Logo Sulselsatu

Dapat Alokasi Rp260 Triliun, Ini Strategi BRI Capai Target KUR 2022

Asrul
Asrul

Sabtu, 15 Januari 2022 12:33

Dapat Alokasi Rp260 Triliun, Ini Strategi BRI Capai Target KUR 2022

SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI secara konsisten terus menunjukkan bukti nyata dalam mendukung momentum Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Upaya BRI ditunjukkan salah satunya melalui pembiayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) lewat Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Seperti diketahui, pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI telah menetapkan kuota penyaluran KUR 2022 yang meningkat menjadi sebesar Rp373,17 triliun dengan suku bunga tetap sebesar 6%.

Dari jumlah tersebut, BRI mendapatkan alokasi sebesar Rp260 triliun atau mencapai 70% dari total KUR nasional yang dialokasikan tahun ini. BRI sebagai bank dengan portofolio UMKM terbesar ini optimististis akan dapat mencapai target KUR 2022 hingga akhir tahun.

Baca Juga : BRI Kolaborasi Bersama Bio Farma Sediakan Fasilitas Business Card dalam Marketplace Farmasi Medbiz

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengungkapkan bahwa berbagai strategi telah dirancang untuk memenuhi target penyaluran KUR 2022. pihaknya optimistis, kapasitas dan kemampuan BRI dapat mengantarkan perseroan mencapai target penyaluran KUR tersebut.

“Selama ini BRI terus menjalankan strategi untuk mewujudkan business process yang optimal dan efisien. Keduanya terbukti berhasil mendukung upaya BRI dalam menyalurkan kredit di segmen mikro, termasuk KUR,” ungkapnya.

Di samping itu, BRI juga menerapkan digitalisasi untuk menyalurkan kredit sehingga lebih efisien dan tepat sasaran. Dengan memanfaatkan keunggulan informasi dan teknologi, BRI mampu menjaga bottom line yang solid dengan return yang optimal.

Baca Juga : BRILiaN Young Leader Indonesia, Wadah Bagi Talenta Muda Kembangkan Kompetensi dan Prestasi

Keberhasilan BRI dalam menyalurkan KUR ini juga dibuktikan dengan realisasi penyaluran KUR sepanjang tahun 2021. Hingga akhir Desember 2021, BRI berhasil menyalurkan KUR senilai Rp194,9 triliun kepada 6,5 juta debitur. Jumlah tersebut mencapai 99,65% dari kuota KUR yang ditetapkan oleh pemerintah dan dialokasikan kepada BRI tahun 2021, yakni sebesar Rp195,59 triliun.

Penyaluran KUR BRI sepanjang 2021 tersebut juga tercatat naik 40,7% year-on-year (yoy) dibandingkan dengan penyaluran per Desember 2020 yang mencapai sebesar Rp138,5 triliun.
Tercatat jumlah nasabah baru untuk KUR Mikro saja, jumlahnya mencapai 61% hingga Desember 2021. Selain itu, untuk nasabah baru KUR Supermikro jumlahnya mencapai 97,6% per Desember 2021.

Jumlah yang besar tersebut menunjukkan keberhasilan BRI dalam melaksanakan revitalisasi Mantri yang membuat pelayanan lebih efektif. Catur menambahkan, BRI terus berupaya memperluas cakupan dan potensi di wilayah kerja yang selama ini belum tergarap.

Baca Juga : Pelaku Soceng Diringkus Polisi, BRI Proaktif Ungkap Kejahatan Perbankan

Dari sisi sebaran KUR juga terus meningkat, pada tahun 2019 jangkauan sebaran KUR mencapai 5,4 orang dari 100 orang mendapatkan fasilitas KUR dari BRI, dan pada tahun 2021 meningkat signifikan menjadi rata-rata sebanyak 8,7 dari 100 orang mendapatkan fasilitas KUR dari BRI.

Dari sisi sektor ekonomi, BRI telah menyalurkan KUR sektor produksi sebesar 56,16%. Berturut-turut paling besar adalah di sektor perdagangan sebesar Rp85,4 triliun, sektor pertanian Rp61,1 triliun, dan sektor industri pengolahan Rp19,5 triliun.

Catur menambahkan bahwa alokasi KUR tersebut merupakan hal positif bagi BRI dalam mendukung pengembangan ekosistem ultramikro melalui outlet co-location SENYUM-nya.

Baca Juga : Pelaku Soceng Diringkus Polisi, BRI Proaktif Ungkap Kejahatan Perbankan

Ke depan, BRI terus berfokus pada segmen mikro sebagai core utama pertumbuhan pinjaman KUR. Dengan menyalurkan kredit ke sektor produktif, upaya tersebut diharapkan dapat memperkuat pemulihan ekonomi nasional.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

Teknologi30 November 2022 18:21
Lebih Mudah, Kerja Sama IOH Facebook dan Telenor Linx Membuka Akses Pelanggan ke Mobile Center Tri di Facebook
IOH bekerja sama dengan Facebook dan Telenor Linx membuka kases bagi pelanggan mengunjungi Mobile Center Tri dari halaman Facebook...
Ekonomi30 November 2022 16:58
Hadapi Risiko Resesi 2023, BI Sulsel Optimis Ekonomi Sulsel Tetap Tumbuh Ditopang Potensi Sumber Daya Alam
Potensi sumber daya alam Sulsel jadi salah satu penyumbang optimisme ekonomi Sulsel...
Aneka30 November 2022 16:36
Gubernur Sulsel Harap AMN Makassar Jadi Wadah Komunikasi Anak Bangsa
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Presiden Joko Widodo secara resmi mencanangkan pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Makassar dan Manado Selas...
Sulsel30 November 2022 16:03
Lihat Langsung di Sorowako, Staf Ahli ESDM Sebut Praktik Pertambangan PT Vale Patut Jadi Contoh
Staf Ahli Menteri ESDM melihat langsung praktik pertambangan yang dilakukan PT Vale di Blok Sorowako ...