iklan Kareba Parlementa

Nurdin Abdullah Siapkan Geopark Maros Pangkep Menuju Pariwisata Dunia

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah, mendukung penuh Geopark Maros Pangkep menuju pariwisata dunia.

“Geopark ini adalah bagaimana memuliakan alam dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, itulah misi Geopark sebenarnya,” ungkapnya, di Rujab Gubernur Sulsel, Jalan Jendral Sudirman Makassar, Senin (3/8/2020).

Ia menjelaskan, pembangunan infrastruktur bisa dilakukan, tapi yang paling penting harus dijaga adalah bagaimana tetap menjaga keaslian situs budaya dan kearifan lokalnya.

“Geopark Maros Pangkep ini sangat banyak destinasinya. Makanya saya bilang ini harus betul-betul dijaga keaslian dan kearifan lokalnya. Jangan sampai karena kita membangun kawasan wisata tapi mengubah fungsi,” tegasnya.

Ia mengaku, Geopark Maros Pangkep ini sudah memenuhi standar untuk masuk di UNESCO, tapi harus ada konsistensi dari masyarakat dan pemerintah untuk tetap menjaga keasliannya. UNESCO merupakan badan khusus Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

“Iya (memenuhi standar), makanya saya bilang harus kita jaga. Jangan sampai kita mengubah fungsinya. Silahkan membangun infrastruktur apa saja tapi itu (jangan mengubah keasliannya),” katanya.

Menurut dia, langkah yang tepat untuk menjaga hal tersebut yakni dengan betul-betul menyayangi alam dengan segala upaya, dan paling penting Geopark Maros Pangkep ini juga untuk mendorong kesejahteraan masyarakat sendiri.

“Makanya saya sering mengatakan bahwa kalau mau disayangi oleh alam kita harus lebih menyayangi alam itu, makanya alam ini kita harus muliakan. Alam ini dimuliakan tentu dengan segala upaya yang sudah dilakukan, termasuk bagaimana dengan alam ini dan masyarakat bisa disejahterakan,” jelasnya.

Sementara itu, Jendral Maneger Geopark Maros Pangkep Dedi Irfan, mengaku, mendapatkan support penuh dari Gubernur Sulsel terkait diusulkannya Geopark Maros Pangkep menuju UNESCO.

“Kami dari badan pengelola Geopark Maros Pangkep meminta arahan beliau terkait pengajuan Geopark Maros Pangkep yang sekarang berstatus nasional untuk menuju ke UNESCO,” urainya.

Ia berharap, Geopark Maros Pangkep ini bisa segera dijadikan pariwisata dunia, apalagi sudah ada dukungan dari Gubernur Sulsel.

“Saya kira target kita adalah bagaimana kemudian Geopark Maros Pangkep ini bisa diterima sebagai bagian dari Geopark Global eksport. Mudah-mudahan tahun depan akan ada proses assesment,” harapnya.

Editor: Asrul

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Dua Wartawan di Jeneponto Diusir Oknum Security Saat Meliput di DPRD

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Rapat Anggaran perubahan R-APBD di ruang komisi III Kantor DPRD Jeneponto, Selasa, (29/9/2020), diwarnai insiden pengusiran terhadap dua jurnalis yang sedang...

VIDEO: Pemotor Trail Lakukan Pelecehan, Sentuh Area Sensitif Wanita Berkemben di Sungai

SULSELSATU.com - Seorang pengendara motor trail tega melakukan pelecehan terhadap seorang wanita di sebuah sungai. Dalam video terlihat wanita seksi berkemben atau memakai kain jarik. Kejadian...

Wabup Jeneponto Ditunjuk Jadi Ketua Tim Pemulihan Pasar Karisa

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar secara resmi menunjuk Wakil Bupati Jeneponto, Paris Yaris sebagai ketua Tim Penanganan dan Pemulihan Pasar Karisa yang...

Kampanye di Zona III, None Nginap di Rumah Ketua RT

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Calon Wali Kota Makassar, Irman "None" Yasin Limpo, hari ini akan melakukan kampanyenya di Zona III, yang meliputi Kecamatan Panakkukang, Manggala,...

Gubernur Sulsel Bakal Sulap Pulau Lanjukang Sebagai Percontohan Pulau Wisata

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan, HM Nurdin Abdullah dan Penjabat...

Artikel Lainnya

Hari Kemerdekaan, TP-PKK Parepare Bagikan 3 Ribu Masker

SULSELSATU.com, PAREPARE - Peringati Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2020,...

Rossy Timur Ajak Kader PKK Makassar Landaikan Kurva Covid-19

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ketua TP PKK Kota Makassar Rossy Timur mengajak...

Prof Idrus Apresiasi Kesigapan Bupati Gowa Tangani Covid-19

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Mantan Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Idrus Paturusi,...

Bank Sulselbar Bersama Human Initiative Bedah Rumah dan Sekolah

SULSELSATU.com, Makassar - Bank Sulselbar bekerjasama dengan Human Initiative melakukan bedah...

Pemetaan Pusat, Barru Termasuk Daerah Risiko Rendah Penularan Covid-19

SULSELSATU.com, BARRU - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyampaikan data...

Terkini

APT, Politisi Muda NasDem Diberi Amanah Jabat Wakil Ketua Komisi C DPRD Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Legislator Fraksi NasDem Sulsel, Andre Prasetyo Tanta (APT),...

Prof Rudy Apresiasi Hadirnya Perda Pencegahan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Prof Rudy Djamaluddin...

VIDEO: Bikin Haru, Kisah Anak Driver Ojol yang Lulus Perguruan Tinggi dan Dapat Beasiswa

  SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan seorang anak driver ojek online menceritakan...

Akan Diresmikan Presiden Jokowi, Menhub Dijadwalkan Kunjungi Bandara Toraja

SULSELSATU.com, TANA TORAJA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dijadwalkan...

Taat Protokol Kesehatan Covid-19, Satlantas Polres Jeneponto Beri Edukasi Pengendara

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Kepolisian Resort (Polres) Jeneponto terus mengedukasi masyarakat untuk...