Logo Sulselsatu

Longsor di Jalur Mamasa-Polman, Kendaraan Logistik Tertahan dan Harus Didorong

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Senin, 22 November 2021 22:54

Longsor terjadi di jalur Mamasa-Polman yang mengakitbatkan jalan sulit dilalui (detik)
Longsor terjadi di jalur Mamasa-Polman yang mengakitbatkan jalan sulit dilalui (detik)

SULSELSATU.com, Makassar – Akibat curah hujan yang cukup tinggi membuat longsor di jalur penghubung Kabupaten Mamasa-Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulbar. Sejumlah kendaraan logistik tertahan dan harus didorong warga.

Kendaraan logistik ini didorong warga karena jalur terputus. Setidaknya, ada 500 kendaraan tertahan. Longsor berada di Desa Tamalantik, Kecamatan Tandukkalua, Kabupaten Mamasa. Tebing di sisi jalan longsor pada Minggu malam (21/11) sekira pukul 21.30 Wita.

“Untuk kejadian longsor, diperkirakan sekitar pukul setengah sepuluh tadi malam (Minggu malam),” ungkap Kapolsek Mamasa, AKP S Pata’langi saat dikonfirmasi mengutip detikcom, Senin, (22/11/2021).

Baca Juga : Ngeri! Longsor Tiba-tiba, Puluhan Rumah dan 19 Orang Hilang Ditelan Bumi

Melansir detikcom, Pata’langi menyebut, akses jalan baru bisa dilalui pada Senin pagi (22/11) sekira pukul 08.30 Wita. Keterlambatan alat berat, memaksa warga setempat bergotong royong membuka jalan dengan alat seadanya.

Sponsored by MGID

“Nanti sekitar pukul 8.30 Wita baru jalan ini bisa terbuka, namun dikerjakan manual oleh masyarakat setempat, karena alat belum tiba, sudah dihubungi,”ujarnya.

Ia mengatakan, banyak kendaraan terpaksa ditarik dan didorong, lantaran kesulitan melewati permukaan jalan, karena sebagian masih tertutup tanah becek dan licin.

Baca Juga : VIDEO: Detik-detik Bencana Longsor di Jalan Trans Sulawesi

“Antrean kendaraan sekira 500 unit, sekarang sudah bisa melintas. Namun harus dibantu oleh masyarakat baik didorong maupun ditarik, karena longsoran dalam keadaan becek,”pungkas Pata’langi.

Sebuah alat berat telah tiba dilokasi untuk membersihkan material longsor yang menutup jalan. Proses pembersihan dilakukan dengan sangat hati-hati, lantaran hujan kembali mengguyur.

Mengantisipasi terjadinya hal tidak diinginkan, warga diimbau untuk selalu waspada saat melintasi jalur ini. Banyak tebing di sisi jalan kondisinya labil dan rawan longsor, akibat curah hujan yang masih tinggi.

Penulis : Sri Wahyudi Astuti
Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar30 November 2021 00:04
Saksikan Penyerahan DIPA Oleh Jokowi, Danny Harap Antisipasi Penanganan Covid-19 Gelombang III
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) menyaksikan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA...
Breaking News29 November 2021 23:25
Terbukti Bersalah, Nurdin Abdullah Divonis 5 Tahun Penjara dan Denda Rp500 Juta
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gubernur Sulsel nonaktif, Nurdin Abdullah terbukti bersalah oleh Majelis Hakim. Putusan dibacakan Ketua Majelis Hakim...
Makassar29 November 2021 23:07
Plt Gubernur Sulsel Hadiri Penyerahan DIPA dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan DD Tahun 2022
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengikuti penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Da...
Sponsored by MGID
Makassar29 November 2021 22:32
Pameran Kecantikan Ibex 2021 Tonjolkan Budaya Asli Pengantin Pria Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Internasional Indonesia Beauty Expo (Ibex) 2021 kembali digelar untuk keempat kalinya tahun ini. Ibex 2021 akan menon...