Logo Sulselsatu

Polres Pelabuhan Makassar Menang Praperadilan, Penetapan Tersangka Selwaraj Sah Secara Hukum

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Selasa, 21 Desember 2021 21:26

(Ist)
(Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Hakim tunggal Rusdiyanti Loleh yang mengadili menolak permohonan praperadilan Marcella Ambar Saru atas penetapan tersangka atas nama Selwaraj oleh penyidik Polres Pelabuhan Makassar.

Diketahui, Selwaraj yang merupakan suami dari Marcella Ambar Sari ditangkap dan ditahan dengan tuduhan melakukan dugaan tindak pidana penipuan dan penggelapan.

“Menolak permohonan praperadilan pemohon untuk seluruhnya,” demikian bunyi amar putusan yang dibacakan hakim Rusdiyanto Loleh.

Kanit Tipikor Polres Pelabuhan Makassar, Ipda Ridwan SH MH, mengatakan, segala gugatan dari pemohon diputuskan ditolak hakim. Dengan demikian, proses penyidikan dan penetapan terhadap tersangka (Selwaraj) oleh pihak Penyidik Polres Pelabuhan Makassar sudah sesuai tatalaksana penyidikan dan aturan hukum acara pidana.

Sponsored by MGID

“Jadi penetapan tersangka sudah sesuai aturan hukum acara pidana dan didukung oleh alat bukti yang sah. Demikian juga mengenai mekanisme penahanan atau penangkapan, itu tentunya sesuai SOP yang ada,” ucap Ipda Ridwan.

Ipda Ridwan mengungkapkan, kasus ini bermula saat tersangka, Selwaraj meminta pinjaman dana untuk menambah usaha (membeli kain) dengan estimasi waktu 2 bukan akan mengembalikan uang tersebut, sehingga bersangkutan di berikan dana secara bertahap.

“Hingga mencapai sekitar Rp150 juta. Ternyata uang tersebut tidak digunakan untuk modal usaha namun digunakan untuk kepentingan pribadinya. Sehingga korban merasa keberatan dan melaporkan di Polres Pelabuhan Makassar. Nilai kerugian total Rp147 juta,” jelas Ipda Ridwan.

Sebelumnya, Polres Pelabuhan Makassar digugat praperadilan di Pengadilan Negeri Makassar oleh pemohon bernama Marcella Ambar Sari. Gugatan itu karena suami Ambar Sari, Selwaraj ditangkap dan ditahan oleh penyidik Satreskrim Polres Pelabuhan Makassar dengan tuduhan melakukan dugaan tindak pidana penipuan dan penggelapan.

“Kami ini mempermasalahkan keabsahan penangkapan dan penahanan suami klien kami, dasar itu kami ajukan gugatan praperadilan,” kata Ihsan Rauf Praja, Penasehat Hukum Ambar Sari belum lama ini.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar17 Januari 2022 07:44
Andi Sudirman-Airlangga Saling Puji di HUT MKGR
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menghadiri perayaan 62 tahun Ormas Musyawarah Kekelu...
Politik16 Januari 2022 23:39
Airlangga Optimis Golkar Sulsel Keluar Sebagai Pemenang di 2024
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto optimis partai berlambang pohon beringin ini akan keluar sebagai par...
Otomotif16 Januari 2022 19:10
Selama 3 Tahun Terakhir, Nmax Motor Yamaha Paling Laris
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Nmax menjadi motor Yamaha yang paling banyak dibeli masyarakat di Sulawesi. PT Suracojaya Abadimotor (PT SJAM) menjad...
Sponsored by MGID
Pendidikan16 Januari 2022 18:10
Ikatli Unhas Harapkan Alumni Ada di Setiap Lini Pembangunan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sebagai upaya mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan antar alumni, Ikatan Alumni Teknik Lingkungan (Ikatli) Uni...