Logo Sulselsatu

Kopi Luwak Asal Indonsia Masuk Daftar Kopi Termahal di Dunia Loh!

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 21 Maret 2022 15:43

Kopi Luwak Indonesia jadi salah satu kopi termahal di dunia karena melewati proses panjang dari saluran pencernaan Luwak (Wealthy Gorilla)
Kopi Luwak Indonesia jadi salah satu kopi termahal di dunia karena melewati proses panjang dari saluran pencernaan Luwak (Wealthy Gorilla)

SULSELSATU.com – Di dunia, ada banyak pilihan jenis dan biji kopi. Namun, ada beberapa jenis kopi yang masuk daftar kopi termahal di dunia yaitu kopi yang melalui proses lama untuk mendapatkan satu biji kopinya.

Menariknya, kopi Luwak asal Indonesia masuk dalam daftar kopi termahal di dunia. Menurut Wealthy Gorilla, ada tujuh kopi termahal di dunia, kopi Luwak asal Indonesia berada diurutan keempat.

Jenis dan biji kopi yang ada disebut memiliki keistimewaannya sendiri, termasuk dari cita rasa yang dikeluarkan saat proses penyeduhan. Ada juga beberapa kopi yang dianggap spesial karena melalui proses khusus untuk dipanen.

Berikut ini 7 biji kopi termahal yang pernah dijual di dunia Wealthy Gorilla, dikutip dari Kompascom, Senin, (21/3/2022).

1. Black Ivory Coffee
Dinobatkan sebagai biji kopi termahal di dunia, The Black Ivory Coffee berasal dari bagian utara Thailand. Biji kopi jenis ini pemilahannya melalui proses saluran pencernaan gajah. Ceri kopi akan diberi makan kepada gajah dan biji kopi yang berhasil keluar dengan utuh akan dikumpulkan untuk diproses.

Menurut kepercayaan produsennya, biji kopi yang telah berhasil melalui pencernaan gajah akan memiliki enzim dan rasa yang baru serta protein yang tidak diinginkan dalam biji kopi akan pecah dan hilang. Harga biji kopi termahal untuk jenis ini adalah Rp 21 juta untuk 450 gram biji kopinya.

2. Finca El Injerto
Punya ukuran biji yang lebih kecil, dikatakan cukup sulit untuk memanen biji kopi berjenis Finca El Injerto. Tumbuhan kopi yang menghasilkan jenis kopi ini juga diakui sebagai salah satu yang paling langka dibandingkan tumbuhan kopi lainnya.

Pada beberapa penilaian oleh pakar kopi, biji kopi jenis ini selalu menjuarai penilaian tersebut bahkan tujuh kali secara berturut-turut. Tidak heran jika harganya bisa dibanderol mencapai Rp 7,1 juta.

3. Hacienda La Esmeralda
Tumbuhan kopi Hacienda La Esmeralda ini tumbuh di sisi pengunungan Panama. Berada di bawah pohon jambu membuat jenis kopi yang satu ini memiliki karakteristik khusus karena nutrisi dari pohon jambu yang ikut diserapnya.

Setiap tahunnya, biji kopi ini selalu bergabung dalam kontes biji kopi terbaik di dunia dan tidak pernah melewatkan penghargaan tahunan. Untuk ukuran biji kopi seberat 450 gram, Hacienda La Esmeralda biasa dipatok harga Rp 5 juta.

4. Kopi Luwak
Terkenal sebagai kopi tradisional khas Indonesia, kopi luwak ternyata menjadi salah satu alasan banyak turis yang ingin datang untuk langsung mencobanya di Indonesia. Prosesnya yang harus melewati saluran pencernaan luwak membuatnya dipatok dengan harga yang begitu mahal.

Biji kopi yang berhasil melalui pencernaan luwak secara utuh dinilai sebagai biji kopi terbaik dan kemudian akan diproses untuk siap diseduh. Biji kopi luwak seberat 450 gram di pasar dunia dihargai hingga Rp 2,2 juta.

5. St. Helena
Datang dari kepualauan Atlantik, biji kopi St. Helena ini tumbuh di tengah laut sejauh 1.900 kilometer dari batas barat pantai di Afrika. Biji kopi yang satu ini terkenal karena dianggap sebagai kopi yang tumbuh di atas pulau yang ditemui oleh Napoleon Bonaparte.

Letak geografisnya berperan besar dalam menciptakan karakteristik biji kopi yang tidak akan pernah ditemukan di tempat yang lain. Di pasar kopi dunia, 450 gram biji kopi St. Helene dibanderol seharga Rp 1,13 juta.

6. Molokai
Dari kepulauan Hawaii, bojo kopi berjenis Molokai ini dinobatkan sebagai salah satu biji kopi terbaik lainnya yang datang dari Amerika Serikat. Biji kopi ini ditanam dan diproduksi di daerah Kualapu’u yang dikenal sebagai tempat terbaik untuk menanam pohon kopi.

Bukan hanya lingkungan penanamannya, tetapi ada juga keahlian petani kopi yang dikembangkan bertahun-tahun untuk menghasilkan kopi terbaik ini. Biji kopi Molokai per 450 gramnya dijual seharga Rp 731 ribu.

7. Jamaican Blue
Sesuai dengan namanya, biji kopi Jamaican Blue ini tumbuh di pegunungan Jamaican Blue yang berada di ketinggian 1.524 meter di atas permukaan laut. Cita rasanya dikenal sebagai kopi yang lembut dan tidak terlalu pahit serta minim rasa bawaan yang biasanya kurang nyaman di mulut setelah diminum seduhannya.

Uniknya, biji kopi Jamaican Blue ini justru digemari oleh mayoritas orang Jepang dan diimpor besar-besaran ke negara Jepang. Harga per 450 gram untuk biji kopi ini sekitar Rp 717 ribu.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video01 Maret 2024 22:48
VIDEO: Cekcok berujung Saling Lempar Botol, ASN di Bantaeng Ini Viral
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan keributan sesama pegawai ASN dalam sebuah rapat. Kejadian ini diduga terjadi di lingkup Pemerintah ...
Video01 Maret 2024 20:29
VIDEO: Pohon Tumbang Berukuran Besar di Samping Kanal Pampang Makassar
SULSELSATU.com – Pohon tumbang di samping kanal Pampang Makassar, Jumat (1/3/2024) malam. Insiden pohon tumbang ini menutup akses jalan. Dalam v...
Ekonomi01 Maret 2024 19:38
RUPST 2024: BRI Bagikan Dividen Rp48,10 Triliun
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 di Jakarta (...
Video01 Maret 2024 18:22
VIDEO: Pria yang Rekam Rok Wanita di Minimarket di Toraja Minta Maaf
SULSELSATU.com – Sebelumnya media sosial dihebohkan dengan seorang pria yang tertangkap kamera CCTV melakukan tindakan tidak senonoh. Kejadian i...