Logo Sulselsatu

Dinkes Kota Makassar Akan Gunakan GeNose Untuk Penyelenggaraan PTM

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Minggu, 31 Oktober 2021 22:13

Dinkes Kota Makassar Akan Gunakan GeNose Untuk Penyelenggaraan PTM

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Dinas Kesehatan Makassar akan menggunakan GeNose untuk pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM).

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Nursaidah menyebutkan sekolah yang sedang melaksanakan PTM, para siswanya akan tetap dites PCR secara berkala dan dilanjutkan dengan GeNose.

Dia mengakui bahwa GeNose hanya digunakan sebagai alat skrining saja. Pemeriksaan utama tetap menggunakan alat PCR dan antigen. GeNose digunakan karena alatnya telah ada dan dibeli berdasarkan izin edar.

Baca Juga : Target Herd Immunity, Dinkes Makassar Genjot Vaksinasi

“Artinya ini benar legal dan benar barang ini direkomendasikan Kemenkes. Karena itu kenapa tidak pemerintah membeli suatu alat pendeteksi COVID-19 dengan tidak memberi sakit ke pengguna. Itu dasarnya,” katanya.

Sponsored by MGID

Pemkot Makassar sendiri memiliki sebanyak 163 unit alat tersebut. Pemkot membeli alat ini menyusul terbitnya surat izin edar dan penggunaan GeNose sebagai salah satu alat skrining COVID-19.

“Tiba-tiba ada pemeriksaan di mana Kementerian Kesehatan memberi izin edar. Jadi kami Dinas Kesehatan ada patokan, ada pedoman bahwa alat ini memang benar. Karena ada izin edarnya,” kata Nursaidah.

Baca Juga : Wali Kota Danny Pomanto Dorong Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua dan Lansia Jalan Bersamaan

Diketahui, cara penggunaan GeNose memang terbilang lebih simpel dibandingkan rapid antigen maupun PCR. Jika penggunaan antigen dan PCR harus memeriksa tenggorokan, maka penggunaan GeNose hanya meniup kantong plastik khusus, serta cepat karena hasilnya bisa keluar.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar08 Desember 2021 19:03
Unduh Aplikasi Kallafriends Dapat 10 Ribu Kalla Point yang Bisa Ditukar di Gastros MaRI
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kalla Group menghadirkan aplikasi Kallafriends yang bisa digunakan untuk akses produk dan layanan Kalla Group. Dengan...
Video08 Desember 2021 19:02
VIDEO: Kepergok Pacaran, Sang Ayah Hancurkan Ponsel Sang Anak
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan seorang pria yang diduga ayah melempar dan membanting ponsel milik anaknya. Video tersebut viral di...
Berita Utama08 Desember 2021 18:53
Walikota Tunjuk Pejabat Sementara Direksi Perusda, Dewan: Wujudkan Mimpi Danny-Fatma
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menunjuk sejumlah pejabat sementara untuk mengisi jabatan yang lowong di seluru...
Sponsored by MGID
Berita Utama08 Desember 2021 18:38
Peringatan Dini BMKG untuk Sulsel: Waspadai Hujan Ekstrem di Bulan Januari
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mencatat curah hujan yang terjadi di Sulsel sa...