Covid-19 akan diterapkan selama pasien belum terbukti Covid.

“Sudah ratusan tenaga medis dan dokter yang positif dan meninggal dunia. Tentu kita tidak mau ini terus bertambah, makanya protokol ketat diterapkan di rumah sakit,” kata dia.

Baca Juga : Kompolnas Apresiasi Silaturahim Kapolri dengan Ormas Islam

Sementara itu, Ketua Satgas Covid-19 IDI Makassar, Muhammad Sakti, menilai ketidakpercayaan masyarakat terhadap tenaga kesehatan sedikit banyak dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah. Menurut dia, pemerintah seharusnya tegas dan tidak terkesan plin-plan dalam mengambil kebijakan.

“Ini salah satu penyebab masyarakat tidak percaya dengan pemerintah dan tenaga kesehatan. Di samping tentu hoaks yang banyak beredar,” katanya.

Sakti juga mendesak pemerintah untuk tidak hanya berupaya menurunkan angka kasus Covid-19. Ia juga meminta agar pemerintah juga berupaya agar menurunkan angka pasien Covid-19.

Baca Juga : Kompolnas Apresiasi Silaturahim Kapolri dengan Ormas Islam

“Kepada kolega kami sesama tenaga medis, tak perlu terlalu reaktif. Sebab, makin kita ladeni, makin bertambah serangan terhadap nakes. Kita buktikan saja dengan apa yang kita lakukan. Jika masyarakat merasa ada penyimpangan, kita kawal sama-sama. Laporkan ke KPK, Ombudsman, polisi jika ada penyimpangan,” tutupnya.

Editor: Asrul

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Politik22 Oktober 2021 23:49
Aliyah Mustika Diharap Dapat Mendorong Kunjungan Wisatawan ke Selayar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Selayar. Sela...
Adventorial22 Oktober 2021 22:39
Hari Santri Nasional, Erna Rasyid Taufan: Momentum Perkuat Identitas Kota dengan Generasi Qurani
SULSELSATU.com, Parepare — Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan menyampaikan selamat Hari Santri Nasional tahun 2021 yan...
Olahraga22 Oktober 2021 21:14
Bawa Nama Indonesia, Mario Surya Aji Siap Tampilkan Performa Terbaik
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Membawa nama Indonesia, Mario Suryo Aji dalan ajang Grand Prix Moto3 di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Italia...
Sponsored by MGID
Makassar22 Oktober 2021 20:22
Yayasan Hadji Kalla Teken MoU Pembinaan Disabilitas dengan STMIK Handayani
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Yayasan Hadji Kalla bersama STMIK Handayani Makassar melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama (MoU) dalam progr...