Logo Sulselsatu

Modern, Pemilu BEM FH Unhas Gunakan e-Voting

Asrul
Asrul

Kamis, 18 Februari 2021 12:41

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Hukum (FH) Unhas menggelar Pemilihan Umum Raya untuk memilih pimpinan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) di tingkat Fakultas. Berhubung situasi pandemi masih berlangsung, mahasiswa melakukan inovasi dengan menerapkan e-voting atau sistem pemungutan suara secara elektronik.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kemitraan FH Unhas, Dr Muh Hasrul mengatakan bahwa Pemilu Raya yang digelar oleh Keluarga Mahasiswa FH Unhas berlangsung selama 2 hari, yaitu tanggal 16 dan 17 Februari 2021. Sebagai pembina kemahasiswaan, dirinya mendukung dengan memfasilitasi proses pemilihan.

“Bagi kami, langkah yang dilakukan oleh adik-adik mahasiswa ini adalah proses terobosan dalam belajar. Mereka menunjukkan kemampuan untuk keluar dari situasi pandemi yang membatasi, tidak pasrah dan menyerah. Inilah karakter yang kami terus dorong agar dimiliki oleh mahasiswa, yaitu pantang menyerah, kreatif, dan inovatif,” kata Hasrul.

Baca Juga : Angkatan Rudianto Lallo di Fakultas Hukum Unhas Keliling Makassar Bagi-bagi Sembako

Sementara itu, Dekan FH Unhas, Prof Dr Farida Patittingi mengapresiasi tinggi langkah yang diambil oleh mahasiswa. Dalam kerangka pembangunan demokrasi, e-voting merupakan alternatif yang seharusnya menjadi jalan keluar, bukan saja pada situasi pandemi, bahkan dalam keadaan normal sekalipun.

“Saya sangat bangga dengan upaya adik-adik mahasiswa. Mereka adalah calon pemimpin masa depan yang akan mewarnai demokrasi Indonesia di masa depan. Menurut saya, e-voting ini seharusnya menjadi alternatif untuk menuju demokrasi yang efisien,” kata Prof Farida.

Ketua Panitia Pemilu Raya FH Unhas, Muhammad Amyusril Baramirdin, menjelaskan bahwa Pemilu Raya Keluarga Mahasiswa FH Unhas bertujuan memilih BEM dan DPM. Proses ini berlangsung sangat efisien, dengan hasil real time.

“Pemilu menghasilkan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) terpilih, yaitu Aura Nur Maulida (116 suara), Reski Amalia (63 suara), Sardil Mutaalif (80), Annur Amin (95 suara), Maria Ulfa (36 suara), Adib Gemilang (28), Reza Matulatan (78), dan Nurul Insi (68). Alhamdulillah, prosesnya berlangsung lancar,” kata Amyusril.

Sementara pada pemilihan Badan Eksekutif Mahasiswa, hanya terdapat calon tunggal yang berhadapan dengan kolom kosong. Pasangan Taufik Hidayat – Fadly Ridwan memperoleh 447 suara, dan kolom kosong meraih 123 suara.

Para mahasiswa yang memilik bisa memberikan suara dimana saja dia berada. Panitia menyiapkan platform khusus, dimana sepanjang akun aktif di telepon genggam masing-masing, mahasiswa bisa menggunakan hak pilihnya. Manfaat lain dari proses e-voting ini adalah hasil pemilihan dapat langsung diketahui, dan tidak terjadi riak-riak atau gesekan antarpendukung sebagaimana yang lazim ditemui pada pemungutan suara konvensional.

Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Sulsel28 Maret 2024 22:02
Ekonomi Kabupaten Gowa Tumbuh 5,82 Persen Selama 2023
Dari data BPS pertumbuhan ekonomi Kabupaten Gowa tumbuh positif. Menjadi 5,82 persen pada 2023, lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya yang hanya 4,5...
Video28 Maret 2024 21:34
VIDEO: Muchlis Misbah Atensi Khusus Pasar Sentral dan Butung
SULSELSATU.com – Podcast bersama Anggota DPRD Kota Makassar, Muchlis Misbah pada Selasa (26/3/2023) lalu. Dalam kesempatan tersebut, Muchlis Mis...
Nasional28 Maret 2024 21:30
Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Punya Fitur Lebih Responsif dan Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran
Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) meluncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3/2024) di Jakarta....
Makassar28 Maret 2024 20:39
Dihadapan Menteri PPPA, PJ Sekda Sebut Longwis dan Jagai Anakta Jadi Program Keterlibatan Peran Perempuan
PJ Sekda Kota Makassar Firman Hamid Pagarra menyambut kunjungan kerja Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI I Gusti Ayu Binta...