iklan Kareba Parlementa

Jalan Terjal Calon Bupati Petahana Majene Hadapi Tes Kesehatan

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melaksanakan beberapa rangkaian tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020.

Saat ini, jajaran KPU sedang melaksanakan rangkaian tes kesehatan yang dipusatkan Private Care Center (PCC) RSUD Wahidin Sudirohosodo Makassar, Sulawesi Selatan, dari tanggal 10 sampai 11 September 2020.

Khusus untuk Pilkada Majene, dua pasangan bakal calon telah mengikuti rangkaian tes kesehatan yakni pasangan petahana, Fahmi-Lukman dan bakal calon penantang yakni Andi Sukri Tammalele-Arismunandar Kalma.

Dari sederet rangkaian tes kesehatan selama dua hari ini, tampaknya bakal calon bupati Majene, Fahmi Massiara menuai jalan terjal akibat mengalami gangguan penyakit. Terlihat, dengan menggunakan kursi roda, Fahmi Massiara terpaksa jalani tahapan itu dalam kondisi tidak menguntungkan.

Dihari pertama tes kesehatan yang berlangsung hari Kamis 10 September, bupati petahana Majene Itu tidak mampu menyelesaikan tes tulis dalam rangkaian tes psikologi yang menjadi persyaratan bagi calon peserta di pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Begitupun tes wawancara di hari yang sama, nama Fahmi sama sekali tidak terjadwal diantara nama kandidat yang menjalani tahapan itu.

Pada malam harinya, Fahmi Massiara kembali hadir untuk mengikuti tes narkoba. Dengan kondisi kesehatan yang masih sakit, atas kondisi itu, beberapa pihaj meragukan untuk dapat melanjutkan langkah ke Pilkada 2020 sekaligus mempertahankan kursi orang nomor satu di pemerintahan Majene.

“Karena beliau (Fahmi Massiara) tidak menyelesaikan hingga akhir tes tulis psikotes (tes psikologi) maka tentu menjadi atensi kami dalam menghadapi tahapan lanjutan,” ujar Ketua KPU Majene, Arsalin Aras melalui WhatsApp, Jumat (11/9/2020).

Untuk memastikan kelanjutan status sebagai peserta Pilkada 2020 Majene, KPU Majene masih menunggu hasil pemeriksaan kesehatan Fahmi Massiara.

“Kami menunggu hasil pleno tim pemeriksa kesehatan dulu. Seperti apa resume dari tim dokter pemeriksanya,” beber Arsalin.

Ketua tim pemeriksa kesehatan PCC, Prof Mansur Arif menyampaikan, hingga saat ini semua bakal calon telah menjalani rangkaian tes kesehatan, termasuk semalam dilakukan tes narkoba bagi calon kepala daerah yang ikut berkompetisi di pilkada tahun ini.

“Kami belum tahu apakah ada paslon yang terjerat Narkoba. Nantinya, kami menunggu laporan Badan Narkotika Nasional (BNN). Yang jelas, kami akan melaksanakan rapat pleno lengkap yang kita jadwalkan pada tanggal 12 September 2020,” kata Mansyur Arif dihadapan wartawan.

Menurutnya, sejauh ini maka keseluruhan proses tahapan tes kesehatan telah berjalan sesuai rencana. Hari ini, pasangan calon kembali mengikuti tes jasmani dan rohani sebagai rangkaian tes akhir untuk kesehatan.

“Untuk Sulbar, maka kita targetkan tuntas hari ini. Kita belum bisa mengambil keputusan sebelum rapat pleno. Hasil keputusan IDI akan diteruskan ke masing masing KPU sebagai resume dalam memutuskan apakah layak atau tidak layak,” ujarnya.

Calon petahana bupati Majene Fahmi Massiara saat ini sedang menjalani tes kesehatan. Jadi, IDI belum dapat menyampaikan hasil dari proses pemeriksaan ini.

“Pengumuman resmi itu ditangan KPU. Kami hanya memberikan rekomendasi sesuai hasil pleno IDI terkait hasil tes kesehatan yang dilaksanakan selama dua hari,” tutur Mansyur.

Editor: Asrul

Iklan PDAM
...

Populer

Sejarah Singkat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Selasa (19/11/2018) hari ini, umat Muslim di seluruh dunia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau biasa dikenal dengan Maulid Nabi...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

OPINI: Tulisan Arif Saleh Tentang Hari Sumpah Pemuda

SULSELSATU.com, WAJO - Banyak cara dilakukan memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober. Salah satunya, memaknai lewat catatan atau tulisan. Seperti...

Sejarah Singkat 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan

SULSELSATU.com - Hari ini, Bangsa Indonesia memperingati 10 November Hari Pahlawan. Namun mungkin banyak yang belum tahu kenapa pada tanggal 10 November di tetapkaN...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

BNPB Adakan Webinar Anak Muda Bawa Perubahan

SULSELSATU.com - BNPB Indonesia akan menggelar acara Launching Buku KKN Tematik COVID-19 dan Webinar Edukasi Masyarakat melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik COVID-19...

Herwin-Mustar Kembali Tarung di Pilkada Banggai Usai Menangkan Gugatan di PT-TUN

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Majelis Hakim  Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT-TUN)...

Artikel Lainnya

Disdik Sulsel Libatkan Kepolisian dalam Pelaksanaan UNBK

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Sebanyak 133.263 siswa bakal mengikuti Ujian Nasional Berbasis...

MK3SS Dukung Program Priortitas Gubernur Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof Dr...

Meski TP4D Lakukan Pendampingan, Prilaku Korupsi di Disdik Sulsel Tetap Terjadi

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pendampingan Tim Pengawal Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah...

TGTPP Parepare Dapat Bantuan APD Dari MNC Group

SULSELSATU.com, PAREPARE - Tim Gugus Tugas Pecegahan dan Penanganan Covid-19 Kota...

Relawan Rusdin Abdullah Solid Dukung Danny-Fatma

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Relawan bentukan Rusdin Abdullah, Rudal Community turut mengantar...

Terkini

Appi-Rahman Calon Komplit, Demokrat Percaya Diri Bekerja Meyakinkan Masyarakat

SULSELSATU.com, MAKASSAR - DPD Partai Demokrat Sulawesi Selatan menggelar Rakorda dengan...

Difitnah Politik Uang, Anir-Lutfi Siap Tempuh Jalur Hukum ke Mabes Polri

SULSELSATU.com, PANGKEP - Pasangan calon bupati dan wakil bupati Pangkep, Andi...

Chaidir Syam-Suhartina Tampil Memukau di Debat Publik

SULSELSATU.com, MAROS — Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Maros nomor...

VIDEO: Seorang Wanita Alami Pelecehan Seksual di Toilet SPBU Ciracas

SULSELSATU.com - Seorang wanita mendapatkan perlakuan senonoh dari penjaga toilet di...

VIDEO: Tawuran Antar Kelompok di Jalan Urip Sumoharjo Makassar

SULSELSATU.com - Tawuran antar kelompok di Jalan Urip Sumoharjo, Kota Makassar,...