iklan Kareba Parlementa

MCCC Makassar Ajak Masyarakat Dukung Perjuangan Tenaga Kesehatan Melawan Covid-19

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Kota Makassar, Andi Amal A Makmur, mengajak warga agar terus mendukung perjuangan tenaga kesehatan sebagai garda terakhir dalam perang melawan Covid-19.

Hal itu ia sampaikan dalam Diskusi Virtual MCCC Makassar yang mengangkat tema “Tenaga Kesehatan Menjawab; Betulkah Pandemi Jadi Lahan Bisnis,?”, Rabu (17/6/2020) malam via aplikasi Zoom Meeting.

“Dukungan paling berarti yang bisa kita berikan adalah dengan tidak mudah termakan hoaks tentang tenaga kesehatan. Mari kita berikan kepercayaan kepada para tenaga kesehatan sebagai garda terakhir melawan Covid-19,” katanya.

Selain itu, dukungan juga dapat diberikan masyarakat dengan menggalang bantuan alat pelindung diri (APD) kepada para tenaga kesehatan, utamanya yang berada di fasilitas kesehatan terdepan seperti Puskesmas. Sebab, kata dr. Amal, ketersediaan alat pelindung diri masih terbatas.

“Tetap menjaga diri agar tidak tertular virus corona juga merupakan dukungan konkret yang bisa kita berikan kepada tenaga kesehatan. Caranya dengan selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan,” jelas dia.

Kepala RS Bhayangkara Makassar, Farid Amansyah, FINASIM yang hadir sebagai pembicara dengan tegas membantah jika tenaga kesehatan menjadikan pandemi Covid-19 sebagai lahan bisnis.

“Tidak ada tenaga kesehatan yang mau menggadaikan nyawanya untuk mendapatkan keuntungan finansial dari pandemi ini,” ujarnya.

Menurut dia, langkah pihak rumah sakit yang kerap menerapkan protokol Covid-19 saat menghadapi pasien diperlukan untuk melindungi tenaga medis dari tertular virus corona. Protokol Covid-19 akan diterapkan selama pasien belum terbukti Covid.

“Sudah ratusan tenaga medis dan dokter yang positif dan meninggal dunia. Tentu kita tidak mau ini terus bertambah, makanya protokol ketat diterapkan di rumah sakit,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Satgas Covid-19 IDI Makassar, Muhammad Sakti, menilai ketidakpercayaan masyarakat terhadap tenaga kesehatan sedikit banyak dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah. Menurut dia, pemerintah seharusnya tegas dan tidak terkesan plin-plan dalam mengambil kebijakan.

“Ini salah satu penyebab masyarakat tidak percaya dengan pemerintah dan tenaga kesehatan. Di samping tentu hoaks yang banyak beredar,” katanya.

Sakti juga mendesak pemerintah untuk tidak hanya berupaya menurunkan angka kasus Covid-19. Ia juga meminta agar pemerintah juga berupaya agar menurunkan angka pasien Covid-19.

“Kepada kolega kami sesama tenaga medis, tak perlu terlalu reaktif. Sebab, makin kita ladeni, makin bertambah serangan terhadap nakes. Kita buktikan saja dengan apa yang kita lakukan. Jika masyarakat merasa ada penyimpangan, kita kawal sama-sama. Laporkan ke KPK, Ombudsman, polisi jika ada penyimpangan,” tutupnya.

Editor: Asrul

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Sejarah Singkat 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan

SULSELSATU.com - Hari ini, Bangsa Indonesia memperingati 10 November Hari Pahlawan. Namun mungkin banyak yang belum tahu kenapa pada tanggal 10 November di tetapkaN...

Inilah 6 Peran Ayah yang Ideal untuk Keluarga Ayah

 SULSELSATU.com - Ayah adalah bagian yang tak terpisahkan dalam keluarga. Keluarga bukan hanya urusan para Ibu, sementara urusan Ayah adalah mencari nafkah. Pembagian peran...

Dua Wartawan di Jeneponto Diusir Oknum Security Saat Meliput di DPRD

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Rapat Anggaran perubahan R-APBD di ruang komisi III Kantor DPRD Jeneponto, Selasa, (29/9/2020), diwarnai insiden pengusiran terhadap dua jurnalis yang sedang...

Kunci Kemenangan Dua Periode Yeni Rahman, Kini Jadi Pasukan Pemenangan Irman-Zunnun

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Calon Wali Kota Makassar, Irman "None" Yasin Limpo, bersilaturahmi dengan Pemuda Pelopor Rajawali, di Jalan Rajawali Makassar, Rabu, 30 September 2020....

MCCC Makassar Ajak Jemaah Masjid Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Kota Makassar mengajak...

Artikel Lainnya

Pemprov Sulsel dan Telkomsel Launching Kartu Merdeka Belajar Jarak Jauh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah, bersama Telkomsel...

Mobil Xenia Terjun Bebas ke Permukiman Warga di Sinjai Timur

SULSELSATU.com, SINJAI - Sebuah mini bus Daihatsu Xenia warna putih nomor...

Status Covid-19 di Sinjai Kembali Bertambah Dua Orang

SULSELSATU.com, SINJAI - Juru Bicara Pemerintah Kabupaten Sinjai untuk Penanganan Covid-19...

Demokrat Resmi Usung Appi-ARB di Pilwali Makassar

SULSELSATU.com, JAKARTA - DPP Partai Demokrat memutuskan mengusung pasangan Munafri Arifuddin-Abd...

Nurdin Paparkan Keberhasilan Program Wisata Covid-19 Saat Salat Id di Jeneponto

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah berharap seluruh masyarakat...

Terkini

Dewan Kritik Rangkap Jabatan di Lingkup Pemkot Makassar

  SULSELSATU.com, MAKASSAR - Anggota Komisi A DPRD Kota Makassar, Hamzah Hamid...

Gubernur Target Tuntaskan Pembangunan Jalan di Kawasan Destinasi Wisata

  SULSELSATU.com, TORAJA UTARA - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah, menargetkan...

Ada Diskon Hingga 70 Persen di Satu Dekade TSM Makassar

  SULSELSATU.com, MAKASSAR - Trans Studio Mal Makassar (TSM Makassar) tengah menyambut...

Galang Dukungan, Chaidir-Suhartina Blusukan Hingga ke Pelosok Desa

  SULSELSATU.com, MAROS – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Maros nomor...

VIDEO: Bikin Heboh, Jenazah Pencuri di Thailand di Bonceng Motor

SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan jasad seorang wanita yang dibonceng menggunakan...