Logo Sulselsatu

Terima Kunjungan Dubes Republik Ceko, Plt Gubernur Bahas Potensi Kerjasama Sulsel dengan Republik Ceko

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Senin, 25 Oktober 2021 16:26

Dubes Republik Ceko Bersama Plt Gubernur Sulsel membahas Peluang Kerjasama, Senin 25/10/2021 (Ist)
Dubes Republik Ceko Bersama Plt Gubernur Sulsel membahas Peluang Kerjasama, Senin 25/10/2021 (Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menerima kunjungan Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia, Jaroslav Doleček bersama rombongan di Rumah Jabatan Wakil Gubernur Sulsel, di Makassar, Senin (25/10/2021).

Andi Sudirman Sulaiman menjelaskan, kedatangan Jaroslav yang di dampingi istri dan Konsulat kehormatan Republik Ceko, Subhan Alwi Hamu, untuk membicarakan kemungkinan kerjasama Pemprov Sulsel dengan Pemerintah Republik Ceko.

“Jadi mereka mau melihat potensi termasuk disektor pertambangan. Mereka juga mau melihat sistem hydroplan atau pembangkit listrik tenaga air, dan melihat potensi lainnya, termasuk kereta api juga mereka mau lihat,” katanya.

Baca Juga : Plt Gubernur Sulsel – GM PLN UIW Sulselrabar Teken MoU Pemanfaatan Listrik untuk Pertanian

Selain pertambangan dan pembangkit listrik, Plt Gubernur juga mengaku ada beberapa sektor lainnya yang menjadi tawaran Pemprov Sulsel untuk dikerjasamakan, diantaranya di sektor pertanian dan pariwisata.

Sponsored by MGID

“Saya tadi tawarkan terkait tindak lanjut pangan, padi, pertanian lainnya juga kalau ada potensi ekspor impor kedua negara,” ungkapnya.

Bahkan, kata Plt Gubernur, Dubes Republik Ceko cukup tertarik dengan potensi alam yang dimiliki oleh Sulawesi Selatan. Untuk itu, pihak Dubes Ceko mengaku akan mengirim tim terlebih dahulu untuk melihat beberapa potensi yang dapat dikerjasamakan di Sulawesi Selatan.

Baca Juga : Program Vaksinasi Covid-19 Dosis Ketiga Dimulai, Prioritas Untuk Nakes Sulsel

Sementara itu, Jaroslav Doleček mengaku tertarik dengan potensi alam yang dimiliki Sulawesi Selatan untuk dapat dikerjasamakan. Selain di sektor pertanian, sektor pertambangan khususnya nikel menjadi salah satu potensi yang diliriknya.

Tidak hanya itu, ketertarikannya ke Sulawesi Selatan juga karena daerah ini merupakan hub dari Kawasan Indonesia Timur yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang baik dibawah kepemimpinan Plt Gubernur.

“Kami tahu Sulsel ini hub dari Indonesia bagian timur. Kami juga melihat pertumbuhan ekonomi Sulsel juga cukup meningkat secara signifikan,” tegasnya.

Baca Juga : Program Vaksinasi Covid-19 Dosis Ketiga Dimulai, Prioritas Untuk Nakes Sulsel

Duber Republik Ceko ini pun berharap ada kerjasama yang terjalin antara Pemerintah Republik Ceko dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dengan potensi alam yang dimilikinya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Adventorial08 Desember 2021 21:34
Pemkot dan LPPM Unhas Kolaborasi Kembangkan Kawasan Kuliner Halal di Parepare
SULSELSATU.com, Parepare — Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare dan Lembaga Penelitian Dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Unhas Makassar melakukan ...
Makassar08 Desember 2021 19:03
Unduh Aplikasi Kallafriends Dapat 10 Ribu Kalla Point yang Bisa Ditukar di Gastros MaRI
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kalla Group menghadirkan aplikasi Kallafriends yang bisa digunakan untuk akses produk dan layanan Kalla Group. Dengan...
Video08 Desember 2021 19:02
VIDEO: Kepergok Pacaran, Sang Ayah Hancurkan Ponsel Sang Anak
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan seorang pria yang diduga ayah melempar dan membanting ponsel milik anaknya. Video tersebut viral di...
Sponsored by MGID
Berita Utama08 Desember 2021 18:53
Walikota Tunjuk Pejabat Sementara Direksi Perusda, Dewan: Wujudkan Mimpi Danny-Fatma
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menunjuk sejumlah pejabat sementara untuk mengisi jabatan yang lowong di seluru...