Logo Sulselsatu

Ingin Menghilangkan Masalah Bau Mulut? Begini Cara yang Bisa Dilakukan

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 21 Maret 2022 19:47

Ingin menghilangkan masalah bau mulut, ini cara yang bisa dilakukan (alodokter)
Ingin menghilangkan masalah bau mulut, ini cara yang bisa dilakukan (alodokter)

SULSELSATU.com – Masalah bau mulut sering kali membuat orang tidak percaya diri. Ada banyak faktor penyebab bau mulut, namun ternyata ada juga karena bawaan sejak lahir atau dari tubuh itu sendiri.

Hal tersebut juga tergantung pada sifat ludah seseorang. Dokter gigi sekaligus dosen Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Gadjah Mada (UGM) Bambang Priyono mengatakan, orang dengan jumlah produksi air ludahnya sedikit punya kemungkinan memiliki bau mulut seperti yang dikutip dari Kompascom, Senin (21/3/2022).

Faktor penyebab bau mulut

Dilansir dari Kompascom, walaupun gigi sudah disikat secara rutin dan sudah terlihat bersih sekalipun, bau mulut juga masih bisa muncul karena faktor produksi air ludah yang sedikit.

drg. Bambang menyarankan agar saat menggosok gigi bagian lidah juga ikut digosok menggunakan sikat gigi.

“Karena ludah sedikit, mulut kemudian sering kering, dan terjadilah bau mulut. Untuk menguranginya (bisa) dengan menyikat lidah. Pada waktu kita menyikat gigi, kita sebaiknya juga menyikat lidah,” terang drg. Bambang Priyono seperti dikutip dari laman UGM.

Sebenarnya kata Bambang, ada berbagai macam penyebab bau mulut. Faktor produksi air ludah yang sedikit, hanya salah satu penyebab bau mulut.

Selain itu, bau mulut juga disebabkan penumpukan sisa makanan di permukaan gigi yang tidak dibersihkan, kerusakan pada gigi (karies gigi), dan lain sebagainya.

Cara hilangkan bau mulut

Untuk menghilangkan bau mulut, dokter gigi sekaligus dosen FKG UGM, drg. Fania Chairunisa mengungkapkan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui penyebab bau mulut itu sendiri.

“Jika terjadi penumpukan makanan di permurkaan gigi, maka menyikat gigi dapat menjadi solusinya,” jelas Fania.

Namun meski sudah menggosok gigi mulut masih bau, maka langkah selanjutnya adalah memeriksakan gigi ke dokter. Hal ini bertujuan untuk mengidentifikasi adanya kerusakan gigi dan lain sebagainya.

“Tindakan pengobatan dapat dilakukan seperti ditambal, dicabut atau tindakan lainnya,” urai Fania.

Fania menekankan, apabila gigi sehat, tidak ada yang rusak, nantinya bau mulut itu akan hilang dengan sendirinya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video18 Mei 2024 22:20
VIDEO: Anak Hilang Misterius Dijembatan Merah Makassar Ditemukan Meninggal Dunia di TPA Antang
SULSELSATU.com – Media sosial dihebohkan dengan anak hilang di jembatan merah, Makassar, Sulawesi Selatan. Anak tersebut berhasil ditemukan dala...
Kesehatan18 Mei 2024 21:35
Kupas Tuntas Penyakit Lupus, Waspada Autoimun
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penyakit Lupus atau umum dikenal Systemic Lupus Erythematosus merupakan penyakit reumatik autoimun yang menyerang be...
Video18 Mei 2024 20:37
VIDEO: Trafo Terbakar Depan Masjid Al-Khaeriyah Palopo
SULSELSATU.com – Sebuah trafo tiang listrik terbakar di depan Masjid Al-Khaeriyah, Wecudai, Palopo tiba-tiba meledak. Kejadian tersebut terjadi ...
Makassar18 Mei 2024 19:19
Kepala Humas UNM Edukasi Warga Tentang Perda Perlindungan Guru Sebagai Profesi Mulia
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Akademisi Universitas Negeri Makassar (UNM), Dr. Burhanuddin menjadi narasumber dalam sosialisasi penyebarluasan pera...