Logo Sulselsatu

Tingkat Partisipasi Vaksinasi Covid-19 Bagi Nakes di Makassar Masih Rendah

ridwan ridwan
ridwan ridwan

Kamis, 28 Januari 2021 15:01

Tingkat Partisipasi Vaksinasi Covid-19 Bagi Nakes di Makassar Masih Rendah

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Program vaksinasi Covid-19 di Kota Makassar untuk tahap dua dimulai. Hanya saja, vaksinasi pada tahal pertama untuk tenaga kesehatan di Makassar masih rendah.

Hal itu diungkapkan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Agus Djaja Said. Ia mengatakan dari sekitar 14 ribu tenaga kesehatan yang harus mendapatkan vaksinasi, baru mencapai sekitar 1.500 yang telah selesai.

“Masih rendah, baru sekitar 1.500, pada hal kurang lebih hampir 14 ribu nakes ini yang harus divaksin,” kata Agus.

Agus menjelaskan 400 tenaga kesehatan di antaranya telah melakukan screening, namun tidak memenuhi syarat. “Jadi kalau dihitung sudah dua ribu sebenarnya tapi kan ada yang tidak divaksin gara-gara tidak lulus screening,” kata Said.

Sponsored by MGID

Menurut Agus, untuk memunculkan antibodi diperlukan dua suntikan sebagaimana aturan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Suntikan vaksin Covid-19 kedua dilakukan dua pekan ke depan usai penerima mendapat vaksin pertama.

“Perlu dua kali penyuntikan vaksin Covid-19 Sinovac untuk memunculkan antibodi,” kata dia.

Sehingga, kata dia, penerima vaksin harus menjalani penyuntikan kedua kalinya dalam waktu 14 hari setelah penyuntikan pertama.

Agar upaya perlindungan vaksin Covid-19 maksimal, Agus mengingatkan agar tetap patuh protokol kesehatan seperti memakai masker, cuci tangan, dan menghindari kerumunan. (*)

Penulis: RESTI SETIAWATI

Editor: ANDI

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video27 September 2021 23:22
VIDEO: Harimau Berukuran Besar di Grobogan Ternyata Hanya Editan, Pelaku Beri Klarifikasi
SULSELSATU.com – Seekor harimau berukuran cukup besar muncul di dekat pemukiman warga di Grobogan, Jawa Tengah. Video tersebut dibagikan oleh ak...
Makassar27 September 2021 21:13
Pulihkan Pariwisata Sulsel, Forum Pariwisata Sulsel Bergerak Launching Hastag #KeSulSelmi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Forum Pariwisata Sulsel Bergerak melaunching slogan hastag #KeSulSelMi di Kopi Kebun Jalan Racing Center Makassar, Se...
Video27 September 2021 20:57
VIDEO: Badak Bercula Satu Lepas, Tampak Berjalan Santai di Jalan Raya
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan badak bercula satu jalan-jalan di sebuah jalan raya. Dalam video terlihat badak bercula satu tengah...
Sponsored by MGID
Makassar27 September 2021 19:46
Kanwilkumham dan Dinsos MoU Pembinaan Warga Lapas, Plt Gubernur Sulsel Harap Ada Sertifikasi Pembinaan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kantor Wilayah Kemen...