Logo Sulselsatu

Kini, Rujab Ketua DPRD Makassar Punya Aula Dinamai Baruga Karaeng Matoayya

ridwan ridwan
ridwan ridwan

Senin, 16 November 2020 03:16

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Rumah Jabatan (rujab) Ketua DPRD Kota Makassar kini memiliki aula yang dinamai Baruga Karaeng Matoayya. Bersamaan HUT ke-413 Kota Makassar Baruga Karaeng Matoayya juga diresmikan.

Perlu ditahu, Ketua DPRD Kota Makassar kini dinahkodai oleh Rudianto Lallo, politisi dari Partai NasDem.

Pj Walikota Makassar Rudy Jamaluddin didaulat meresmikan Baruga Karaeng Matoayya yang terletak di pelataran belakang rumah jabatan Ketua DPRD Makassar Jl Letjen Hertasning No 18.

Peresmian dilakukan pasca-rapat paripurna pengumuman Hari Jadi ke 413 Kota Makassar di ruang sidang paripurna DPRD Makassar.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita. Pj Walikota didampingi Ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo dan Plt Sekretaris DPRD Makassar Andi Bukti Jufri. Usai peresmian dilanjutkan santap siang bersama.

Saat peresmian, Rudianto Lallo yang memiliki tagline “Anak Rakyat” ini menyampaikan bahwa pembangunan baruga di lingkungan rumah jabatan terinspirasi dari rumah jabatan gubernur yang dinamakan Baruga Karaeng Pattingngalloang dan Baruga Angin Mamiri di Rujab Walikota.

Adapun pembangunannya menggunakan anggaran pemeliharaan gedung.

Terkait soal nama baruga, Rudi mengemukakan alasan, nama Karaeng Matoayya setiap tahun disebut jika Kota Makassar merayakan hari jadi, tapi tak satu pun bangunan monumental yang mengabadikan namanya.

“Itu alasan kami menggunakan nama Karaeng Matoayya pada baruga ini,” kata politisi yang berlatar pengacara ini.

Ditilik dari sejarah, Karaeng Matoayya atau Sultan Abdullah adalah raja Tallo pertama yang memeluk agama Islam dan melantik Sultan Alauddin sebagai Raja di Kerajaan Gowa pada abad ke 17.

Hubungan Karaeng Matoayya atau Sultan Abdullah dengan Sultan Alauddin kemudian berhasil meningkatkan kejayaan kesultanan Makassar menjadi kekuatan militer dan perdagangan hingga disegani di wilayah timur nusantara.

Rudi menambahkan, baruga ini dapat digunakan siapa saja, termasuk kegiatan internal DPRD maupun pemerintah kota yang berkapasitas 30 hingga 50 orang.

Pj Walikota Makassar Rudy Jamaluddin menyambut hangat dan merespon positif pembangunan Baruga tersebut apalagi baruga itu dapat digunakan oleh semua kalangan, khususnya internal Pemerintah Kota Makassar. (*)

Editor: ANDI

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...