Logo Sulselsatu

Bantu KPU di Pilkada, Dinkes Makassar Siapkan Nakes di 15 Kecamatan

Asrul
Asrul

Rabu, 28 Oktober 2020 10:12

Bantu KPU di Pilkada, Dinkes Makassar Siapkan Nakes di 15 Kecamatan

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar akan siapkan tenaga di setiap 15 kecamatan menjelang Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) 9 Desember mendatang.

Kepala Diskes Makassar, Naisyah Tun Azikin menganggap, keterlibatan nakes akan menimalisir kemungkinan terburuk yang bisa menimpa Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Kami kerjasama dengan komisi pemilihan umum (KPU). KPU sudah audiens pak (Pj) Wali Kota. sudah ada instruksi juga Kementerian Kesehatan untuk keterlibatan tim kesehatan di dalam masalah pilkada, jadi kita tetap mendukung, KPU juga sudah audiens ke kami,” ucap Naisyah, Rabu (28/10/2020).

Baca Juga : Tim Vaksinasi Dinkes Makassar Sasar Ibu Hamil

Satu tim kesehatan yang bertugas di tiap kecamatan nantinya terdiri dari lima orang. Terdiri dari sopir, dan selebihnya tenaga medis.”Satu tim yang pasti ada sopir, tenaga medis minimal tiga, yah lima orang lah,” beber Naisyah.

Sponsored by MGID

Tidak hanya itu, Diskes juga akan bertanggung jawab terhadap pemeriksaan rapid bagi petugas KPPS.”Baik untuk penyiapan tenaga KPPS nanti kita yang keluarkan pemeriksaan rapid kepada mereka,” tutur Naisyah.

Menurut Naisyah, pihaknya hanya bisa menurunkan nakes di tiap kecamatan. Bukan per Tempat Pemungutan Suara (TPS) mengingat jumlah personelnya yang terbatas. Sedangkan TPS di Kota Makassar mencapai puluhan ribu.

Baca Juga : Vaksinasi Covid-19 di Kota Makassar Sudah 80 Persen

“Satu tim satu kecamatan tapi kan jaga shift karena kan pada hari H dan seterusnya, pada saat perhitungan rawan sekali karena orang tidak tidur, begadang sampai pagi itukan yang banyak bermasalah tiba tiba meninggal pada saat perhitungan suara, jadi kita akan menempatkan tim pada hari H sampai dengan selesainya perhitungan di seluruh kecamatan,” tandas Naisyah.

Penulis: Resti Setiawati

Editor: Asrul

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar19 September 2021 16:45
PNLH XIII WALHI, Plt Gubernur Sulsel Dorong Pendekatan Green Economy
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menilai, pendekatan green economy dapat mendorong laju perekonomian. Men...
Sulsel19 September 2021 15:53
Di Malino Bakal Dibangun Wisata Baru Bernuansa Eropa
SULSELSATU.com, GOWA – Objek wisata bernuansa Eropa akan hadir di Kabupaten Gowa, Sulsel. Wisata bernama Kampung Eropa tepatnya akan dibangun di...
Video19 September 2021 15:26
VIDEO: Arena Muscab PPP Makassar Memanas, Rachmat Taqwa Mengamuk
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Arena Musyawarah Cabang (Muscab) DPC PPP Kota Makassar di Hotel Sheraton memanas, Minggu (19/9/2021). Salah satu calo...
Sponsored by MGID
OPD19 September 2021 14:36
Warga Pertanyakan Nasib Stadion, Debbie Tegaskan Pembangunan Tetap Dilanjutkan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Lapangan Sepak Bola adalah salah satu sarana bagi anak dan pemuda untuk mengembangkan bakatnya dalam dunia sepak bola...