Logo Sulselsatu

Prabowo Jalin Kerjasama Untuk Kembangkan Nuklir di Indonesia

Asrul
Asrul

Jumat, 24 Juli 2020 22:50

Menhan Prabowo Subianto. (int)
Menhan Prabowo Subianto. (int)

SULSELSATU.com – Badan Penelitian Pengembangan Kementerian Pertahanan di bawah kepemimpinan Menhan Prabowo Subianto menggandeng perusahaan asal Amerika Serikat, ThorCon International untuk mengembangkan kekuatan nuklir Indonesia.

Kerja sama ini diresmikan pada Rabu 22 Juli lalu melalui penandatanganan Nota Kesepahaman dalam rangka pengembangan teknologi Thorium Molten Salt Reactor (TMSR).

Kepala Balitbang Kementerian Pertahanan Anne Kusmayati mengatakan pengembangan thorium merupakan salah satu upaya menyiapkan proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di luar sumber energi fosil.

Baca Juga : Prabowo Subianto Bertekad Kembali Nyapres di Pilpres 2024

“Mengingat sumber energi fosil semakin langka dan pertimbangan masa pembangunan PLTN yang sangat lama. Sehingga program litbang pengembangan daya berbasis throium yang telah dimulai pada tahun anggaran 2019,” ungkapnya dikutip dari CNNIndonesia, Jumat (24/7/2020).

Ia pun menyatakan program ini kemungkinan akan terus berlangsung hingga renstra 2020-2024 dan dapat berlanjut hingga seterusnya.

Dalam kerja sama ini ThorCon International bakal memandu pengembangan reaktor TMSR skala kecil dibawah 50 MW. Rencananya proyek ini akan ditempatkan di wilayah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar).

Baca Juga : Usai Bertemu Surya Paloh, Prabowo Subianto Beri Syarat Tak Maju Pilpres 2024

“Melalui kerja sama ini dapati dilihat sebagai kebangkitan nuklir Indonesia dan titik awal Indonesia menjadi bangsa besar,” ujar Kepala Perwakilan ThorCon International, Bob S. Effendi.

Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi05 Desember 2022 19:35
Selamatkan Masyarakat Dari Jerat Rentenir, Perempuan Ini Sukses Jadi Agen BRILink dan UMi
  SULSELSATU.com – Siapapun bisa menjadi AgenBRILink yang sukses asal memiliki kemauan. Ini terbukti pada sosok wanita asal Barito Kuala, Banja...
Video05 Desember 2022 19:10
VIDEO: Pertandingan Latto-latto di Soppeng, Dua Bocah Bertanding Sampai 4 Jam 47 Menit
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan 2 orang tengah bertanding bermain latto-latto untuk memperebutkan 1 unit sepeda. Juara 1 merupakan ...
Kriminal05 Desember 2022 18:30
Kasus Pembuangan Bayi Marak Terjadi, Tiga Bulan Terakhir Ada Enam Kasus
Kasus pembuangan bayi marak terjadi di Kota Makassar ...
News05 Desember 2022 17:50
Hadirkan Green Port, Enam Terminal Milik Pelindo Telah Elektrifikasi
Enam terminal Pelindo telah elektrifikasi untuk mewujudkan green port...