Logo Sulselsatu

Bahas Mitigasi Kebencanaan, Wabup Sinjai Temui Wagub Sulsel

Asrul
Asrul

Jumat, 19 Februari 2021 20:03

Bahas Mitigasi Kebencanaan, Wabup Sinjai Temui Wagub Sulsel

SULSELSATU.com, Makassar – Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menerima kunjungan Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong bersama Kepala BPBD Sinjai dalam di Rumah Jabatan Wakil Gubernur, Jum’at, (19/2/2021). Turut dihadiri pula Kepala BPBD Sinjai, Budiaman.

Dalam kunjungan, Andi Kartini membahas berbagai persoalan di Bumi Panrita Kitta terutama persoalan banjir dan sering menjadi langganan jika memasuki musim penghujan.

Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong mengatakan, jika Sinjai wilayah yang rawan terjadi bencana. Ia pun meminta arahan dari Wagub Sulsel terkait upaya yang akan dilakukan untuk mencegah atau mengurangi dampak bencana.

Baca Juga : VIDEO: Wagub Sulsel Apresiasi Gerakan Bagi-bagi Masker Aice dan GP Ansor

“Kami juga membahas terkait mitigasi penanggulangan kebencanaan hasil rekomendasi Satgas daerah,” kata Andi Kartini.

Sponsored by MGID

Sedangkan Kepala BPBD Sinjai, Budiaman mengatakan, bahwa Pemkab Sinjai telah melakukan upaya mengatasi risiko bencana atau biasa disebut mitigasi. Apalagi, Sinjai pernah terkena banjir bandang pada 2006 lalu.

“Kendala kita diantaranya sungai, drainase. Perlu pengerukan, apalagi saat ini musim penghujan, jadi kita melakukan mitigasi,” katanya.

Baca Juga : Jelang Konferensi Wilayah, Pengurus IPM Sulsel Temui Wagub Andi Sudirman Sulaiman

Pihaknya pun, kata dia, berencana membangun tempat menampung volume air ketika debit maksimum di sungai datang, kemudian secara perlahan-lahan mengalirkannya ketika debit di sungai sudah kembali normal atau kolam retensi. Namun, Pemkab Sinjai, masih melakukan upaya pembebasan lahan untuk rencana tersebut.

Sementara itu, Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, jika opsi lain yang bisa dilakukan dengan membangun kolam regulasi.

“Kita butuh pembebasan lahan dulu oleh Pemda Kabupaten Sinjai. Setelah bebas baru didorong pembangunan, jika besarnya pada wilayah kewenangan Provinsi kita ajukan tetapi jika melebihi kewenangan kita usulkan ke Balai Besar WS-JP Kementerian” bebernya.

Baca Juga : Wagub Motivasi Penerima Beasiswa Bidik Misi untuk Pertahankan Prestasi

Dirinya pun berpesan, agar pemerintah melakukan kinerja yang terbaik untuk diberikan ke masyarakat.

“Bekerja saja, jalan saja. Maksimalkan apa yang bisa dilakukan untuk masyarakat. Perbaiki kerja-kerja kita yang terasa langsung masyarakat serta bersinergi” pintanya.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Midkhal

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar27 September 2021 21:13
Pulihkan Pariwisata Sulsel, Forum Pariwisata Sulsel Bergerak Launching Hastag #KeSulSelmi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Forum Pariwisata Sulsel Bergerak melaunching slogan hastag #KeSulSelMi di Kopi Kebun Jalan Racing Center Makassar, Se...
Makassar27 September 2021 19:46
Kanwilkumham dan Dinsos MoU Pembinaan Warga Lapas, Plt Gubernur Sulsel Harap Ada Sertifikasi Pembinaan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kantor Wilayah Kemen...
Makassar27 September 2021 18:54
Siapkan Simulasi PTM, Pemkot Makassar Pastikan Kondisi Pelajar Sehat Terlebih Dulu
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar tidak mau gegabah menerapkan proses pembelajaran tatap muka (PTM) bagi para pelajar di masa ...
Sponsored by MGID
Video27 September 2021 18:41
VIDEO: Purnawirawan Polri Terpaksa Jadi Manusia Silver Akibat Himpitan Ekonomi
SULSELSATU.com – Seorang purnawirawan Polri jadi manusia silver viral di media sosial. Purnawirawan Polri itu ditangkap oleh satpol PP di Kota S...