iklan Kareba Parlementa

Nurdin Abdullah Siapkan Geopark Maros Pangkep Menuju Pariwisata Dunia

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah, mendukung penuh Geopark Maros Pangkep menuju pariwisata dunia.

“Geopark ini adalah bagaimana memuliakan alam dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, itulah misi Geopark sebenarnya,” ungkapnya, di Rujab Gubernur Sulsel, Jalan Jendral Sudirman Makassar, Senin (3/8/2020).

Ia menjelaskan, pembangunan infrastruktur bisa dilakukan, tapi yang paling penting harus dijaga adalah bagaimana tetap menjaga keaslian situs budaya dan kearifan lokalnya.

“Geopark Maros Pangkep ini sangat banyak destinasinya. Makanya saya bilang ini harus betul-betul dijaga keaslian dan kearifan lokalnya. Jangan sampai karena kita membangun kawasan wisata tapi mengubah fungsi,” tegasnya.

Ia mengaku, Geopark Maros Pangkep ini sudah memenuhi standar untuk masuk di UNESCO, tapi harus ada konsistensi dari masyarakat dan pemerintah untuk tetap menjaga keasliannya. UNESCO merupakan badan khusus Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

“Iya (memenuhi standar), makanya saya bilang harus kita jaga. Jangan sampai kita mengubah fungsinya. Silahkan membangun infrastruktur apa saja tapi itu (jangan mengubah keasliannya),” katanya.

Menurut dia, langkah yang tepat untuk menjaga hal tersebut yakni dengan betul-betul menyayangi alam dengan segala upaya, dan paling penting Geopark Maros Pangkep ini juga untuk mendorong kesejahteraan masyarakat sendiri.

“Makanya saya sering mengatakan bahwa kalau mau disayangi oleh alam kita harus lebih menyayangi alam itu, makanya alam ini kita harus muliakan. Alam ini dimuliakan tentu dengan segala upaya yang sudah dilakukan, termasuk bagaimana dengan alam ini dan masyarakat bisa disejahterakan,” jelasnya.

Sementara itu, Jendral Maneger Geopark Maros Pangkep Dedi Irfan, mengaku, mendapatkan support penuh dari Gubernur Sulsel terkait diusulkannya Geopark Maros Pangkep menuju UNESCO.

“Kami dari badan pengelola Geopark Maros Pangkep meminta arahan beliau terkait pengajuan Geopark Maros Pangkep yang sekarang berstatus nasional untuk menuju ke UNESCO,” urainya.

Ia berharap, Geopark Maros Pangkep ini bisa segera dijadikan pariwisata dunia, apalagi sudah ada dukungan dari Gubernur Sulsel.

“Saya kira target kita adalah bagaimana kemudian Geopark Maros Pangkep ini bisa diterima sebagai bagian dari Geopark Global eksport. Mudah-mudahan tahun depan akan ada proses assesment,” harapnya.

Editor: Asrul

Iklan PDAM
...

Populer

Selain Bupati, 5 Kadis di Jeneponto Positif Covid-19

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Selain Bupati Jeneponto Iksan Iskandar dan Istrinya Hamsiah Iksan dinyatakan Positif Covid-19, sebanyak 5 Kepala Dinas di Jeneponto juga dinyatakan positif...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Kadis Dukcapil Jeneponto Positif Covid-19, Pelayanan Distop Sementara

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jeneponto ditutup sementara, Jumat (18/9/2020). Penutupan pelayanan sementara dilakukan setelah Kadis Disdukcapil,...

KNPI Barru Kecam Aksi Rusuh Demontrasi 

Foto : Ketua KNPI Barru Kaharuddin Pallemmai SULSELSATU.com, BARRU- Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Barru mengecam aksi demontrasi yang melakukan kegaduhan dan kerusuhan di...

Sejarah Singkat 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan

SULSELSATU.com - Hari ini, Bangsa Indonesia memperingati 10 November Hari Pahlawan. Namun mungkin banyak yang belum tahu kenapa pada tanggal 10 November di tetapkaN...

Nurdin Abdullah Tegaskan Keluarganya Tak Terlibat Tambang Pasir Pulau Kodingareng

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah membantah tudingan adanya keterlibatan...

Artikel Lainnya

Yusran Dorong IPM Jadi Duta Edukasi Covid-19

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar terus melakukan berbagai upaya memassifkan...

Gegara Corona, Libur Anak Sekolah di Parepare Diperpanjang

SULSELSATU.com, PAREPARE - Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare memperpanjang libur anak sekolah...

Bupati Gowa Motivasi Siswa MAN IC Agar Bisa Kuasai Bahasa Asing

SULSELSATU.com, GOWA - Selain mampu menguasai teknologi, salah satu yang perlu...

Nurdin Abdullah Janji Bakal Sulap Kantor KPU dan Bawaslu Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan segera sulap kantor...

Ketua TP PKK Makassar Apresiasi Tanaman Herbal Warga Rappocini

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar saat ini tengah mencanangkan program...

Terkini

VIDEO: Viral, Bocah Ini Mandi Air Panas di Atas Wajan

  SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan seorang bocah laki-laki mandi air panas...

Progres Pembangunan Rest Area Jeneponto Sudah 34 Persen

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah, melakukan peninjauan...

Dua ASN di Lutra Kepergok Bawa Logistik Petahana Indah-Suaib

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan III di...

INFOGRAFIK: 12 Daerah di Sulsel Gelar Pilkada 2020

  SULSELSATU.com - Sebanyak 24 Kabupaten dan Kota di Sulawesi Selatan, 12...

Adnan Tegaskan Pihaknya Dukung Penerapan Protokol Kesehatan di Pilkada

SULSELSATU.com, GOWA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa bersama KPU, Bawaslu dan...